Biaya Kemoterapi Untuk Kanker

Mandatory Credit: Photo by Burger/Phanie / Rex Features ( 676679ab ) Model released - Oncology department. Patient with breast cancer receiving chemotherapy in day hospital. Here, the nurse is setting up a drip. Female patient receiving chemotherapy

Berikut kami informasikan mengenai biaya kemotrapi untuk kanker, sebagai berikut:

Kemoterapi adalah terapi kanker yang melibatkan penggunaan zat kimia dan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang biak dalam tubuh dengan cara meracuninya. Kemoterapi sudah dipakai sebagai standar utama pengobatan kanker sejak tahun 1950 silam.

Saat ini, ada lebih dari 50 jenis obat-obatan kemoterapi yang digunakan. Obat-obatan tersebut diaplikasikan dengan cara infus intravena, suntikan langsung (pada otot, di bawah kulit, atau rongga tubuh), maupun lewat tablet. Kemoterapi bisa diberikan pada penderita setiap hari, seminggu sekali, 3 minggu sekali, hingga 1 bulan sekali. Umumnya, pasien akan diberi jeda untuk pemulihan saat hendak menerima kemo berikutnya.

Biaya kemoterapi sendiri tergolong cukup mahal. Untuk satu kali kemo, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp1 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Padahal, pengobatan kemoterapi tersebut perlu dilakukan hingga beberapa kali. Anda tentunya sudah dapat membayangkan berapa total biaya yang dibutuhkan untuk kemoterapi.

Sebagai contoh, rata-rata biaya kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin pada pasien kanker paru di RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebesar Rp22 jutaan pada tiga siklus pengobatan, dan Rp28 juta hingga Rp29 jutaan pada empat siklus pengobatan. Selain biaya kemoterapi, pasien juga dibebani biaya medik untuk pasien kanker paru-paru yang diberikan kemoterapi kombinasi cisplatin di RSUD Dr. Soetomo Surabaya pada tiga siklus pengobatan, sekitar Rp47 jutaan untuk kelas perawatan I.

Baca Juga:   Biaya Program Inseminasi Terbaru

Selain di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, kemoterapi juga bisa dilakukan di rumah sakit di kota lain, seperti di Rumah Sakit Immanuel, Mayapada Hospital, dan masih banyak lagi. Untuk lebih rinci, Anda bisa melihat tabel berikut.

Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit

Nama Rumah Sakit Alamat Biaya Kemoterapi (Rp)
Rumah Sakit Immanuel Jl. Kopo No. 161, Situsaeur, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 551.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Jl. Lebak Bulus I Kav 29, Cilandak, Kota Jakarta Selatan 908.000
Primaya Evasari Hospital Jl. Rawamangun No.47, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat 550.000
RS Permata Bunda Medan Jl. Sisingamangaraja No.7, Mesjid, Kota Medan, Sumatera Utara 500.000
Rumah Sakit Premier Jatinegara Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur 4.950.000
RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru JL. Melati No. 60 kel. Harjosari, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru 792.000
RS EMC Tangerang Jl. KH Hasyim Ashari, Buaran Indah, Kota Tangerang, Banten 576.000
Baca Juga:   Biaya Pemeriksaan Biopsi

Perlu Anda ketahui, biaya kemoterapi di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Biaya kemoterapi tersebut tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan rumah sakit. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, biaya kemoterapi berkisar antara Rp1 jutaan hingga Rp45 jutaan, tergantung rumah sakitnya.

Sementara tarif pengobatan kemoterapi mahal, beruntung kini masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah saat hendak menjalani pengobatan kemoterapi. BPJS memiliki 2 rumah sakit rujukan nasional untuk perawatan pasien penderita penyakit kanker, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais.

Biaya kemoterapi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan tergantung dari jenis kanker yang diderita. Sebagai gambaran, untuk biaya kemoterapi termurah yang ditanggung BPJS adalah kemoterapi untuk leukemia akut sekitar Rp750 ribuan, sedangkan biaya paling tinggi yang ditanggung BPJS adalah kemoterapi untuk kanker kulit sekitar Rp5,5 jutaan.

Namun, beberapa waktu lalu, BPJS menyatakan bahwa pihaknya akan menanggung semua pengobatan untuk penderita kanker peserta BPJS Kesehatan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan, Yosefina KSY Kadju. Ia mengatakan, jika pasien dibebani biaya, maka bisa disampaikan kepada petugas BPJS Kesehatan, dan akan diganti.

Baca Juga:   Biaya Operasi Pencabutan Gigi Geraham Bungsu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya kemotrapi untuk kanker, semoga bermanfaat

 39 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja