Biaya Operasi Ganglion

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Operasi Ganglion, sebagai berikut:

Ganglion merupakan jenis kista yang berbentuk benjolan yang biasanya tumbuh di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan. Benjolan ganglion ini terlihat mirip seperti kantung berisi cairan berwarna bening dengan tekstur kental dan lengket layaknya jeli, atau yang disebut dengan istilah cairan sinovial. Meski tampilannya kecil, penyakit ini cukup mengganggu, apalagi jika posisinya ada di pergelangan tangan. Oleh sebab itu, biasanya dokter menganjurkan pasien untuk menjalani operasi yang biayanya tidak bisa dibilang murah.

Ukuran ganglion sendiri bermacam-macam, ada yang sekecil kacang polong, bahkan ada pula yang ukurannya sebesar bola golf. Kista ganglion biasanya paling sering muncul di area punggung tangan tepat di bagian pergelangan tangan dan benjolan tersebut kerap terlihat jelas ketika Anda menekuk pergelangan tangan ke bawah. Tak hanya di pergelangan tangan, ganglion juga mungkin saja muncul di area lain seperti ruas jari paling bawah, ujung jari (tepat di bawah kuku), lutut bagian luar, pergelangan kaki, maupun punggung kaki.

Walaupun dinilai sebagai jenis kista yang tak terlalu berbahaya, keberadaan ganglion tetap saja dianggap mengganggu. Selain mengganggu penampilan, beberapa penderita ganglion biasanya menderita nyeri di bagian yang terkena ganglion. Bahkan, ada pula penderita yang merasa kesemutan.

Baca Juga:   Biaya Operasi Amandel Terbaru

Penyakit satu ini ditandai dengan kemunculan sejumlah gejala, misalnya terdapat tonjolan yang timbul tiba-tiba atau secara perlahan pada daerah sendi. Sekitar 35% ganglion tidak disertai nyeri, tetapi sebagian besar justru merasa nyeri yang tiada henti, dan bertambah nyeri bila sendi digerakkan. Gejala lainnya, apabila ganglion tumbuh mengenai tendon, maka jari yang bermasalah tersebut akan terasa lemas.

Hingga kini, sebagian besar dokter biasanya menganjurkan pengobatan ganglion dengan metode operasi bedah. Operasi ganglion termasuk operasi kecil yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam, sangat bergantung pada tingkat keparahan dan kesulitan kasusnya. Sementara, untuk bius, ada yang hanya bius lokal, ada pula yang menerapkan bius total, tergantung kondisi Anda.

Komplikasi juga dapat terjadi akibat penanganan yang dilakukan, baik akibat tindakan aspirasi (penyedotan cairan) maupun operasi. Komplikasi yang mungkin terjadi meliputi infeksi pada luka operasi, pertumbuhan jaringan parut pada bekas luka operasi, gangguan saraf, hingga kerusakan pembuluh darah. Walaupun telah diobati, tidak menutup kemungkinan bahwa kista ganglion dapat muncul kembali.

Biaya Operasi Ganglion

Biaya operasi ganglion di pergelangan tangan sangat bervariasi, tergantung di rumah sakit mana Anda melakukannya. Menurut beberapa orang, uang yang harus dikeluarkan untuk operasi ganglion tidak sedikit, yakni berkisar mulai Rp5 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung keparahan kasus.

Baca Juga:   Biaya Sunat Bayi Terupdate

Sementara itu, biaya operasi ganglion di Rumah Sakit Umum Kota Banjar mulai Rp1,4 juta dan sampai dengan 2022 belum berubah dari tahun 2021. Lalu, untuk operasi ganglion dengan benjolan kecil di RS Karima Utama Sejahtera Solo mulai Rp600 ribu, belum termasuk biaya perawatan dan obat.

Sebagai perbandingan, tahun 2020, biaya operasi ganglion berkisar Rp4 juta hingga Rp8 juta. Berapa banyak biaya yang diperlukan untuk operasi ganglion tentu bisa sangat bervariasi, tergantung dari jenis tindakan yang dilakukan serta kebijakan masing-masing fasilitas kesehatan. Karenanya, akan lebih tepat jika Anda bertanya langsung ke fasilitas kesehatan terdekat dengan domisili Anda.

Tentunya, untuk mendapatkan kartu BPJS atau JKN KIS, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di kantor BPJS daerah Anda. Pendaftaran bisa dilakukan setiap jam kerja mulai dari hari Senin hingga Jumat. Selain mendaftarkan diri, khusus untuk peserta BPJS, wajib membayar iuran bulanan dengan biaya Rp35 ribu untuk kelas tiga (memperoleh subsidi Rp7 ribu dari pemerintah), Rp100 ribu untuk kelas dua, dan Rp150 untuk kelas satu. Sementara itu, untuk peserta JKN KIS tidak perlu membayar biaya iuran dan sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Baca Juga:   Biaya Dokter Gigi dan Perawatan Gigi

Sayangnya, tak semua rumah sakit mau menerima prosedur operasi semacam ini. Apabila Anda termasuk pasien BPJS yang mengalami penyakit serupa, ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu pada rumah sakit yang Anda tuju.

Sementara beberapa orang memilih untuk melakukan operasi, Anda juga bisa menghilangkan ganglion dengan cara lain, seperti terapi imobilisasi, terapi aspirasi, dan menggunakan bahan atau obat herbal. Selain dinilai efektif, cara ini juga diklaim lebih terjangkau biayanya dibanding operasi.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Operasi Ganglion, semoga bermanfaat.

 46 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja