Biaya Pembuatan Taman Terkini

Berikut kami informasikan mengenai Biaya pembuatan taman terkini, sebagai berikut:

Biaya pembuatan taman bukan berpatok pada ukuran meter persegi, melainkan harga taman bersandar kepada komponen yang digunakan. Ini karena membuat taman dapat dianalogikan seperti membangun sebuah rumah. Pada artikel ini Tukang Taman Sidoarjo akan merinci cara menghitung pembuatan taman di Sidoarjo.

Cara perhitungan pembuatan taman paling dasar yaitu berdasarkan pada elemen dan komponen yang digunakan untuk estimasi biaya pembuatan taman. Maka langkah pertama yang perlu anda ketahui adalah elemen dan komponen dasar dari taman.

Komponen Pembuatan Taman

Komponen yang wajib digunakan yaitu tanah. Fungsi dari komponen tersebut adalah melapisi tanah awal yang mungkin saja tanah yang awal telah rusak pada proses pembangunan rumah.

Komponen selanjutnya yaitu softscape, hardscape, artscape. Yang terpenting adalah komponen softscape. Komponen softscape terdiri dari tanaman hias kecil, besar dan sedang. Agar lebih mudah dipahami Tukang Taman Sidoarjo sebagai salah satu penyedia jasa pembuatan taman profesional akan menjelaskan dengan menggunakan metode contoh-contoh harga tanaman yang sering digunakan oleh ketika melakukan pembuatan taman.

Harga tanaman kecil

Harga tanaman hias kecil atau yang sering disebut sebagai groundcover bermacam-macam. Harganya mulai dari 5.000 s/d 50.000, namun Kotraktor Taman Sidoarjo menemukan beberapa komponen komersil yang dibandrol dengan rata-rata Rp. 10.000

Harga tanaman ukuran sedang

Harga komponen tanaman ukuran sedang juga bervariasi namun ada harga rata-rata Rp. 50.000. Yang perlu dipahami komponen tanaman hias perdu bukan hanya menggunakan 1 jenis melainkan 3 hingga 4 macam. Namun umumya, harga tanaman ukuran sedang yang biasa digunakan adalah Rp.50.000

Baca Juga:   Biaya Jasa Pemasangan AC

Harga tanaman ukuran besar

Tanaman besar yang dimaksud oleh Tukang Taman Sidoarjo disini adalah pohon. Biasanya kami akan menggunakan harga tanaman besar atau pohon diangka 1.000.000.

Perlu dicatat, informasi diatas adalah patokan harga pembelian. jangan sampai anda berfikir bahwa komponen yang dibeli sudah termasuk jasa pemasangan dan pupuk.

Kebutuhan Komponen Taman

Setelah tahu harga komponen softscape dan elemen, maka Tukang Taman Sidoarjo akan menguraikan jumlah kebutuhan komponen yang akan digunakan. Untuk contoh, kami akan mengestimasikan taman dengan luas 100m2. Rumus sederhana yang kita gunakan untuk menghitung biaya pembuatan taman yaitu:

  • 70% rumput
  • 30% tanaman

Dalam setiap lahan 100m2, 70% = 70m2 digunakan untuk area rumput dan 100m2 > 30% = 30m2 digunakan untuk komponen softscape atau tanaman. Sedangkan dari jumlah 30% tersebut dibagi lagi menjadi 3 kategori yaitu:

  • Kategori tanaman kecil 18 meter
  • Kategori tanaman sedang 8 meter
  • Kategori tanaman besar 4 meter

Penentuan Ukuran Komponen

Ukuran komponen yang digunakan bukan berdasarkan pada diameter tanaman, melainkan ukuran wadah polybag. Cara menentukan penggunaan komponen dengan penggunakan wadah polybag diantaranya:

Penentuan wadah polybag

  1. Untuk tanaman kecil Tukang Taman Sidaorjo merekomendasikan wadah polybag ukuran 25×25, ukuran wadah tersebut memiliki ukuran diameter 13 m2
  2. Untuk tanaman sedang kami merekomendasikan ukuran wadah polybag 45×45, yang mana ukuran wadah polybag tersebut memiliki ukuran diameter 25m2
  3. Untuk tanaman sedang kita akan merekomendasikan ukuran wadah polybag 100×100, yang mana ukuran wadah polybag tersebut memiliki ukuran diameter 100m2
Baca Juga:   Biaya Terapi Akupuntur Konvensional, Tanpa Jarum & Tanam Benang Terbaru

Penjumlahan jumlah komponen

Dari pembagian komponen softcase diatas kita bisa langsung mengalikan dengan jumlah penggunaan komponen, namun sebelumnya dari total pembagian tersebut kita bagi dulu menjadi centi meter agar nantinya mudah melakukan pembagian ataupun pengalian, antara penggunaan komponen kali area. Seperti berikut:

  • Tanaman kecil 1800 centimeter
  • Tanaman sedang 800 centimeter
  • Tanaman besar 400 centimeter

Lalu pertanyaannya bagaimana cara menghitung penggunaan komponennya ? Bagian selanjutnya akan kami jelaskan lebih lanjut.

Perhitungan penggunaan komponen per 1 meter persegi

Nah, pada bahasan bab ini kita menghitung terlebih dahulu per 1 meter penggunaan tiap kategori. Berikut uraiannya:

Jumlah penggunaan Komponen softscape kategori tanaman kecil per 1 m2

Dm 13 cm2:100= 7,69 X 7,69= 59,1 : tanaman= 59,1 tanaman. Agar angkanya lebih akurat maka dari angka 59,1 maka kita genapkan menjadi 59. Dengan kata lain per 1 m2 adalah 59 tanaman

Jumlah penggunaan Komponen softscape kategori tanaman sedang per 1 m2

Dm 25cm2:100= 4 X 4= 16 : tanaman= 16 tanaman. Dengan kata lain per 1 m2 adalah 16 tanaman

Jumlah penggunaan Komponen softscape kategori tanaman besar per 1 m2

Dm 100cm2:100=1 X 1= 1 : tanaman= 1 tanaman. Dengan kata lain per 1 m2 adalah 1 tanaman

Estimasi Penggunaan Rumput

Tukang Taman Sidoarjo telah menjelaskan, komponen yang digunakan adalah 30% untuk komponen dan 70% untuk rumput dari total area. Total area contoh adalah 100m2 maka penggunaan rumputnya adalah 70% atau 70m2.

Harga rumput permeter persegi yang belum termasuk jasa penanaman dijual dengan harga yang bervariasi. ada yang menjual 25 rb s/d 30rb tergantung dimana anda membeli rumput tersebut.

Baca Juga:   Biaya Kargo FedEx Dari Indonesia Ke Luar Negeri

Untuk mempermudah menghitung harga taman maka Tukang Taman Sidoarjo akan mengambil harga jual rumput terendah. Harga rumput per m2 Rp. 25.000 X 70m2 = Rp.1.750.000

Estimasi Jasa Biaya Pembuatan Taman

Berapa lamakah pengerjaan taman dengan luas 100m2? Lama pengerjaan pembuatan taman tergantung dimana area taman akan dibuat. Semakin mudah maka semakin cepat. Tukang Taman Sidoarjo mengasumsikan bahwa pengerjaan taman dilakukan pada area yang mudah seperti taman rumah bagian depan.

Perkiraan biaya tenaga kerja

Untuk luas taman 100m2 hanya memerlukan tenaga kerja sebanyak 10 orang dengan waktu pengerjaan maksimal 4 hari. Dengan skenario kerja. Sebagai berikut:

  • Hari ke.1 pembersihan lahan
  • Hari ke.2 pengamparan elemen tanah
  • Hari ke.3 penanaman komponen
  • Hari ke.4 penananaman rumput

Estimasi biaya pembuatan taman untuk jasa kerjanya sebagai berikut:

10 orang X Rp. 200.000 (tenaga ahli+makan) = 2.000.000 X 4 hari = Rp.6,000,000

Komponen dan pekerjaan tambah

Pekerjaan tambah adalah beberapa pekerjaan dan penggunaan komponen yang wajib dilaksanakan yang tidak melibatkan jasa penanaman.

Mungkin saja harga pembuatan taman dapat berubah, tergantung dari harga komponen dan elemen yang digunakan. Namun contoh tersebut dapat digunakan sebagai gambaran pada saat anda akan membuat taman

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 17 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja