Biaya Operasi Katarak di Rumah Sakit dan Klinik

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Biaya Operasi Katarak di Rumah Sakit dan Klinik, sebagai berikut:

Katarak adalah salah satu jenis penyakit mata yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Meski sudah ada pengobatan alternatif yang diklaim dapat menyembuhkan mata katarak, sebagian besar penderitanya memilih untuk mengobati mata katarak dengan jalan operasi. Pemerintah sendiri kerap menyelenggarakan program operasi katarak tanpa biaya alias gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. Namun, program semacam ini memang tidak selalu rutin digelar. Karena itu, Anda setidaknya perlu mengetahui berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalani operasi katarak di rumah sakit atau klinik mata.

Metode Operasi Katarak

Penyakit katarak sendiri secara garis besar adalah kelainan lensa mata yang keruh di dalam bola mata. Katarak biasanya terjadi pada orang-orang lansia berumur 50 tahun ke atas dan umumnya disebabkan faktor degenerasi, nutrisi yang tidak baik, dan paparan sinar matahari atau ultraviolet. Meski biasa menyerang orang-orang lansia, rupanya katarak juga bisa saja menyerang anak usia dini yang terkena infeksi rubella. Penyakit katarak menyerang dalam berbagai tingkatan, yakni tingkatan belum matang, setengah matang, matang, dan terlalu matang. Indikasi seseorang perlu diperiksa terkait kemungkinan terkena penyakit katarak adalah apabila seseorang mulai merasa tak nyaman dengan penglihatannya.

Terdapat beberapa operasi katarak yang paling umum dilakukan, antara lain ekstraksi katarak intrakapsular, ekstraksi katarak ekstrakapsular, dan fakoemulsifikasi. Ekstraksi katarak intrakapsular adalah metode operasi paling konvensional yang bekerja dengan cara mengambil lensa mata hingga bagian paling belakang, sehingga luka yang dihasilkan cukup lebar dan kemungkinan menimbulkan komplikasi setelah operasi. Sayangnya, saat ini, teknik operasi ekstraksi intrakapsular sudah tidak dipakai lagi karena memiliki efek samping yang cukup besar.

Ekstrakapsular yang bekerja dengan cara mengambil inti lensa mata dengan membuka bagian depan kapsul lensa, sehingga bagian belakang lensa masih bisa dipertahankan. Teknik operasi ini dilakukan secara manual dan masih sering dipakai hingga saat ini. Metode operasi katarak ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit serta efek samping dan komplikasi yang ditimbulkan lebih kecil daripada intrakapsular.

Baca Juga:   Biaya Operasi Katarak Sebenarnya Tidak Mahal! Tergantung Jenis Lensanya

Fakoemulsifikasi adalah teknik operasi katarak terbaru yang telah memakai peralatan canggih. Dengan metode ini katarak akan dihancurkan terlebih dulu dengan mesin, kemudian dikeluarkan dari dalam lensa. Sayatan operasinya hanya sepanjang 2 mm saja dan tidak memerlukan jahitan, sehingga komplikasinya nyaris tidak ada. Waktu yang dibutuhkan pun relatif singkat, hanya 15-20 menit dan bius yang dipakai adalah bius lokal dengan menggunakan tetes mata.

Biaya operasi katarak pasien salah satunya ditentukan oleh pilihan lensa yang akan digunakan. Hal itu terjadi karena operasi katarak adalah penggantian lensa alami yang sudah keruh dengan lensa buatan. Komponen biaya lensa sangat besar pengaruhnya pada biaya operasi katarak. Ada beberapa jenis lensa buatan yang dapat pasien gunakan, yakni, IOL monofokus asferik, IOL monofokus toric, dan multifokus.  Jika ingin biaya operasi katarak Anda murah, sebaiknya pilih lensa yang harganya murah. Namun, terlebih dulu berkonsultasi dokter tentang apa saja jenis lensa yang ada dan keunggulannya.

Teknik fakoemulsifikasi lebih mahal dibandingkan manual atau operasi ektrakapsular. Hal itu karena dengan teknik fakoemulsifikasi lensa yang terkena katarak, dikeluarkan dengan cara dihancurkan dengan menggunakan gelombang ultrasonic. Jadi jika Anda menginginkan biaya operasi katarak yang lebih murah, jangan pilih teknik ini.

Baca Juga:   Info Terbaru Biaya Kuliah di Universitas Sangga Buana Bandung

Faktor lain yang memengaruhi biaya operasi katarak adalah jenis obat bius yang digunakan. Dalam hal ini, bius topikal/lokal biasanya lebih murah dibandingkan dengan bius total. Pada umumnya, bius yang digunakan dalam operasi katarak adalah bius topikal/lokal. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan bius total bila ada rekomendasi dari dokter.

Biaya Operasi Katarak

Klinik Mata/Rumah Sakit Biaya Operasi Katarak
Ciputra SMG Eye Clinic Paket Lensa Zircon A : Rp18.000.000
Paket Lensa Monofocal Toric : Rp28.000.000
Paket Lensa Multifocal : Rp30.000.000
Paket Lensa Multifocal Toric : Rp39.000.000
RS Mitra Keluarga Bekasi Paket Silver : Rp11.000.000
Paket Gold : Rp12.500.000
Klinik Mata KMU Sidoarjo Rp6.000.000
Klinik Mata KMU Madura Rp8.000.000
RS Sari Asih Cipondoh Phaco Silver : Rp7.000.000
Phaco Gold : Rp10.000.000
Mayapada Hospital Tangerang Rp15.000.000
RS Al Irsyad Surabaya Rp11.000.000
Primaya Hospital Bekasi Utara Paket Silver : Rp9.000.000
Paket Gold : Rp13.500.000
Baca Juga:   Biaya Kuliah S2 Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD) Bandung TA 2019/2020

Demikian kami sampaikan informasi Biaya Operasi Katarak di Rumah Sakit dan Klinik, semoga bermanfaat.

 66 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja