Biaya Perbaikan Water Hammer Engine

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Perbaikan Water Hammer Engine, sebagai berikut:

Water hammer adalah istilah untuk menyebut kondisi di mana mesin mobil, terutama ruang bensin, dimasuki oleh banyak air. Kondisi ini sering dialami ketika musim banjir dan terjadinya bencana tsunami.

Air yang masuk dalam jumlah banyak ini mengganggu proses pembakaran mesin. Hal ini harus diwaspadai oleh pemilik kendaraan karena bisa membunuh mesin kendaraan.

Jika kamu tinggal di kawasan yang rawan banjir, maka sangatlah penting untuk mengenal istilah water hammer.

Pengertian water hammer

Water hammer adalah kondisi di mana air terhisap ke mesin melalui saluran intake udara ke dalam ruang bakar atau sistem pelumasan. Air tersebut kemudian terkompresi oleh langkah piston sehingga terjadi tekanan berlawanan karena sifat benda cair di dalam ruangan tertutup.

Saat banjir terjadi, tak sedikit kendaraan yang nekat menerobos dan menerjang banjir. Inilah yang bisa membuat mobil terkena water hammer atau biasa disebut juga hydrolocking karena air yang masuk terhisap ke dalam mesin mobil.

Saat air masuk ke dalam ruang bakar kendaraan, maka akan menyebabkan piston dan kepala silinder dapur pacu menjadi bengkok, berlanjut pada blok mesin menjadi retak. Alhasil, membuat mesin tidak bisa menyala.

Tak hanya disebabkan oleh musibah banjir, water hammer juga kerap terjadi akibat proses cuci mobil yang salah yang  air masuk melalui filter udara sehingga mesin mati mendadak.

Water hammer engine juga bisa menyebabkan air yang masuk ke sistem pelumasan mobil sehingga bercampur dengan oli. Air yang tercampur bersama oli akan menciptakan panas mesin mobil tidak stabil bahkan cenderung berlebih.

Baca Juga:   Biaya Membuat Sumur Bor

Dampak jika terkena water hammer engine

Hydrolocking yang disebabkan air ini nyatanya tidak bisa dianggap enteng karena menjadi salah satu gejala yang memiliki akibat fatal pada mesin. Saat kendaraan terkena water hammer, ada beberapa dampak buruk dan bahaya yang mungkin terjadi, antara lain:

Stang piston bengkok hingga patah

Saat mesin dipaksa menyala dan air masuk ke dalam ruang bakar, conrod atau stang piston akan mengalami kerusakan kebengkokan bahkan sampai patah. Air yang masuk akan memberikan dorongan kuat berlawanan dari gerakan piston.

Penyebab bengkok dan patahnya karena yang terkompresi adalah air bukan udara. Tak jarang ketika mesin terus dipaksakan untuk menyala atau berjalan, stang piston justru bisa hancur.

Merusak komponen penting dalam mesin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, water hammer menciptakan tekanan berlawanan karena sifat benda cair di dalam ruangan tertutup. Faktanya, tekanan tersebut jika dibiarkan akan menjadi lebih kuat.

Hal ini bisa merusak komponen penting di dalam mesin seperti conrod atau stang piston bahkan sampai patah. Akibatnya, ini bisa menciptakan kerusakan pada komponen lain saat masih terjadi sisa putaran mesin.

Mesin mengalami kebocoran 

Bahaya water hammer berikutnya bisa membuat mesin mengalami kebocoran. Penyebabnya karena air masuk dalam jumlah banyak sehingga pada bagian sambungan mesin sangat rentan terhadap kebocoran.

Kebocoran ini umumnya muncul sedikit demi sedikit. Kalau kamu tidak segera melakukan penanganan, kebocoran bisa semakin parah dan mempengaruhi bagian lain kendaraan.

Baca Juga:   Biaya Bikin Dapur Minimalis

Mobil mati

Terakhir, ketika sudah banyak komponen mesin yang rusak akibat terendam air, maka kamu akan kesulitan ketika hendak menyalakan mobil. Sekalipun bisa nyata, tak menutup kemungkinan mobil akan mogok di tengah jalan.

Penyebabnya tak lain karena sistem pembakaran mobil tidak berfungsi dengan maksimal.

Biaya perbaikan akibat water hammer engine

Saat mobil terkena water hammer engine sebaiknya segera membawanya servis ke bengkel. Nantinya teknisi akan langsung melakukan pengecekan untuk mendeteksi kerusakan mesin apa saja yang terjadi.

Adapun biaya perbaikan mobil akibat water hammer cukup besar, karena harus mengganti komponen mesin.

Rata-rata biaya perbaikannya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 30 juta. Biaya tersebut tergantung jenis kendaraan dan kerusakan yang terjadi. Semakin banyak komponen yang rusak, maka semakin besar biaya perbaikannya.

Cara mencegah water hammer

Mengingat bahaya yang muncul jika kendaraan terkena water hammer, maka sebisa mungkin untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Terlebih, mobil yang sudah terkena banjir cenderung mengalami penurunan harga.

Yuk, simak beberapa tips agar mobil terhindar dari hydrolocking berikut ini:

Hindari area banjir 

Mengingat penyebab water hammer adalah air, maka sebisa mungkin untuk tidak melewati daerah yang sedang banjir atau sedang tergenang air. Patokannya, sebaiknya hindari air yang menggenang cukup tinggi di atas 50 cm.

Selain banjir, kamu sebaiknya harus berhenti berkendara saat hujan deras. Arus air yang deras  bisa masuk melalui knalpot mobil kemudian merembet ke komponen mesin.

Baca Juga:   Harga Jack Hammer (Hitachi, Makita, Bosch, DCA, dll) Per 28 April 2021

Kendalikan kecepatan 

Saat kamu terpaksa harus melewati area banjir atau hujan deras, maka usahakan untuk mengendalikan kecepatan mobil. Tujuannya untuk menghindari genangan air yang masuk melalui knalpot.

Injak gas dengan stabil sehingga air tidak masuk. Meskipun tidak mudah, tetapi sebaiknya lakukan cara ini daripada harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan kendaraan.

Jangan menghidupkan mobil yang terendam

Untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil, jangan menyalakan maupun menghidupkan starter mobil yang terlanjur terendam banjir. Jika kamu memaksakannya, ini bisa membuat  bagian kelistrikan mobil menjadi korslet.

Setelah mobil tidak lagi terendam, kamu bisa langsung membersihkan bagian dalam dan luar mobil, terutama bagian bawah karpet dan jok mobil tanpa menghidupkan mesin.

Segera cek kendaraan setelah melewati banjir

Ketika mobil sudah terkena air tapi kondisinya ternyata baik-baik saja, bukan berarti kendaraanmu aman dari water hammer. Maka dari itu, untuk memastikannya kamu tetap harus membawa mobil yang sudah terkena air deras atau malah terendam, dengan mengeceknya ke bengkel.

Tujuannya agar montir dapat langsung memperbaiki mobil, jika terdapat air yang masuk ke mesin. Sehingga belum sampai merusak komponen mesin.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Perbaikan Water Hammer Engine, semoga bermanfaat.

 186 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja