Biaya Test Swab atau PCR Covid-19 Seluruh Indonesia

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya Test Swab atau PCR Covid-19 Seluruh Indonesia sebagai berikut:

Beberapa masyarakat ingin memeriksakan diri untuk mengetahui, apakah dirinya terinfeksi corona atau tidak.  Alasannya bermacam-macam, entah karena mengalami gejala corona, sering bepergian ke zona merah, atau sekadar untuk mendapatkan surat pengantar saat hendak bepergian ke luar kota.

Kabar baiknya, beberapa fasilitas kesehatan menyediakan Tes Swab dan Tes PCR gratis, meski sebagian rumah sakit mematok tarif khusus, alias mandiri.

Berikut informasinya:

TES SWAB DAN PCR GRATIS JAKARTA 

Sebagian besar Puskesmas di DKI Jakarta gencar mengambil sampel spesimen untuk dites swab. Pemeriksaan swab test dan PCR ini tidak dikenakan biaya. Hal itu ditegaskan oleh Humas Dinkes DKI Jakarta Irma Yunita, semua biaya gratis asal sesuai hasil pemeriksaan epidemiologi.

“Jika masuk kriteria ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan), maka akan langsung dilakukan swab,” ucap Irma. Puskesmas di Semua Kecamatan DKI Ditarget Gelar 2.230 Tes Swab Tiap Hari
Menurut Irma, jika ada masyarakat yang memiliki gejala COVID-19, bisa mendatangi puskesmas terdekat.

Namun tidak otomatis akan dilakukan tes swab. “Bila merasa memiliki gejala dan atau riwayat kontak dengan pasien positif silakan datang ke puskesmas. Nanti diperiksa dulu,” ucap Irma.

Menurut Irma, puskesmas di DKI Jakarta sedang aktif menjemput bola melakukan tes swab, sehingga bisa mendapat banyak sample spesimen untuk dites swab di laboratorium. “Saat ini puskesmas melakukan active case finding sesuai SE Kadinkes. Jadi petugas datang ke tempat-tempat risiko tinggi penularan seperti pasar-pasar tradisional,” kata Irma.

TES SWAB GRATIS DEPOK

Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok resmi menjadi laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19 berbasis swab PCR sejak Senin (15/6/2020) lalu. Sebelumnya, Kota Depok hanya mengandalkan laboratorium RS Universitas Indonesia dan RS Bhayangkara/Brimob untuk melakukan tes PCR.

Wali Kota Depok Mohammad Idris, berharap dioperasikannya Labkesda Kota Depok sebagai laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19 dapat mempercepat terbitnya hasil tes.

“Sebelumnya memerlukan waktu yang cukup lama. Sejak 15 Juni 2020, telah beroperasi layanan pemeriksaan PCR Covid-19 di Labkesda Kota Depok, semoga kita dapat lebih cepat lagi dalam mendeteksi penyebaran Covid-19 di Kota Depok,” kata dia melalui keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020) malam.

Baca Juga:   Biaya Endoskopi Lambung

Idris menyampaikan bahwa layanan tes swab PCR di Labkesda Kota Depok gratis bagi warga domisili Depok.

Akan tetapi, ada mekanisme tertentu bagi warga untuk mengakses layanan ini di laboratorium yang beralamat di Jalan Raya Bogor KM 33 ini.

Syarat dan ketentuan pertama, calon pasien yang diuji tes PCR di Labkesda Kota Depok harus memiliki indikasi dan rujukan yang telah ditetapkan oleh pemerintaih daerah melalui Dinas Kesehatan Kota Depok.

kedua, peserta tes PCR ini harus terlebih dulu memperoleh status baik orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Ketentuan ini juga berlaku apabila hasil rapid test seseorang reaktif dan berlaku pula secara langsung bagi tenaga kesehatan yang berkontak atau serumah dengan kasus konfirmasi (pasien positif Covid-19).

“Pendaftaran pemeriksaan PCR Covid-19 harus dilakukan melalui puskesmas di wilayahnya masing-masing,” kata Idris.

UPTD Labkesda Kota Depok, Jalan Raya Bogor KM33 No13.

TES SWAB GRATIS SUMATERA BARAT

Ada banyak harapan yang tertumpang pada saat new normal. Sumbatera Barat (Sumbar) misalnya yang berusaha mengembalikan geliat pariwisata. Tentunya upaya itu tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dilaporkan Antara, Pemprov Sumbar menyediakan pemeriksaan tes Covid-19 atau swab test bagi wisatawan yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Penggratisan tes covid-19 itu berlangsung hingga pandemi korona benar-benar berakhir. “Tidak mungkin dibatasi, kan wisatawannya datang terus. Sampai Covid-19 ini benar-benar habis, baru kita stop tes swab gratis di bandara,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ​​​​di Padang, Rabu (10/6).

Pemprov Sumbar sediakan swab test gratis karena kapasitas laboratorium penunjang pemeriksaan Covid-19 cukup memadai. Yakni, di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi.

Di dua laboratorium itu mampu menguji 1.500-2.000 sampel spesimen setiap hari. Tidak hanya itu, kata Irwan, Pemprov Sumbar juga berupaya memenuhi kebutuhan biaya penyediaan reagen pemeriksaan Covid-19 dalam penyelenggaraan layanan pemeriksaan gratis bagi wisatawan yang masuk ked daerah tersebut.

Gubernur itu mengklaim, layanan pemeriksaan Covid-19 gratis bagi wisatawan merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumbar melindungi warga dari risiko penularan Covid-19 dari luar daerah.

Baca Juga:   Biaya Melahirkan di RS Hermina Jatinegara

“Jika nantinya (menurut) hasil tes wisatawan dinyatakan positif COVID-19, maka akan langsung diisolasi. Fasilitasnya bisa masuk dalam paket wisata yang disediakan biro perjalanan,” kata Gubernur. Agar pariwisata menggeliat lagi di Ranah Minang, Pemprov Sumbar memberikan insentif dan fasilitas pendukung.

“Dengan bergeraknya pariwisata, maka seluruh usaha yang berkaitan seperti tempat oleh-oleh, kuliner, hingga hotel kembali beroperasi. Dengan demikian perekonomian diharapkan juga bisa membaik dan mulai ada pemasukan untuk daerah,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan, upaya penggratisan swab test adalah upaya upaya menggairahkan lagi sektor paririwisata di tengah new normal. Tentunya semua elemen yang terkait pariwisata, mulai dari tamu, pelaku industri, pedagang, petugas, dan lain sebagainya wajib memetuhi protokol kesehatan.

Di RS Pusat Pertamina, harga pemeriksaan skrining Covid -19 dimulai dari Rp 75.000 apabila membawa alat rapid test sendiri. Sementara, rapid test IgG dan IgM biayanya adalah Rp 375.000, rapid test (total immunoglobulin) Rp 350.000, dan swab dan PCR ‘personal’ Rp. 2.500.000.

Namun, jika ingin berkonsultasi dengan dokter, RSPP menyediakan 5 paket screening Covid-19, yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Diamond.

2. RS ADVENT BANDUNG 

Bagi warga Bandung dapat melakukan test Covid-19, di RS Advent Bandung.

Di RS tersebut menyediakan rapid test drive thru yang dimulai dengan harga Rp300.000, dan non drive thru seharga Rp368.00.

Sementara untuk PCR Swab digolongkan menjadi dua berdasarkan waktu selesainya hasil pemeriksaan, yakni 3 hari atau 5 hari.

3. RS NASIONAL DIPONEGORO SEMARANG JAWA TENGAH 

Salah satu rumah sakit di Semarang, Jawa Barat yang menyediakan pemeriksaan Covid-19 adalah RS Nasional Diponegoro.

Tak seperti rumah sakit lainnya yang menawarkan berbagai paket pemeriksaan, test Covid-19 di RS Nasional Diponegoro hanya memiliki 1 jenis paket yang termasuk pendaftaran, konsultasi dengan dokter, cek laboratorium, rapid test, dan PCR.

Untuk berbagai fasilitas lengkap yang didapatkan, RS Nasional Diponergoro tergolong menawarkan harga terjangkau, yakni senilai Rp980.000.

Baca Juga:   Biaya Cuci Darah di Rumah Sakit

Lebih lanjut, untuk mengetahui alur Screening Mandiri Covid 19 dapat diakses di laman rsnd.undip.ac.id.

4. SILOAM HOSPITAL DHIRGA SURYA, MEDAN

Siloam Hospital Dirga Surya, Medan juga melayani test Covid-19. Adapun 6 jenis paket yang ditawarkan.

Dari keenam paket test Covid-19 yang ditawarkan pun memiliki biaya beragam, mulai dari 300 ribu sampai dengan Rp6.550.000.

5. HI-LAB DIAGNOSTIC CENTER, YOGYAKARTA

Selain rumah sakit, beberapa klinik juga melayani pemeriksaan test Covid-19, salah satunya Hi-Lab Diagnostic Center di Yogyakarta.

Klinik ini melayani tiga jenis paket, yang mana satu di antaranya dengan program drive thru. Untuk melakukan pemeriksaan bisa menghubungi 0815-6605-658 (WhatsApp).

Itulah 5 di antara rumah sakit dan klinik yang menyediakan tempat pemeriksaan test Covid-19. Untuk mengetahui lokasi test Covid-19 lainnya bisa cek di sini.(*)

 

6. CIPUTRA HOSPITALS TANGERANG DAN JAKARTA

Ciputra Hospitals Kami menghadirkan layanan pemeriksaan Covid-19 dalam bentuk Rapid Test dan PCR (Swab) Test dengan proses pengambilan sampel kurang dari 15 menit!

PAKET SCREENING COVID

COVID Screening – Rapid Test Rp.239.000
COVID Screening – PCR Test (Hasil 3 hari kerja Rp.900.000
COVID Screening – PCR Test (Hasil 2 hari kerja Rp.1.490.000
COVID Screening – PCR Express Test (Hasil 1 hari kerja) Rp.1.890.000

LOKASI :

RS CIPUTRA CITRA RAYA TANGERANG

RS CIPUTRA CITRA GARDEN CITY JAKARTA BARAT

CIPUTRA MEDICAL CENTER JAKARTA SELATAN

7. RUMAH SAKIT PONDOK INDAH JAKARTA

Berikut ini biaya pemeriksaan screening COVID-19 di RS Pondok Indah Group terbaru melalui layanan Drive Thru:

Rapid Test: Rp150.000

Immunoassay: Rp250.000

PCR Swab: Rp2.300.000

Untuk pendaftaran, silakan mengirimkan pesan melalui Whatsapp ke nomor berikut ini:

RS Pondok Indah – Pondok Indah
+62 813 8888 9915

RS Pondok Indah – Puri Indah
+62 813 8888 9916

RS Pondok Indah – Bintaro Jaya
+62 813 8888 9917

Saat ini RS Pondok Indah Group hanya melayani pemeriksaan Swab PCR dengan perjanjian dan pendaftaran sebelumnya.

 70 total views,  5 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja