Biaya Turun Mesin Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Turun Mesin Mobil, sebagai berikut:

Berapa biaya turun mesin mobil? Turun mesin atau overhaul engine adalah istilah untuk proses pelepasan mesin dari sasis kendaraan untuk selanjutnya diperiksa dan ditangani masalahnya. Perawatan ini adalah bagian dari servis mobil.

Komponen yang diganti saat turun mesin atau overhaul engine sendiri cukup beragam, bisa meliputi piston, stang piston, metal mesin, bergantung pada kerusakan atau kondisi komponen tersebut.

Umumnya terdapat beberapa penyebab sebuah mobil harus turun mesin atau overhaul engine, yaitu:

  • Menggunakan BBM dengan oktan yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.
  • Tidak menggunakan oli mesin sesuai dengan jenis yang direkomendasi pabrikan serta kerap terlambat saat mengganti oli mesin.
  • Tidak menjaga kebersihan saringan udara mesin.

Dalam jangka panjang, kekeliruan dalam pemilihan bensin dan oli akan berakibat kepada kerusakan mesin secara menyeluruh dan tentunya mempengaruhi besaran biaya turun mesin mobil. Maka dari itu, selalu ikuti instruksi di buku manual perawatan atau saran dari montir di bengkel resmi.

Biaya turun mesin mobil dan penggantian spare part

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan servis mobil, mulai dari servis kecil hingga turun mesin akan beragam, tergantung kepada jenis mobil, jasa pengerjaan, dan penggantian komponen.

Baca Juga:   Mau ganti plat nomor kendaraan? Berikut Biaya yang harus dikeluarkan

Tak hanya itu, kualitas spare part juga menentukan harga. Semakin mahal harga sparepart mobil, biaya turun mesin tentu akan meningkat.

Kemudian, tingkat kerusakan juga menentukan besaran biaya turun mesin atau overhaul engine. Semakin parah kerusakan, dan semakin banyak part yang perlu diganti, maka biaya turun mesin mobil akan semakin tinggi.

Biaya turun mesin mobil Avanza

Lalu. berapa estimasi harga atau biaya turun mesin mobil atau overhaul engine? Berikut ini estimasi biaya untuk mobil Toyota Avanza yang bisa dijadikan acuan secara garis besar.

Perbaikan Biaya turun mesin mobil
Ongkos jasa turun mesin mobil Rp2.000.000 -Rp5.000.000
Komponen Rp5.000.000 – Rp10.000.000
Jasa turun mesin mobil Rp3.000.000
Penggantian packing set Rp1.500.000
Penggantian piston Rp1.800.000
Stang piston Rp325.000
Press stang piston Rp150.000
Ring piston Rp450.000
Penggantian engine mounting Rp630.000
Biaya lain (lem silicon, oli mesin, filter oli, oli perseneling, dan gardan) Rp690.000

Biaya turun mesin mobil Carry

Selain Avanza, kisaran biaya turun mesin mobil yang dikutip dari berbagai sumber untuk Suzuki Carry adalah sekitar 200-700 ribuan rupiah. Berikut biaya turun mesin atau overhaul engine mobil Carry secara detail.

Baca Juga:   Biaya Service Power Steering

Secara detail, biaya turun mesin mobil Carry sekitar Rp200.000 hingga Rp350.000 untuk mengganti radiator mobil yang rusak.

Sebab, kerusakan radiator mobil ini menyebabkan overheating. Sehingga, suhu mesin mobil naik tidak terkendali.

Sedangkan overheating adalah salah satu penyebab mobil turun mesin atau overhaul engine. Jika radiator tidak segera diganti, maka komponen mesin bisa rusak secara permanen.

Biaya lebih dari Rp1 jutaan harus disiapkan pemilik Carry untuk penggantian komponen mesin saat turun mesin, akibat habisnya cairan oli dalam mesin mobil.

Jika didapati adanya kebocoran pada komponen oil tank, maka biaya turun mesin mobil Carry menjadi sekitar Rp600 ribuan hingga Rp700 ribuan.

Biaya turun mesin mobil Isuzu Panther

Berikut adalah estimasi biaya turun mesin mobil Isuzu Panther, yang bisa dijadikan patokan untuk menghitung ongkos jasa turun mesin mobil diesel.

Jika diestimasi, rata-rata biaya turun mesin mobil Isuzu Panther adalah sebesar Rp5 jutaan – Rp10 jutaan secara keseluruhan tergantung jenis kerusakannya. Biaya ini adalah kisaran untuk perbaikan di bengkel mobil Isuzu terdekat yang resmi.

Estimasi ongkos jasa turun mesin mobil diesel akan menghabiskan dana Rp5 juta – Rp10 juta secara keseluruhan, tergantung jenis kerusakannya.

Jadi biaya turun mesin mobil Isuzu Panther yang sebaiknya harus disiapkan para pemilik Isuzu Panther untuk adalah Rp16 jutaan, termasuk biaya penggantian komponen-komponen mesinnya. Harga dapat menjadi lebih tinggi, jika kerusakan pada mesin lebih serius.

Baca Juga:   Biaya Jasa dan Harga Cat Carbon

Biaya perbaikan overheat mobil

Saat kendaraan mengalami overheat, beberapa komponen mesin pasti ada yang mengalami kerusakan. Termasuk mesin mobilmu.

Menurut situs gridoto.com, biaya perbaikan overheat mobil dengan bubut beberapa komponen mesin berkisar Rp300 ribu hingga Rp700 ribu. Sedangkan biaya perbaikan overheat mobil akan lebih besar lagi jika harus mengganti komponen-komponen mesin, yaitu sekitar Rp5 juta hingga Rp20 juta.

Biaya perbaikan mobil semacam ini memang sifatnya bisa saja mendadak, jadi kita gak bisa memprediksi kapan akan terjadi. Untuk itu kita harus senantiasa memiliki dana darurat untuk mengantisipasi pengeluaran mendadak.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Turun Mesin Mobil, semoga bermanfaat.

 

 318 total views,  8 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja