Biaya Pembuatan Kolam Renang Outdoor Mini

Di bawah ini Pusat Informasi Biaya menyampaikan tentang Biaya Pembuatan Kolam Renang Outdoor Mini sebagai berikut:

Biaya Pembuatan Kolam Renang Outdoor Mini


Berenang, siapa yang tidak menyukai kegiatan ini? Sebagian besar dari Anda mungkin sangat menyukai berenang. Berenang, selain bisa menyehatkan dan menyegarkan tubuh, juga dapat dijadikan sebagai sarana refreshing dari kegiatan sehari-hari yang penat. Dengan berenang, dipercaya dapat menurunkan stres dan melonggarkan aliran darah.
Saat ini, untuk menyalurkan hobi berenang memang tidaklah sulit. Anda bisa pergi ke kolam renang yang sudah tersebar di banyak daerah di Indonesia. Jika ingin kombinasi, seperti bermain seluncur atau permainan lainnya, Anda bisa langsung menuju ke waterboom-waterboom terdekat dari kota Anda. Atau, jika ingin lebih menyatu dengan alam, pantai menjadi tempat menarik untuk menyalurkan hobi Anda tersebut.

Selain pergi ke spot-spot renang, jika memiliki bujet berlebih, Anda juga bisa membuat kolam renang mini sendiri di rumah. Anda dapat memanfaatkan lahan di belakang rumah untuk membuat kolam renang mini ini. Meski awalnya tampak mahal, namun dengan memiliki kolam renang mini pribadi, Anda dapat menyalurkan hobi Anda tersebut sewaktu-waktu dan tentunya lebih menghemat biaya.

Untuk membuat kolam renang pribadi di rumah, ada beberapa tip yang perlu diperhatikan.

  • Sewa seorang profesional untuk membuat lubang menggunakan mesin. Pekerjaan gali lubang dengan mesin hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 hari.
  • Konstruksi kolam renang harus cukup kuat dari guncangan gempa bumi. Gunakan pelat baja untuk membuat kerangka dinding dan lantai.
  • Ketika baja sudah dipasang di tempatnya, gunakan beton sebagai lantai kolam renang.
  • Ketika lantai sudah solid, saatnya membangun dinding menggunakan beton. Tuangkan beton hingga beberapa lapis untuk membentuk dinding.
  • Anda juga harus menerapkan beberapa lapisan tahan air di bagian dalam dinding dan lantai.
  • Gunakan bahan dan cara yang persis sama ketika Anda memasang keramik di dapur atau kamar mandi.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang mini pribadi? Biaya untuk membuat kolam renang sangat tergantung dari desain, material, dan luasnya. Secara garis besar, ada tiga biaya pokok dalam pembuatan kolam renang, yakni biaya konstruksi, biaya kelengkapan seperti pompa air sampai sistem filter, dan biaya perawatan.

Jika kolam renang mini yang ingin dibuat berukuran 8 x 4 meter dengan asumsi kedalaman 1,5 meter, maka harus dihitung terlebih dulu volume keseluruhan kolam renang, yaitu 8 x 4 x 1,5 m = 48 m3. Biaya konstruksi jika finishing menggunakan mozaik untuk lantai dan dinding kolam renang, sedangkan bibir kolam menggunakan batu endesit, dan biaya konstruksi adalah Rp3.000.000 per m3, maka totalnya adalah 48 m3 x Rp3.000.000 = Rp144.000.000.

 Untuk biaya perlengkapan kolam renang dan aksesoris, seperti pump, filter 0,75 HP, aksesoris vacuum cleaner sebesar USD 1.500, maka anggaran biaya pembelian perlengkapan kurang lebih Rp19.500.000. Untuk biaya pengisian air dan treatment awal biasanya Rp5.500.000. Jadi, total biaya pembuatan kolam renang mini ukuran 8 x 4 x 1,5 m adalah Rp169.600.000.

Untuk membuat kolam renang ukuran 4 x 2,5 meter dengan volume air 10-15 m3 dan kedalaman kurang 60 cm menggunakan bahan yang paling sederhana, maka kisaran biaya pembuatannya adalah sebagai berikut.

Komponen Biaya/Harga (Rp)
Konstruksi plus upah tukang 5.000.000
Pembelian keramik 2.000.000
Alat sirkulasi air, termasuk wadah penyaringan 500.000
Alat penyedot dari bak penampungan 300.000
Alat penyedot endapan kotoran 200.000
Paralon dan serokan 500.000
Disinfektan dan penjernih air 200.000
Instalasi listrik ke mesin pompa dan lampu 500.000
Air isi ulang 1.000.000

178 total views, 1 views today