Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit

Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit, sebagai berikut:

Apa itu Operasi Usus Buntu?

Usus buntu atau apendiks adalah organ berupa kantong kecil dengan panjang antara 5-10 cm yang terletak di bagian kanan bawah perut. Ketika organ ini mengalami peradangan, terjadi infeksi yang menyebabkan pembengkakkan disertai penumpukan nanah. Karena itu, dibutuhkan tindakan operasi agar tidak semakin parah dan pecah.

Berikut beberapa gejala usus buntu yang harus Anda antisipasi:

  1. Nyeri perut dan kembung.
  2. Hilangnya nafsu makan.
  3. Mual.
  4. Tidak bisa buang gas.
  5. Diare disertai demam.

Biaya Operasi Usus Buntu dengan BPJS

Biaya apendektomi memang cukup mahal dan berbeda-beda di tiap rumah sakit, tergantung pada teknologi yang digunakan. Tetapi kabar baiknya, biaya operasi ini masuk dalam tindakan yang ditanggung BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Biaya operasi usus buntu dengan BPJS sepenuhnya gratis sehingga Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk melakukan operasi. Pastikan keanggotaan Anda aktif dan sudah melunasi iuran bulanan agar mendapatkan layanan ini.

Baca Juga:   Biaya Vaksinasi Covid-19 Berbayar, Cara Mendaftar dan Lokasi Vaksinasi

Biaya Operasi Usus Buntu Tanpa BPJS

Rentang biaya operasi usus buntu tanpa BPJS adalah Rp8 juta – Rp45 juta. Besarnya biaya tergantung pada metode operasi, kondisi pasien, dan lamanya rawat inap. Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 59 tahun 2014.

Adapun dalam praktiknya, biaya operasi ini dibagi lagi ke dalam 3 kelas pelayanan, dengan rincian sebagai berikut.

Biaya Rumah Sakit Kelas A

Rumah sakit kelas A merupakan fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kedokteran spesialis maupun non spesialis yang luas. Kelas “A” menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan yang satu ini merupakan rumah sakit untuk rujukan tertinggi.

Berikut kisaran harga operasi usus buntu di rumah sakit kelas A.

Biaya Rumah Sakit Kelas B

Rumah sakit kelas B memberikan pelayanan kedokteran spesialis yang luas namun kedokteran subspesialis nya terbatas. Biasanya rumah sakit ini didirikan di ibukota provinsi. Berikut ini rincian biayanya.

Biaya Rumah Sakit Kelas C

Rumah sakit ini didirikan di tiap kabupaten dan melayani kedokteran spesialis terbatas, seperti penyakit dalam, bedah, dan kandungan. Rincian biaya di rumah sakit kelas c adalah sebagai berikut.

Biaya Rumah Sakit Kelas D

Rumah sakit kelas D merupakan rumah sakit transisi dan rujukan bagi pasien puskesmas. Nantinya, jika pasien membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar.

Biaya-biaya di atas merupakan kisaran biaya operasi usus buntu 2021 di rumah sakit negeri. Apabila Anda melakukan operasi di rumah sakit swasta tentu tarifnya akan lebih mahal karena mayoritas rumah sakit swasta mematok tarif operasi usus buntu di atas Rp10 juta.

Baca Juga:   Biaya Pengobatan Mata Juling

Biaya Operasi Usus Buntu dengan Laparoskopi

Biaya operasi usus buntu dengan laparoskopi cenderung lebih mahal dan berbeda-beda tergantung lokasi rumah sakit. Tindakan apendektomi laparoskopi di Yogyakarta dapat dijangkau mulai dari Rp4 juta. Sedangkan kisaran biaya di Jabodetabek adalah Rp11 juta – Rp45 juta.

Biaya Perawatan Lainnya
Selain biaya pokok, Anda juga perlu mempersiapkan biaya cadangan antara Rp5 juta – Rp10 juta untuk pengobatan pasca operasi atau biaya-biaya lain yang mungkin timbul, misalnya jika ada perawatan lanjutan atau obat-obatan.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit, semoga bermanfaat.

 66 total views,  1 views today