Biaya Steam Mobil

Memiliki kendaraan pribadi memang menyenangkan. Setidaknya, kebutuhan transportasi Anda saat hendak menuju ke mana saja jadi lebih mudah. Namun, banyak orang yang mengatakan bahwa perawatan kendaraan memang rumit, apalagi jika menyangkut soal kebersihan. Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak tempat yang menyediakan jasa cuci mobil dengan tarif bervariasi.

Sebagian orang mungkin memang tidak terlalu memedulikan kebersihan kendaraannya. Namun, sebagian lainnya justru sebaliknya, mereka merasa lebih nyaman saat mengendarai mobil yang bersih, baik dari sisi interior maupun eksteriornya. Berbeda dengan sepeda motor, membersihkan mobil memang lebih rumit. Pasalnya, mobil memiliki ukuran bodi yang lebih besar dan banyak detail sempit yang perlu dibersihkan, terutama bagian bawah mobil.

Karena itu, saat ini sudah tersedia banyak jasa pencucian mobil di perkotaan yang banyak dikunjungi konsumen, terutama ketika musim atau cuaca sedang hujan. Alasannya sederhana, tak semua orang merasa mampu untuk mencuci mobil sendiri dan banyak orang yang mengaku malas atau tak sempat membersihkan mobil sendiri.

Karena latar belakang itulah, usaha cuci mobil tak pernah ada surutnya. Saat ini, jasa cuci mobil pun ada bermacam-macam jenisnya. Mulai dari jasa cuci mobil dengan sistem manual menggunakan semprotan air berkekuatan tinggi, kemudian cuci mobil manual hidrolik yang menggunakan alat hidrolik untuk memudahkan petugas membersihkan mobil Anda hingga ke bagian bawah, lalu sistem cuci mobil dengan mesin otomatis yang kini sudah banyak digunakan di kota-kota besar.

Baca Juga:   Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase

Dengan cuci mobil sistem mesin otomatis, proses pencucian kendaraan kesayangan Anda relatif lebih cepat. Selanjutnya, juga ada cuci mobil dengan sistem robotic, sehingga Anda hanya perlu memasukkan mobil ke sebuah car wash yang dilengkapi alat-alat khusus dan mobil Anda beberapa saat kemudian akan keluar dalam keadaan bersih. Cuci robot adalah istilah yang dipakai untuk tempat cuci mobil yang tenaga pembersihnya menggunakan bantuan mesin khusus. Mesin inilah yang kemudian dikenal dengan istilah robot.

Begitu mobil tiba di lokasi, ada pencucian tahap awal yang dilakukan oleh sekitar 4-5 orang. Proses pencucian awal sama seperti pencucian mobil pada umumnya. Seluruh bodi mobil akan disemprot air dengan menggunakan kompresor. Setelah itu, para pekerja akan mengoleskan sabun untuk kemudian disemprot kembali. Setelah proses pencucian tahap awal rampung, barulah kemudian mobil masuk ke ruang pembersihan.

Baca Juga:   Biaya Trip Amerika dan Kanada 12 hari

Saat masuk ke ruang pembersihan, roda-roda mobil sudah berpijak di atas motor penggerak yang akan menggeser mobil maju ke arah depan secara perlahan. Selama di ruang pembersihan inilah, terdapat sejumlah mesin penyemprot bertekanan tinggi yang akan menyiram air ke seluruh bagian mobil. Tidak hanya penyemprot, ruang pembersihan juga dilengkapi blower.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk jasa cuci mobil? Tarif layanan ini sebenarnya bervariasi, tergantung fasilitas yang disediakan. Berikut informasi lengkap kisaran biaya cuci mobil pada 2021.

Biaya Steam Mobil

Jenis Layanan Cuci Mobil Biaya (Rp)
Cuci mobil manual 25.000 – 30.000
Cuci mobil hidrolik 20.000 – 50.000
Cuci mobil waterless 50.000 – 100.000
Cuci mobil touchless 50.000 – 75.000
Cuci mobil robotic 80.000 – 150.000

Di kawasan Jakarta misalnya, pada 2020 lalu tarif cuci secara manual berkisar Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan, kemudian biaya cuci secara manual memakai hidrolik sekitar 35 ribu hingga Rp 60 ribuan, lalu jasa cuci otomatis mematok biaya Rp25 ribu hingga Rp 80 ribuan, sedangkan tarif sistem robotic bisa mencapai Rp125 ribuan. Secara umum, tarif cuci mobil ini tidak jauh berbeda dari tahun 2019.

Baca Juga:   Biaya Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Bekasi Per 26 April 2021

Selain pihak swasta, ternyata Pertamina juga telah menyediakan layanan cuci mobil di sejumlah SPBU mereka. Di kawasan Jakarta, tarif cuci mobil di SPBU Pertamina dipatok Rp40 ribuan untuk member atau Rp50 ribuan untuk non-member. Jika konsumen menginginkan paket 3-in-1, dikenakan biaya mulai Rp250 ribuan untuk member.

 24 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja