Biaya Ganti Slot SIM Card HP

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Ganti Slot SIM Card HP, sebagai berikut:

Slot SIM card menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah ponsel atau smartphone. Pasalnya, tanpa slot ini, Anda tidak mungkin bisa menaruh SIM card nomor ponsel Anda. Sayangnya, karena satu dan lain hal, slot SIM card bisa rusak. Untung saja, saat ini sudah banyak orang yang menawarkan jasa penggantian slot SIM card dengan biaya yang relatif terjangkau.

Layaknya ponsel konvensional, smartphone juga dibekali dengan SIM card slot yang berfungsi untuk meletakkan SIM card dari provider yang digunakan oleh pengguna. Umumnya, slot untuk SIM card ini berjumlah satu untuk masing-masing perangkat. Namun, saat ini juga sudah makin banyak perangkat yang dibekali dengan dual SIM card slot atau SIM card double.

Di tahun 2016 lalu, perusahaan teknologi asal Korea, Samsung, bahkan telah meluncurkan model hybrid SIM card slot. SIM card slot tersebut ditanamkan pada model Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Menurut perusahaan asal Negeri Ginseng, selain bisa sebagai wadah SIM card, hybrid SIM card slot juga bisa digunakan sebagai tempat micro SD secara bersamaan.

Baca Juga:   Keunggulan dan Harga Juicer Philips HR 1823 Per 21 April 2021

Sayangnya, banyak konsumen yang mengeluhkan bahwa SIM card miliknya tidak dapat dideteksi oleh slot pada perangkat. Biasanya, SIM card yang tidak terdeteksi akan memunculkan notifikasi atau keterangan ‘SIM card not inserted’, ‘undetected SIM’, ‘SIM initialization failure’, ‘SIM rejected’, dan lainnya, tergantung ponsel yang digunakan.

Pada dasarnya, SIM card yang tidak bisa terbaca di slot adalah karena pengguna sering mengganti-ganti SIM card sehingga kemungkinan besar menyebabkan korsleting pada konektor SIM card. Di samping itu, penyebab SIM card tidak terbaca juga bisa dari SIM card yang sudah berkarat karena pemakaian yang sudah cukup lama, chip yang berwarna kuning atau tembaga yang ada pada SIM card memang sudah rusak atau kotor, slot SIM card yang sudah tidak kencang lagi sehingga menyebabkan guncangan, dan faktor lainnya.

Jika kartu SIM yang bermasalah, cara untuk membetulkannya adalah membersihkan chip kartu SIM menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet atau menggunakan kain kering. Pasalnya, kemungkinan chip atau tembaga pada kartu terdapat kotoran karena pemakaian kartu yang sudah cukup lama. Perlu diingat, ketika membersihkan atau menggosok, usahakan jangan terlalu kasar.

Baca Juga:   Harga Kulkas Aqua 2 Pintu (Semua Tipe) Per 28 April 2021

Selain itu, bisa juga dengan membersihkan SIM card slot dengan cara yang sama. Pengguna juga bisa memberi lapisan atau ‘disumpal’ menggunakan kertas atau tisu agar kartu SIM tidak bergerak saat ada guncangan, jika SIM card slot pada ponsel dirasa sudah tidak lagi kencang. Usahakan juga ketika memasukkan SIM card ke slot, harus saling mengenai tembaga kuning pada masing-masing bagian agar SIM card bisa terbaca.

Lalu, seandainya cara-cara tersebut tidak ampuh, kemungkinan SIM card slot perangkat memang sudah rusak dan harus diganti. Penggantian SIM card slot ini bisa dilakukan di service center resmi ponsel atau tukang servis ponsel kenalan. Biaya ganti SIM card slot ini bervariasi, tergantung merek dan tipe masing-masing ponsel.

Biaya Ganti Slot SIM Card

Saat ini, untuk HP merk Samsung atau Sony, rata-rata biaya penggantian slot SIM Card berkisar Rp60 ribuan sampai Rp170 ribuan. Sementara untuk HP merk lainnya seperti ASUS, Zenfone, Oppo, Xiaomi, dan Lenovo, biayanya cenderung lebih murah, yakni Rp40 ribuan sampai Rp60 ribuan. Adapun biaya untuk HP non-Android yang hanya memiliki fitur SMS dan telepon, dibanderol biaya penggantian cuma sebesar Rp25 ribuan karena slot lebih mudah dicari. Dibandingkan tahun sebelumnya, biaya ini cenderung tidak banyak berubah.

Baca Juga:   Harga Miniatur Truk Sound System Per 29 April 2021

Jika Anda memiliki keterampilan dalam mengutak-atik HP, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mengganti slot SIM card secara mandiri. Anda tinggal mencari SIM tray atau tempat kartu SIM di berbagai toko aksesori HP atau situs jual beli online. Harganya pun sangat terjangkau, mulai Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan, tergantung tipe slot SIM dan peruntukan ponsel.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Ganti Slot SIM Card HP, semoga bermanfaat.

 165 total views,  4 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja