Biaya Transfer Antarbank di ATM Link (Bank Mandiri, BTN, BNI, BRI)

Bersama ini biaya.info menyampaikan informasi tentang Biaya Transfer Antarbank di ATM Link (Bank Mandiri, BTN, BNI, BRI) sebagai berikut:

Untuk Anda yang menggunakan jasa perbankan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah transfer dana atau uang. Secara umum, kegiatan transfer ini dilakukan dengan memindahkan sejumlah nominal uang dari satu rekening ke rekening yang lain. Selain melalui ATM bank yang sama, transfer antar-bank juga dapat dilakukan lewat ATM Link. Namun, jika menggunakan layanan ini, nasabah akan dikenakan biaya administrasi.

Selain dilakukan melalui layanan teller, kegiatan transfer dana saat ini memang sudah bisa dilakukan melalui media mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Melalui mesin ATM ini, kegiatan transfer dana bisa menjadi lebih mudah dan menguntungkan dibandingkan melalui layanan teller. Namun, masalah mulai muncul ketika tidak semua daerah di Indonesia memiliki mesin ATM untuk suatu bank tertentu.

Baca Juga:   Biaya Virtual Account Bank Mandiri

Karena itu, beberapa bank kemudian membentuk suatu jaringan ATM bersama, semacam ATM Bersama, ATM Prima, dan juga ATM Link. ATM Bersama pertama kali didirikan pada tahun 1990 silam dan sudah beranggotakan setidaknya 87 bank dan lembaga keuangan selain bank yang terhubung melalui lebih dari 49 ribu terminal ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara, berbeda dengan ATM Bersama, ATM Link adalah layanan yang baru didirikan pada akhir tahun 2015 lalu dan hanya melibatkan empat bank milik pemerintah, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI), PT Bank Mandiri Tbk. (Bank Mandiri), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN). Dengan mesin bernama ATM Link Himbara, memungkinkan nasabah keempat bank tersebut untuk bertransaksi dengan tarif lebih murah dibandingkan melalui jaringan ATM Bersama.

Baca Juga:   Biaya Admin BCA per Bulan

Pada tahap awal, sebanyak 50 mesin ATM Link telah disediakan dan tersebar di area Jabodetabek. Kemudian, di tahun 2016, setidaknya ada tambahan 800 unit mesin ATM Link yang ditempatkan di lokasi strategis di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Layaknya transfer dengan mesin ATM lainnya, transfer melalui layanan ATM Link ini juga dikenakan biaya administrasi, seperti biaya transfer antar-bank. Berikut informasi terbaru biaya administrasi ketika melakukan transfer melalui jaringan ATM Link (untuk sekali transaksi).

Biaya Administrasi Transfer ATM Link

Nama Bank Biaya Administrasi
Bank Mandiri Bank Mandiri : Gratis
Bank Himbara : Rp4.000
Bank Lain : Rp6.500
BNI Bank Himbara : Rp4.000
Bank Lain : Rp6.500
BTN Bank Himbara : Rp4.000
Bank Lain : Rp6.500
BRI Bank Himbara : Rp4.000
Bank Lain : Rp6.500

Daftar biaya administrasi transfer via ATM Link di atas kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan dan sumber-sumber lain. Dibandingkan tahun 2020 lalu, biaya transfer tersebut masih belum berubah. Namun, untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI terdekat di sekitar domisili Anda.

Baca Juga:   Biaya dan Persyaratan Membuka Tabungan Haji di Bank

Selain untuk mentransfer uang, jaringan ATM Link ternyata juga dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan tarif tunai dan cek saldo dengan gratis atau tanpa biaya. Sempat berembus rencana bahwa Bank Himbara akan mengenakan biaya administrasi untuk dua aktivitas tersebut. Namun, menurut kabar terbaru per medio Juni , keempat bank sepakat membatalkan rencana itu.

 

 365 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja