Biaya Service ECU Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Service ECU Mobil, sebagai berikut:

Electronic Control Unit (ECU) adalah otak kelistrikan yang mengatur semua bagian komponen kelistrikan mobil. Maka dari itu, ECU adalah bagian sangat penting dalam mobil. ECU bisa rusak jika terendam banjir atau genangan yang cukup tinggi.

Lalu, apa saja penyebab ECU mobil rusak? Bagaimana cara mengeceknya dan berapa biaya service ECU mobil?

Penyebab ECU Mobil Rusak

Hal yang pertama terpikirkan saat mobil terendam banjir pasti mengenai kelistrikannya atau ECU mobil. Jadi, jangan memaksakan melintas di kawasan banjir yang tinggi. Tetapi, sebenarnya kerusakan ECU mobil ini memang tidak bisa ditebak, lho.

Meski biasanya ada indikasi awal yang mengerucut pada kerusakan ECU, kamu jangan dulu melakukan sembarangan service ECU mobil. Karena khawatir ketika kamu remap ECU mobil, malah mungkin mobil kamu akan langsung rusak. Jika ternyata ECU mobil kamu tidak bisa diperbaiki, maka biaya mengganti ECU yang baru akan jauh lebih mahal.

Penyebab lain kerusakan ECU adalah dari usia pemakaian. Mobil dengan usia 10 tahun atau lebih rentan mengalami kerusakan ECU.

Penyebab kerusakan ECU lainnya adalah arus pendek pada kelistrikan mobil. Hal ini akan membuat tegangan listrik yang menyuplai ECU terganggu, sehingga kinerja ECU menjadi terganggu juga. Arus pendek listrik tersebut akan mempengaruhi kinerja dari otak mobil tersebut.

Baca Juga:   Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Tips Mengecek Kondisi ECU

Meskipun tidak disarankan untuk segera melakukan perbaikan sendiri ketika ECU rusak, tetapi kamu bisa mengecek sendiri tandanya. Ada cara-cara mudah untuk mengecek kondisi ECU sebelum membawanya ke bengkel. Kamu bisa memperhatikan tanda-tanda ini yang merupakan tanda-tanda kerusakan ECU mobil.

1. Pastikan lampu engine ON

Lampu pada check engine harus dipastikan selalu menyala. Jika lampu padam, ada kemungkinan mobil kamu memiliki unit kontrol mesin yang salah. Ada banyak alasan mengapa lampu ini harus selalu menyala. Tetapi biasanya masalah lampu engine padam ini karena ada masalah pada ECU.

2. Mobil tidak bisa menyala

Kalau mobil kamu kamu tidak bisa menyala tanpa alasan yang jelas, ini juga merupakan indikator yang kemungkinan adanya masalah dengan ECU. Jika kamu memeriksa aki mobil, starter dan komponen listrik umum lainnya, dan kendaraan masih tidak hidup, kemungkinan ada kesalahan dalam ECU.

3. Gejala lainnya

Gejala kerusakan lainnya bisa dikaitkan dengan ECU. Misalnya, kinerja yang buruk atau penurunan dalam penghematan bahan bakar atau efisiensi. Hal ini sering terjadi karena masalah komputer mobil, atau masalah ECU. Kerusakan ECU juga dapat menyebabkan masalah ketika memindahkan gigi transmisi otomatis. Tandanya adalah sentakan tiba-tiba atau berhenti yang mirip dengan masalah transmisi.

Baca Juga:   Biaya Perbaikan Mobil Dengan Asuransi dan Tanpa Asuransi

4. Diagnostik komputer ECU

Ketika menemukan tanda-tanda kerusakan ECU, kamu bisa segera membawanya ke bengkel, dealer, atau pusat layanan terdekat. Pastikan memiliki tempat yang memiliki peralatan diagnostik komputerisasi terbaru.

ECU pada mobil-mobil sistem injeksi juga mengatur suplai bahan bakar dan udara saat proses pembakaran di ruang mesin. Mobil dengan ECU yang rusak menunjukkan tanda-tanda tersendat ketika melaju dan tenaga mesin menurun.

Selain itu, ketika mobil dihidupkan di pagi hari, akan muncul lampu indikator check engine. Kemudian mesin juga sulit distarter bahkan mesin tidak bisa hidup sama sekali.

Biaya Service ECU Mobil

Tenang saja, meskipun ECU sudah rusak karena terendam banjir atau faktor usia, ECU masih bisa diperbaiki kok. Biaya service ECU mobil tidak melihat usia mobil, apakah lawas atau mobil baru. Tetapi biaya service ECU mobil dilihat dari berapa harga baru ECU mobil yaitu 25% dari harga ECU baru mobil yang mau diservis, termasuk biaya service ECU mobil Mitsubishi T 120 SS.

Baca Juga:   Harga ATV Mini (50cc, 110cc, 125cc) Terbaru

Agar lebih pasti dalam menemukan penyebab kerusakan ECU, bengkel akan melakukan pembongkaran. Kemungkinan akan ditemukan air dalam komponen ECU, adanya konsleting atau kabel dan kaki-kaki ECU yang elektriknya putus.

Biaya service kerusakan ECU akibat sudah usia pemakaian dan karena terendam banjir tentu berbeda. Biaya servis ECU mobil yang terkena banjir lebih mahal dibandingkan yang rusak akibat faktor usia.

Selain itu, biaya service ECU mobil untuk mobil keluaran Jepang lebih murah dibandingkan mobil Eropa. Biayanya sekitar Rp1,3—2 jutaan. Sedangkan mobil yang telah terkena air, biaya servicenya akan lebih mahal Rp200-400 ribuan dari harga normal.

Contohnya harga ECU mobil Eropa dengan harga di atas Rp10 juta, biaya servisnya Rp 3 juta.  Tetapi nilai ini tetap lebih murah dibanding ganti ECU baru.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Service ECU Mobil, semoga bermanfaat.

 250 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja