Biaya dan Persyaratan Steril Kucing

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya dan Persyaratan Steril Kucing, sebagai berikut:

Biaya steril kucing yang cukup mahal, membuat banyak pecinta kucing enggan melakukannya. Padahal, steril kucing sangatlah penting terutama untuk menekan jumlah populasi kucing yang sudah mulai berlebihan.

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, terutama mamalia, kucing akan selalu memiliki siklus birahi dan terdorong untuk beranak pinak. Namun, sebenarnya tidak semua pemilik kucing senang dengan hal ini. Maka, prosedur sterilisasi kucing menjadi jalan keluarnya.

Jika kamu jeli, ada cara mendapatkan steril kucing gratis dari pemerintah. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi hewan yang biasanya menanggung biaya steril kucing betina dan jantan.

Sterilisasi kucing

Sterilisasi kucing adalah tindakan untuk menetralkan kucing agar mereka tidak bisa bereproduksi. Caranya dengan pengangkatan organ reproduksi hewan agar tidak menghasilkan keturunan.

Baca Juga:   Ciri Fisik Kucing Ragdoll

Proses sterilisasi disarankan untuk dilakukan ketika kucing berusia sekitar 4 bulan, meskipun setiap ras memiliki waktu yang berbeda-beda.

Prosedur dan cara steril kucing jantan dan betina berbeda. Istilah steril kucing sering digunakan untuk kucing berjenis kelamin betina. Sementara, untuk kucing berjenis kelamin jantan, orang lebih mengenalnya dengan istilah kebiri.

Steril kucing ini biasanya dilakukan oleh dokter hewan yang sudah terlatih atau berpengalaman. Sebelum kucing disterilkan, hewan tersebut akan dibius terlebih dahulu sehingga tidak akan merasakan sakit.

Setelah proses sterilisasi selesai, biasanya kucing tidak sadarkan diri dan perlu melakukan recovery agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Manfaat steril kucing 

Ada banyak alasan pemilik kucing melakukan sterilisasi kucing. Meskipun masih banyak orang yang menentang sterilisasi kucing, apalagi mengingat biaya steril kucing yang tidak sedikit, tetapi ada manfaat dan keuntungan dari prosedur ini, lho.

Baca Juga:   Cara Merawat dan Harga Burung Mozambik terbaru

Berikut ini manfaat steril kucing jantan dan betina:

Keuntungan sterilisasi kucing jantan 

Bagi kucing jantan, prosedur sterilisasi memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Kucing jantan yang sudah disteril disebut lebih jarang mengalami kanker testis. Untuk mendapatkan manfaat sehat ini, disarankan untuk melakukan proses pensterilan sebelum kucing berusia 6 bulan.
  • Menghindari risiko cedera maupun kucing terluka karena perebutan kucing betina.
  • Sterilisasi juga bisa menurunkan risiko penyakit pada kucing peliharaan, salah satunya penyakit menular seperti leukemia kucing atau FIV.

Manfaat sterilisasi kucing betina 

Selain pada kucing jantan, sterilisasi pada kucing betina juga bisa memberi manfaat sehat. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari prosedur ini, antara lain:

  • Mencegah kucing betina mengembangkan tumor kelenjar susu.
  • Menurunkan risiko kucing mengembangkan tumor ganas di ovarium dan rahim.
  • Menurunkan risiko pyometra, yaitu penyakit akibat infeksi serius yang berkembang di rahim kucing.
  • Setelah di sterilisasi, kucing betina tidak akan lagi bisa hamil dan melahirkan. Artinya, kucing tidak mungkin mengalami komplikasi serius saat melahirkan yang bisa membahayakan nyawanya.
Baca Juga:   Harga Kura-Kura Cherry Head Per 26 April 2021

Biaya steril kucing betina dan jantan 

Untuk biaya steril kucing sendiri, bervariasi tergantung dari jenis ras hingga tempat dilakukannya sterilisasi dilakukan. Umumnya, biaya steril kucing akan menghabiskan uang sekitar Rp300.000 hingga Rp1 jutaan.

Sebagai gambaran, berikut ini estimasi biaya steril kucing terbaru:

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya dan Persyaratan Steril Kucing, semoga bermanfaat.

 28 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja