Biaya Suntik Scabies Kucing dan Harga Obatnya

Berikut ini biaya.info menyampaikan Biaya Suntik Scabies Kucing dan Harga Obatnya, Sebagai berikut:

Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing perlu memberi perhatian yang lebih pada kesehatan dan juga kebersihan binatang kesayangan Anda tersebut. Pasalnya, hewan berbulu sangat rentan terkena penyakit seperti scabies. Jika sudah terkena penyakit semacam itu, bulu indah hewan peliharaan Anda akan rontok karena mengalami gatal yang teramat sangat hingga merusak bulu dan juga kulitnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan ketika kucing terkena scabies adalah dengan memeriksakannya ke dokter hewan atau memberikan suntik scabies. Harga suntik scabies untuk kucing bisa sangat beragam, tergantung lokasi melakukannya.

Scabies atau kudis merupakan penyakit yang umum menyerang hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (sejenis kutu) Notoedres cati dan Sarcoptes scabiei. Kutu/tungau yang menyerang kucing dari jenis Sarcoptes Scabiei var felis yang memiliki ukuran sangat kecil, sekitar 0,2 mm – 0,4 mm. Sifat dari tungau ini sama persis dengan kutu lainnya yaitu masuk ke dalam lapisan kulit kucing untuk bertelur dan berkembangbiak.

Gejala Kucing Terkena Scabies

Gejala awal scabies berupa rontok dan gatal di sekitar telinga. Di pinggiran daun telinga terlihat ada kerak berwarna putih. Rasa gatal yang timbul menyebabkan kucing sering menggaruk-garuk. Infeksi kronis/lama dapat menyebabkan penebalan dan keriput pada kulit yang ditutupi oleh kerak-kerak berwarna abu-abu kekuningan. Infeksi yang parah mengakibatkan luka dan berkembang menjadi infeksi sekunder.

Baca Juga:   Biaya Cek Kesehatan Rahim dengan USG dan Histeroskopi

Pencegahan Scabies

  • Hindari kontak dengan kucing liar atau kucing yang telah terkena penyakit ini.
  • Cuci dan disinfeksi alat-alat grooming, seperti sisir dan sikat setelah digunakan pada kucing yang terkena penyakit ini.
  • Hindari penitipan hewan atau tempat grooming yang tidak mempunyai sanitasi/kebersihan yang baik. Perhatikan juga apakah alat-alat grooming didisinfeksi sebelum digunakan pada kucing lain.
  • Segera isolasi dan cegah kontak dengan kucing lain yang masih sehat jika salah satu kucing menunjukkan gejala scabies.

Pengobatan Kucing Scabies

  • Pisahkan kucing yang terkena scabies.
  • Sterilisasi kandang. Sterilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan sabun dan air atau jika masih belum yakin dapat pula disemprot dengan disinfektan.
  • Bersihkan peralatan grooming. Dengan membersihkannya, maka secara tidak langsung dapat mengobati scabies pada kucing dan bisa menghindarinya agar tidak terserang kembali.
  • Jika kucing terlanjur terkena scabies, obati atau bawa ke dokter hewan untuk pengobatan. Obat klasik yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit ini adalah sulfur/belerang. Caranya, mandikan kucing dengan sampo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian celup (dip) dengan cairan sulfur 2-3%. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit scabies kucing sembuh.
  • Pengobatan dari luar lainnya adalah dengan cara mengoleskan minyak VCO atau minyak kelapa secara rutin ke bagian tubuh kucing yang terdapat scabies. Akan tetapi, pengobatan scabies dengan minyak VCO memiliki kekurangan, yakni membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan, apalagi kucing mengalami scabies yang cukup parah.
  • Cara lain yang sering digunakan adalah injeksi obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin, atau selamectin. Setidaknya diperlukan dua kali suntikan ivermectin dengan selang waktu dua minggu agar penyakit dapat sembuh total.
Baca Juga:   Harga Terbaru Cream Rinna Diazella (RD) dan Produk Lainnya

Jika dalam satu rumah terdapat beberapa ekor kucing, pengobatan yang sama juga harus dilakukan terhadap kucing lain. Jika tidak, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing lain yang tidak diobati, sehingga penyakit scabies ini tidak pernah sembuh secara tuntas.

Biaya Suntik Scabies Kucing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu pengobatan yang efektif untuk mengatasi scabies pada kucing adalah dengan memberikan suntik scabies. Hingga saat ini, biaya suntik scabies kucing di dokter hewan masih berkisar antara Rp100 ribuan hingga Rp300 ribuan. Tarif tersebut terpantau belum mengalami perubahan sejak tahun lalu.

Di pasaran pun tersedia beberapa produk obat suntik atau injeksi untuk mengatasi scabies pada kucing yang biasanya dijual per dosis sekali pemakaian. Berikut informasi harga obat suntik scabies kucing di Indonesia dalam berbagai merk dagang.

Baca Juga:   Biaya Terbaru Implan Gigi Geraham

Harga Obat Suntik Scabies Kucing

Merk Obat Suntik Scabies Kucing Harga
Wormectin 2 ml Rp8.000 – Rp12.000
Wormectin 5 ml Rp17.000 – Rp29.000
Obat suntik P1 1 ml Rp25.550
Wormectin 20 ml Rp45.000 – Rp61.000
Wonder Ivermec 20 ml Rp73.400
Intermectin 10 ml Rp127.050
Pyrimectin 50 ml Rp130.000
Wonder Ivermec 50 ml Rp130.000
Mectisan Injeksi 20 ml Rp137.350
Dufamec 1% Injeksi 50 ml Rp145.936
Kepromec Injeksi 50 ml Rp165.000
Pyrimectin Injeksi 100 ml Rp175.000
Ivervet 100 ml (Ivermectin 1%) Injeksi Rp204.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga obat suntik scabies kucing saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, obat suntik P1 yang semula dipatok mulai harga Rp37.500, sekarang turun menjadi Rp25.550 per ml. Sementara itu, harga obat Dufamec 1% injeksi 50 ml naik dari Rp89 ribu menjadi Rp145.936. Perlu Anda ingat bahwa harga suntik scabies kucing dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Suntik Scabies Kucing dan Harga Obatnya, semoga bermanfaat.

 90 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja