Biaya Sekolah Aviation Training Center (ATC) Terbaru

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya sekolah ATC terbaru, sebagai berikut:

Aviation Training Center, biasa disebut ATC, merupakan lembaga pelatihan swasta yang mendidik alumni SMA, akademi, dan universitas untuk mempersiapkan mereka menjadi calon tenaga kerja yang andal dalam bidang transportasi udara niaga atau komersial, terutama awak kabin dan staf darat. Biaya pendidikan di tempat ini bervariasi, tergantung jurusan yang ditempuh siswa.

Sekilas Tentang ATC

Dikutip dari situs resminya, ATC pertama kali didirikan pada tahun 2003 silam. Lembaga pelatihan ini beroperasi di bawah naungan PT Perkasa Mandiri Abadi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Nomor 503/161/1199/PK/II/2005 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perdagangan , Industri, dan Penanaman Modal.

Setidaknya, ada enam program pelatihan yang diselenggarakan ATC Training Center dalam bidang transportasi udara. Program pelatihan tersebut antara lain Aviation Security Bandara, Flight Operation Officer (personal yang memiliki otorisasi dan bertugas mempersiapkan dan melaksanakan rencana penerbangan), Airline Staff, Flight Attendant (pramugari atau pramugara), dan Training Division.

Seperti kampus pada umumnya, ATC Training Center juga menyelenggarakan perkuliahan umum dan reguler, serta sharing pengalaman. Lima puluh persen materi yang diberikan berupa teori, dan lima puluh persen lainnya berupa praktik. Selain itu, lembaga ini juga mengajarkan konseling dan simulasi psikotes dan tes wawancara kerja. Di tempat ini, sudah tersedia ruang belajar ber-AC dengan kapasitas maksimal 25 siswa, laboratorium komputer, kursi yang dilengkapi meja tulis, meja dan kursi instruktur, whiteboard beserta peralatannya (termasuk proyektor), alat keselamatan penerbangan, hingga trolley lengkap dengan baki makanan dan minuman sebagai penunjang materi Cabin Practice.

Baca Juga:   Biaya Kolonoskopi

Biaya pendidikan atau sekolah di ATC Training Center, seperti dijelaskan sebelumnya, bervariasi, tergantung program pelatihan yang ditempuh. Sayangnya, pihak ATC Training Center tidak mencantumkan rincian biaya pendidikan di situs resminya. Kami memantau biaya pelatihan setiap tahap sebagai berikut.

Biaya Pendidikan ATC

Program Pelatihan Kisaran Biaya (Rp)
Flight Operation Officer Rp50.000.000 (plus tes masuk Rp500.000)
Airlines Staff Rp27.000.000 (plus formulir pendaftaran Rp200.000)
Dangerous Good Tipe A : 12.000.000
Tipe B : 12.000.000

Untuk menyukseskan program pelatihan, ATC Training Center telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Jika dibandingkan tahun lalu, terjadi perubahan harga pada biaya diklat Flight Operation Officer. Semula, pelatihan tersebut dikenakan biaya Rp48.100.000, tetapi saat ini Anda harus menyiapkan biaya kisaran Rp50 juta.

Syarat Pendaftaran ATC

Bagi siswa-siswi yang berminat mengikuti program pelatihan di ATC Training Center, wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  • Siswa-siswi SMA kelas XII yang akan lulus di tahun pendaftaran di sekolah setempat.
  • Memiliki minat dan potensi di dunia transportasi udara.
  • Tinggi badan untuk pramugari minimal 160 cm, tinggi badan minimal pramugara 170 cm, tinggi badan jurusan Staf Airlines & Cargo minimal 158 cm untuk putri dan 165 cm untuk putra.
  • Berat badan proporsional, sehat jasmani dan rohani, serta berpenampilan menarik.
  • Khusus untuk jurusan Pramugari, tidak berkacamata atau mengenakan softlens (karena minus, plus, atau silinder).
  • Tidak buta warna, tidak ada luka permanen pada kulit yang terlihat.
  • Umur minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun, berkelakuan baik, serta bebas narkoba dan minuman keras.

Jika dirasa sudah sesuai dengan kriteria di atas, maka bisa melengkapi syarat-syarat pendaftaran seperti:

  • Surat Keterangan Sekolah.
  • Surat Keterangan Dokter.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Kelakuan Baik, Surat Keterangan Bebas Narkoba & Miras (dikumpulkan setelah dinyatakan lolos seleksi, pada saat awal kuliah).
  • Fotokopi KTP atau identitas lain dan Akte Kelahiran masing-masing 2 lembar.
  • Foto full body (pose & pakaian bebas) ukuran 3R sebanyak 3 lembar.
  • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 cm sebanyak 2 lembar.
  • Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 lembar.
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 5 lembar.
Baca Juga:   Biaya Pengobatan di Dokter Hewan

Apabila semua dokumen telah lengkap, Anda perlu memperhatikan prosedur pendaftaran agar tidak salah langkah. Anda dapat registrasi secara online, maupun datang langsung ke lokasi kampus.

Prosedur Pendaftaran ATC

Untuk memudahkan proses pendaftaran, Anda bisa mengikuti prosedur pendaftaran sebagai berikut.

  • Mengisi formulir pendaftaran, yang bisa dilakukan secara online di situs resmi ATC Center atau datang langsung ke lokasi kampus.
  • Jika memilih mendaftar secara langsung, disarankan juga membawa berkas kelengkapan seperti surat keterangan sehat dari dokter, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir (bisa menyusul jika belum menerima atau baru lulus), foto diri yang diperlukan.
  • Melakukan cek syarat fisik yang biasanya diselenggarakan sesaat setelah mengisi formulir pendaftaran di masing-masing kampus ATC Training Center setiap jam kerja. Tes fisik sendiri meliputi tinggi dan berat badan berdasarkan Body Mass Index, postur badan, kerapian gigi, kebersihan kulit, dan penampilan umum. Tidak ada tes selain tes fisik, seperti tes tulis, psikotes, kesehatan, dan interview.
Baca Juga:   Referensi Biaya Les Privat

Di dalam situs resminya, ATC Training Center mengatakan bahwa pendaftaran siswa atau siswi baru dilayani setiap saat selama hari dan jam kerja. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran melalui Jalur Reguler, pendaftaran kolektif melalui guru di sekolah, atau membawa berkas langsung ke kampus ATC Training Center.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak ATC

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menghubungi kantor pusat atau cabang ATC Center yang berlokasi di:

  • Head Office, 4th Floor Grand Stock Well Building, Jalan Laksda Adisucipto No. 163, Yogyakarta, nomor telepon (0274) 557616, email cso@atc-training-centre.com.
  • Jakarta, Bandar Halim Perdana Kusuma, Gedung Terminal Kedatangan Lantai II No. A-50, Jakarta Timur, nomor telepon (021) 8097230, email atchalim@atc-training-centre.com.
  • Bandung, Jalan Tubagus Ismail Raya No. 5A, nomor telepon (022) 2515222, 72277750m email atcbandung@atc-training-centre.com.
  • Medan, Jalan Iskandar Muda No. 39E, nomor telepon (061) 4516302, email atcmedan@atc-training-centre.com.
  • Bali, Jalan Uluwatu II/8E Suite 8, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Karanganyar, nomor telepon (0361) 704642, email atcbali@atc-training-centre.com.

Bagi calon pendaftar, dapat melakukan registrasi secara online atau mendatangi sekolah ATC di beberapa kota. Tentu saja, berkas harus segera disiapkan guna memperlancar prosedur pendaftaran.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 21 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja