Biaya Kuliah di New Zealand (Selandia Baru)

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Biaya Kuliah di New Zealand (Selandia Baru), sebagai berikut:

Kenapa Kuliah Di New Zealand?

Diakui atau tidak, meskipun sekarang sudah banyak perguruan tinggi domestik yang telah bertaraf global, tetapi sejumlah pelajar di Indonesia bercita-cita melanjutkan pendidikan di luar negeri. Alasannya, kuliah di luar negeri akan menimbulkan prestise tersendiri. Selain itu, rata-rata kampus di luar negeri juga menawarkan gelar internasional sehingga dapat dipakai di berbagai negara ketika hendak bekerja.

Ada banyak negara yang telah menjadi rujukan favorit pelajar Tanah Air untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, termasuk Korea Selatan, Singapura, Jepang, Jerman, Amerika, atau Australia. Selain itu, beberapa lulusan SMA juga memilih New Zealand sebagai pelabuhan baru mereka untuk mengenyam pendidikan lanjutan.

Alasan menjadikan Selandia Baru sebagai tempat kuliah ada beragam. Pertama, tentu saja kenyamanan karena Selandia Baru diketahui populasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan Indonesia misalnya, membuatnya masih bersih dan menjadi negara paling damai, setidaknya berdasarkan Indeks 2016 Global Peace. Jadi, kuliah di Selandia Baru menjadi pilihan sempurna untuk mereka yang menginginkan ketenangan selama menuntut ilmu.

Sistem pendidikan yang terkenal juga menjadi salah satu alasan mengapa kuliah di Selandia Baru adalah pilihan terbaik. Institusi pendidikan di Selandia Baru terus dipantau dan diuji untuk memastikan mereka memberikan kualitas pendidikan yang tinggi dan konsisten. Kontrol kualitas yang dilakukan oleh NZQA, dimaksudkan agar kampus memenuhi standar pendidikan tertinggi, sehingga para pelajar dapat memiliki pengetahuan yang luas, aman, dan terjaga dengan baik.

Berdasarkan data QS World University Ranking 2019 lalu, sejumlah universitas di Selandia Baru tercatat bersaing dengan kampus negara lainnya dalam kategori terbaik. Nama-nama mereka antara lain University of Auckland, University of Otago, University of Canterbury, Auckland University of Technology, Victoria University of Wellington, University of Waikato, Lincoln University, dan Massey University.

Baca Juga:   Informasi Biaya Kuliah S2 Magister Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul UEU Jakarta Tahun 2020

Alasan lainnya adalah New Zealand menyimpan banyak objek wisata yang menarik. Bagian selatan negara ini dipenuhi danau dan sungai, yang dapat dijadikan lokasi untuk naik perahu, naik kayak, berselancar, atau memancing ikan. Selain itu, alam Selandia Baru pun luar biasa, serta cocok dijadikan lokasi olahraga seperti bungee jumping, black water rafting, atau zorbing. Jadi, ketika penat memikirkan program kuliah, mahasiswa dapat beristirahat sejenak menikmati alam yang disajikan Selandia Baru.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menempuh pendidikan di New Zealand? Besaran biaya sangat bervariasi, tergantung program studi yang diambil dan kebijakan masing-masing kampus. Umumnya, biaya pendidikan untuk program studi seperti Teknik dan Kedokteran akan lebih mahal dibandingkan program studi Seni.

Biaya Kuliah S1 di New Zealand

Program Studi Kisaran Biaya
S1 Arsitektur NZD 43.490 per tahun
S1 Bisnis NZD 39.789 – NZD 48.879 per tahun
S1 Desain NZD 41.478 per tahun
S1 Pendidikan NZD 33.894 – NZD 34,123 per tahun
S1 Ilmu Kesehatan NZD 33.894 – NZD 40.557 per tahun
S1 Teknik NZD 39.789 – NZD 46.752 per tahun

Informasi biaya kuliah S1 di New Zealand tersebut merupakan biaya umum dan mungkin bisa berbeda di masing-masing perguruan tinggi. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biaya studi S1 di New Zealand saat ini memang cenderung naik. Biaya S1 Bisnis misalnya, semula NZD 22.300 per tahun dan sekarang sekitar NZD 39.789 sampai NZD 48.879 per tahun. Sebagai catatan, ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 NZD setara dengan Rp9.300

Baca Juga:   Biaya Kuliah Kelas Karyawan Online S1 Akuntansi Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS)

Biaya Kuliah S2 di New Zealand

Program Studi Kisaran Biaya
S2 Seni NZD 37.891 per tahun
S2 Bisnis dan Ekonomi NZD 42.219 per tahun
S2 Teknik NZD 46.752 per tahun
S2 Ilmu Kedokteran dan Kesehatan NZD 46.525 – NZD 81.194 per tahun
S2 Hukum NZD 40.947 per tahun

Seperti halnya biaya kuliah S1, biaya pendidikan S2 di New Zealand saat ini juga terpantau mengalami kenaikan. Biaya S2 Hukum misalnya, awalnya NZD 37.000 per tahun dan sekarang menjadi NZD 40.947 per tahun. Demikian pula biaya S2 Kedokteran yang sebelumnya dipatok NZD 37.080 per tahun dan sekarang naik menjadi NZD 46.525 sampai NZD 81.194 per tahun.

Biaya Pra-Studi New Zealand

Sebelum memutuskan melanjutkan kuliah di Selandia Baru, calon mahasiswa diwajibkan menyiapkan sejumlah dana sebagai jaminan mereka selama tinggal di negara tersebut. Calon mahasiswa diharuskan memiliki tabungan minimal NZD 15.000 untuk tahun pertama atau NZD 1.250 tiap bulan jika program studi kurang dari 36 bulan.

Biaya pra-studi lainnya yang perlu disiapkan adalah biaya untuk mengurus visa. Seperti diketahui, visa ke New Zealand terdiri dari beberapa kriteria, salah satunya visa studi atau pendidikan. Besaran visa ini tentu berbeda dengan visa lainnya, seperti visa liburan atau visa tinggal sementara. Untuk pengajuan visa studi, saat ini berkisar Rp344.000, dengan proses pembuatan memakan waktu 33 hari.

Selama menempuh pendidikan di Selandia Baru, Anda pun harus memperhitungkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya, biaya ini mencakup akomodasi atau tempat tinggal, makan, transportasi umum, internet, hingga hiburan. Berikut referensi kisaran biaya hidup di Selandia Baru untuk saat ini.

Baca Juga:   Biaya Kuliah S2 Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (UNINDRA) Jakarta Tahun 2019/2020

Biaya Hidup di New Zealand

Komponen Biaya Kisaran Biaya
Akomodasi Residential College : NZD 17.480 per tahun
Shared Flat : NZD 12.180 per tahun
Studio Room : NZD 15.820 per tahun
Bahan Makanan NZD 100 – NZD 150 per minggu
Transportasi Taksi : NZD 3,3 per km
Kereta : NZD 4 – NZD 11,5 per tiket
Internet NZD 69 – NZD 100 per bulan
Hiburan NZD 50 per minggu

Daftar biaya hidup di New Zealand tersebut sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, besaran biaya hidup di Selandia Baru saat ini memang terpantau mengalami kenaikan. Biaya untuk transportasi misalnya, awalnya mulai NZD 1 saja dan sekarang minimal NZD 3,3. Sementara itu, biaya untuk makan yang semula mulai NZD 63, saat ini menjadi NZD 100 sampai NZD 150 per pekan.

Perlu diketahui bahwa rincian biaya hidup dan kuliah di atas hanyalah perkiraan kasar . Biaya yang berlaku di negara aslinya kemungkinan bisa lebih tinggi atau lebih murah tergantung kondisi di New Zealand. Apabila Anda menginginkan perhitungan biaya kuliah dan living cost yang lebih rinci, Anda mungkin bisa berbagi pengalaman para pelajar Indonesia yang pernah tinggal dan menuntut ilmu di Selandia Baru. Mereka biasanya akan dapat membantu Anda untuk memberikan perhitungan yang lebih detail dan realistis.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Kuliah di New Zealand (Selandia Baru), semoga bermanfaat.

 405 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja