Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC, sebagai berikut:

Tes mantoux atau tuberculin skin test hingga kini masih menjadi salah satu alat diagnostik yang memiliki sensitivitas dan akurasi cukup tinggi untuk mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi tuberkulosis (TBC) atau tidak. Tes mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan Reagen PPD 5 TU atau PPD 2 TU, yakni suatu protein yang berasal dari kuman TBC sebanyak 0,1 ml dengan jarum kecil di bawah lapisan atas kulit lengan bawah sebelah kiri. Biaya tes mantoux untuk TBC bervariasi, mulai ratusan ribu rupiah, tergantung tempat pemeriksaan.

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang tertua diidentifikasi dari manusia. Penyakit ini sudah teridentifikasi sekitar 3.400 tahun sebelum Masehi, ketika para ilmuwan menemukan gambaran khas tuberkulosis tulang pada mumi seorang anak kecil di Mesir yang mengalami kelainan karena tuberkulosis. Gambaran mikroskopis yang khas ini juga ditemukan pada tulang dari mumi lain yang berasal dari Peru dari masa 700 sebelum Masehi. Hippocrates (460-370 SM) sangat berjasa karena dialah yang pertama kali menjelaskan gambaran dari penyakit tuberkulosis yang dihubungkan dengan demam dan terjadinya luka di paru-paru yang tidak bisa disembuhkan.

Sebagaimana penyakit AIDS, tuberkulosis diduga pada awalnya berasal dari hewan yang menular ke manusia. Dahulu penyakit ini diduga merupakan penyakit yang menyerang sapi. Ketika manusia mulai membangun budaya, banyak orang yang memelihara hewan piaraan di kandang di dalam rumah. Dari sapi inilah para peternak mulai terpapar karena menghirup udara yang mengandung Mycobacterium bovis yang mengalami mutasi menjadi Mycobacterium tuberculosis. Berikut beberapa gejala yang dialami oleh penderita TBC.

Baca Juga:   Harga dan Manfaat Lilin Lebah (Beeswax) Semua Ukuran Terbaru

Gejala TBC

  • Masalah makan dan berat badan yang sulit naik.
  • Mudah sakit. Lemah, letih, lesu, dan tidak bersemangat ketiga beraktivitas.
  • Reaksi cepat BCG.
  • Batuk berulang.
  • Benjolan di leher.
  • Demam dan berkeringat di malam hari.
  • Sering mengalami diare.

Anda yang mengalami beberapa gejala tersebut perlu menjalani test mantoux untuk memeriksa kemungkinan terjangkitnya TBC. Umumnya, tes mantoux ini dilakukan di pertengahan bagian atas, lengan bawah kiri bagian depan pasien, dan penyuntikannya dilakukan ke dalam kulit. Usai menyuntikkan protein tersebut, dokter biasanya akan menandai lengan Anda dengan spidol. Supaya hasilnya akurat, tes mantoux harus dilakukan secara teliti dan reaksi yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Setelah disuntik, dokter akan meminta Anda untuk kembali 2-3 hari kemudian untuk menginterpretasikan hasil tes mantoux tersebut. Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi TBC atau tidak, maka dokter akan melihat indurasi pasien setelah 48-72 jam melakukan tes. Biasanya, indurasi ditandai dengan bentuk kemerahan dan benjolan yang muncul di kulit area sekitar bekas suntikan. Apabila nilai indurasi 0-4 mm, maka dinyatakan negatif. Namun, bila nilainya 5-9 mm, dianggap meragukan, dan apabila nilai indurasi di atas 10 mm dinyatakan positif terkena TBC.

Baca Juga:   Info Terkini Biaya Tes HIV

Bila telah menjalani tes kulit mantoux, maka Anda perlu berhati-hati merawat lengan selama proses pemeriksaan berlangsung. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah jangan menutupi area bekas suntikan dengan perban atau plester. Kemudian, Anda juga harus berhati-hati agar tak menggosok atau menggaruk lengan yang telah disuntik. Apabila area bekas suntikan terasa gatal, Anda boleh meletakkan kompres dingin di atasnya. Lengan Anda juga boleh dicuci, namun tak boleh sampai batas spidol hilang. Karena itu, ketika mandi, usahakan untuk tidak menggosok area suntikan terlalu keras.

Bagi Anda yang hasilnya negatif, maka tidak perlu khawatir, sebab benjolan di tangan tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika hasil tes mantoux positif, maka Anda biasanya akan dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan seperti rontgen dada, tes darah, atau tes lain untuk memastikan kondisi Anda. Berikut info biaya tes mantoux yang berlaku saat ini.

Biaya Tes Mantoux

Nama Klinik/Rumah Sakit Biaya Tes
RSU Tangerang Selatan Mantoux Test Dewasa: Rp114.000
Mantoux Test Anak: Rp93.500
RSUD Dr. Ir. Soekarno, Bangka Belitung Rp125.000
Puskesmas Pesanggrahan, Jakarta Selatan Rp25.000
RSUD Sidoarjo Rp125.000
Rumah Sakit Misi Lebak Rp148.000
Laboratorium Klinik Prodia Surabaya Rp351.000
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp500.000
Klinik Spesialis Anugerah Ibu Yogyakarta Rp1.000.000
Insani Medical Centre Rp1.070.000
Primaya Hospital Makassar Rp1.726.000
Baca Juga:   Biaya Tes Kesuburan Pria

Hingga 2021 ini tarif tersebut tidak mengalami perubahan dari 2020 lalu. Tarif layanan tes mantoux di atas kami rangkum dari situs resmi rumah sakit serta peraturan pemerintah daerah setempat. Biaya tes mantoux tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda merupakan peserta BPJS dan mengikuti prosedur dengan benar, maka biaya tes mantoux dapat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS.

Jika Anda ingin mencoba bentuk tes lain, kini tersedia Tes Cepat Molekuler (TCM). Dengan pemeriksaan TCM ini, dokter bisa mendeteksi adanya infeksi TB dalam tubuh pasien hanya 90 menit. Pemeriksaan ini cenderung lebih praktis dibandingkan dengan tes sputum mikroskopik atau tes dahak yang membutuhkan waktu 6-8 minggu untuk mendapatkan hasil. Akurasi TCM dalam mendeteksi TBC dan TBC resisten mencapai 99 persen dan tidak dipungut biaya bagi peserta BPJS.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC, semoga bermanfaat.

 1,652 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja