Biaya dan Tahapan Pendirian PT dengan 7 prosedur

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya dan Tahapan Pendirian PT dengan 7 prosedur, sebagai berikut:

Umumnya, pendirian sebuah PT dilakukan minimal 2 orang. Namun, ada juga perusahaan yang didirikan oleh 1 orang saja atau lebih dikenal perusahaan perorangan. Meskipun demikian, status PT tersebut tetap memiliki badan hukum, seperti halnya PT yang didirikan oleh 2 orang pendiri dan pemegang saham.

Dalam UU No.40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas. PT atau lebih dikenal Perseroan merupakan sebuah badan hukum persekutuan modal. Hal tersebut didirikan menurut perjanjian dan melakukan aktivitas usaha dengan memakai modal dasar secara menyeluruh.

Kemudian, modal tersebut terbagi dalam bentuk saham dan pemenuhan persyaratan yang ditentukan di dalam UU serta aturan pelaksanaannya.

Umumnya biaya pendirian PT 2021 berkisar Rp3,3 juta hingga mencapai Rp5 juta untuk setiap biaya pendirian PT Notaris akta dan SK perusahaan saja. Sedangkan, paket pengurusan secara lengkap untuk biaya pendirian PT PMA maupun jenis lainnya bisa mencapai sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Hal tersebut bergantung pada wilayah perusahaan yang didirikan.

Proses pendirian dan perizinan PT baik di daerah maupun pusat seperti momok bagi para pengusaha. Proses tersebut memang terbilang berbelit-belit. Anda membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan hingga biayanya bisa sangat mahal.

Namun sekarang prosedur memulai usaha dengan mendirikan sebuah PT telah dipangkas secara habis-habisan. Sebelumnya prosedur yang harus dilalui oleh pengusaha dalam mendirikan usaha sebanyak 13 prosedur.

Baca Juga:   Biaya Pembuatan IMB di Jakarta

Sedangkan, sekarang prosedur yang dilalui hanya 7 prosedur. Lalu apa saja perbedaan proses pengurusan izin pendirian PT maupun biaya dari dulu hingga saat ini? Berikut ulasannya!

Prosedur

Dulunya sebelum adanya peraturan baru yang memudahkan para pengusaha untuk mengurus pendirian PT. terdapat 13 prosedur yang harus dipenuhi oleh perusahaan, sehingga terkesan berbelit-belit. Sedangkan, baru-baru ini peraturan pendirian PT dipermudah sehingga hanya 7 prosedur dapat dilalui para pengusaha untuk membangun usaha menjadi lebih profesional.

Waktu

Proses pengurusan perizinan pendirian perusahaan dulunya dapat dikerjakan memakan waktu 47 hari. Sedangkan, sekarang Anda dapat mendirikan usaha hanya membutuhkan sekitar 10 hari saja.

Biaya

Kebutuhan biaya pendirian PT di notaris bisa mencapai Rp6,8 juta hingga Rp7,8 juta tergantung wilayah dan kelengkapan paket yang diberikan. Sedangkan, sekarang Anda dapat melakukan pengajuan pendirian sendiri dengan biaya hanya Rp2,2 juta saja.

Izin

Dokumen perizinan yang perlu Anda siapkan dapat berupa Akta Pendirian, Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan, Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan. Sedangkan perizinan sekarang hanya memerlukan Akta Pendirian, Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Izin Usaha Perdagangan.

SYARAT PEMBUATAN PT SEKALIGUS RINCIAN BIAYA

Sebelum Anda memasuki prosedur pendirian PT dan mengetahui biaya pendirian PT perorangan, Anda perlu melengkapi dokumen yang diperlukan sebagai syarat pembuatan PT diantaranya dapat meliputi:

  1. Scan KTP dan Fotokopi identitas diri, Kartu Keluarga, maupun NPWP pihak direksi perusahaan dan pemegang perusahaan.
  2. Fotokopi maupun scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di tahun terakhir bersesuaian dengan lokasi tempat usaha
  3. Fotokopi surat kontrak maupun sewa kantor atau bukti kepemilikan izin usaha.4.    Surat keterangan yang berdomisili dari pihak pengelola gedung maupun ruko untuk tempat usaha
  4. Foto kantor baik tampak luar maupun dalam
Baca Juga:   Harga Mikroskop Olympus Semua Tipe

Sebelum memasuki prosedur maupun melengkapi dokumen yang diperlukan diantaranya dapat meliputi:

  1. Fotokopi maupun scan KTP atau identitas diri, Kartu Keluarga atau NPWP dari direksi perusahaan dan pemegang perusahaan.
  2. Scan atau Fotokopi bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir bersesuaian lokasi tempat usaha.
  3. Fotokopi surat kontrak maupun sewa kantor atau bukti dari kepemilikan tempat usaha
  4. Surat keterangan domisili dari pihak pengelola gedung maupun ruko tempat untuk usaha
  5. Foto kantor mulai dari tampak luar maupun dalam

Tahapan dan Biaya Pendirian PT dengan 7 prosedur

Jika Anda ingin membuat sebuah PT dan mengetahui biaya pendirian PT lengkap, sebaiknya cari tahu prosedur tahapan pembuatannya terlebih dahulu.

  1. Melakukan pengajuan nama perusahaan, pembayaran untuk pesan nama, memasuki sistem layanan ahu.go.id untuk terbit izin penggunaan nama perusahaan. Proses pengerjaan yakni sekitar 2 hari kerja sekitar Rp200.000.
  2. Perolehan standar akta perusahaan dari pihak Notaris. Proses pengerjaan dapat dilakukan 1 hari kerja dengan biaya maksimal Rp 1 juta untuk PT.
  3. Pengajuan perizinan Pendirian Badan Hukum, terbit Izin Pendirian Badan Hukum, Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Pengesahan Badan Hukum.
  4. Perusahaan melakukan pengajuan SIUP beserta TDP sekaligus BPJS kesehatan yang dilakukan online di Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Proses 1 hari kerja dapat dikenai biaya Rp1 juta.
  5. Perusahaan melakukan pendaftaran perusahaan di Kemenakertrans atau Dinas tenaga kerja. Waktu hari kerja dapat berlangsung 1 hari dan tidak ada pungutan biaya.
  6. Perusahaan dapat melakukan pendaftaran BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan secara online di bpjsketenagakerjaan.go.id.  waktu kerja dapat berlangsung selama  hari dengan biaya nol alias gratis.
  7. Pengusaha dapat memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun VAT Collector Number NPPKP (Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) secara online melalui https://ereg.pajak.go.id.
Baca Juga:   Harga Kartu Timezone Powercard

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya dan Tahapan Pendirian PT dengan 7 prosedur, semoga bermanfaat.

 289 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja