Harga Mikroskop Olympus Semua Tipe

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Harga Mikroskop Olympus Semua Tipe, Sebagai berikut :

Olympus selama ini lebih terkenal sebagai produsen kamera analog dan digital lantaran sudah berkecimpung di bidang tersebut selama lebih dari 80 tahun, walau sekarang sudah melepas unit bisnis kamera mereka ke Japan Industrial Partners. Selain kamera, merk asal Jepang ini ternyata juga meluncurkan mikroskop yang berguna untuk mengamati benda dengan ukuran sangat kecil. Sudah dijual secara bebas di pasaran, harga mikroskop keluaran Olympus saat ini mulai belasan juta rupiah.

Anda pasti sudah pernah mendengar alat bernama mikroskop. Berasal dari bahasa Yunani, micron yang berarti kecil dan scopus yang berarti tujuan, mikroskop adalah sebuah alat yang kerap digunakan, terutama oleh peneliti, untuk melihat benda atau objek dengan ukuran yang sangat kecil atau struktur dari suatu material.

Walau fungsinya relatif sama, ternyata mikroskop dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Ada mikroskop optic, dengan cara kerja cahaya lampu yang dibiaskan lensa condenser, lalu sinar mengenai spesimen dan diteruskan oleh lensa objektif. Sinar yang diteruskan lensa objektif ini akan ditangkap oleh lensa okuler dan diteruskan pada mata atau kamera. Mikroskop yang juga kerap disebut sebagai mikroskop cahaya ini memiliki batasan pembesaran, 400 kali hingga 1.400 kali.

Model kedua adalah mikroskop scanner electron, dengan cara kerja sinar dari lampu dipancarkan pada lensa kondensor. Namun, sebelum masuk lensa kondensor, ada pengatur dari pancaran sinar elektron yang ditembakkan. Sinar yang melewati lensa kondensor, diteruskan lensa objektif, lantas diteruskan pada spesimen yang diatur miring pada pencengkeramnya. Spesimen ini disinari deteksi X-ray yang menghasilkan sebuah gambar yang diteruskan pada layar atau monitor.

Baca Juga:   Harga Terkini Exhaust Fan Blower Dapur

Varian Mikroskop Olympus

Saat ini, tidak susah mendapatkan mikroskop karena sudah banyak perusahaan atau merk yang meluncurkan perangkat tersebut, termasuk Olympus. Sebelumnya, Olympus telah terlebih dahulu tenar sebagai produsen kamera analog dan digital, yang diklaim sebagai pemrakarsa sistem four thirds atau dengan konsep 100 persen digital, baik dari teknologi kamera maupun pemakaian lensa.

Di pasaran dalam negeri, sudah ada beberapa tipe mikroskop yang telah diluncurkan. Model pertama dan mungkin yang paling banyak dijual adalah Olympus CX23. Ini adalah mikroskop yang dirancang untuk kemudahan operasional, dilengkapi dengan sejumlah fitur unik sehingga mampu mengakomodasi siswa dan setiap persyaratan dalam pengaturan pendidikan.

Olympus CX23 dikatakan punya genggaman yang ergonomis yang dibuat untuk menambah kenyamanan dan keamanan pengguna saat mengambil alat dari tempat tinggi, seperti wak. Produk ini juga diklaim menjadi salah satu mikroskop dengan bobot paling ringan di kelasnya, sekitar 5,9 kg. Tidak hanya ini, Olympus CX23 sudah dilengkapi dengan lengan berbentuk miring untuk menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral yang nyaman, serta penguncian pin untuk posisi yang lebih aman.

Varian lainnya adalah Olympus CH20, yang disebutkan sebagai mikroskop tingkat klinis untuk siswa dan tingkat awal. Produk ini memiliki kepala melihat teropong dengan 10 kali eyepieces, muncul dengan pembesaran NEA 4 kali, 10 kali, 40 kali, dan 100 kali. Produk sudah memiliki panggung mekanis, kondensor, dan filter biru, serta dijual dengan garansi.

Ada pula Olympus CX33, sebuah mikroskop biologis yang memungkinkan pengguna untuk tetap nyaman selama pengamatan rutin dalam waktu yang lama. Bingkai mikroskop didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan tangan pengguna, sedangkan lokasi kenop kontrol memaksimalkan ergonomi untuk meningkatkan efisiensi kerja. Dengan gerakan minimal, pengguna sudah dapat dengan cepat mengatur spesimen dengan satu tangan, sambil menyesuaikan fokus dan mengoperasikan panggung dengan tangan lainnya. Mikroskop juga dapat menampilkan port kamera opsional untuk pencitraan digital.

Baca Juga:   Biaya Pasang Iklan di Facebook Ads (FB Ads)

Apabila Anda tertarik membeli mikroskop produksi Olympus, tidak sulit mendapatkan alat ini. Pasalnya, Anda sudah mendapatkannya di berbagai toko peralatan laboratorium atau bahkan lewat sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung tipe barang dan kebijakan masing-masing penjual. Berikut referensi harga mikroskop buatan Olympus di pasaran dalam negeri.

Harga Mikroskop Olympus

Tipe Mikroskop Olympus Harga
Olympus CX21 Rp13.500.000 – Rp24.000.000
Olympus CX23 Rp15.500.000
Olympus CX22 Rp18.000.000
Olympus CX33 Rp34.500.000 – Rp53.055.000
Olympus SZ61 Rp37.384.700 – Rp50.396.738
Olympus CX31 Rp40.825.000 – Rp45.900.000
Olympus CX43 Rp50.000.000 – Rp75.500.000
Olympus CX41 Rp65.000.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mikroskop Olympus saat ini di pasaran cenderung naik. Misalnya, mikroskop Olympus CX22 yang semula dijual seharga Rp17 juta, kini berada di angka Rp18 juta per unit. Begitu pula dengan Olympus CX21 yang ikut naik dari kisaran harga Rp11.000.000 sampai Rp13.685.000, sekarang mencapai Rp13.500.000 hingga Rp24.000.000 per unit.

Harga mikroskop produksi Olympus di atas kami dapatkan dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan laboratorium dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga mikroskop Olympus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga perangkat di masing-masing toko kemungkinan bisa berbeda walaupun produk yang ditawarkan sama.

Cara Merawat Mikroskop

  1. Mikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu, dan bebas dari uap asam dan basa. Tempat penyesuaian yang sesuai adalah kotak mikroskop yang dilengkapi dengan silica gel, yang bersifat higroskopis, sehingga lingkungan sekitar mikroskop tidak lembab.
  2. Bagian mikroskop non optik, terbuat dari logam atau plastik, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain flanel. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut, bisa memakai kuas kecil atau kuas lensa kamera.
  3. Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisu lensa yang diberi alkohol 70%. Jangan membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain.
  4. Sisa minyak imersi pada lensa objektif dapat dibersihkan dengan xylol (xylene). Penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini ke bagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.
  5. Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengering. Minyak dan partikel halus pada lensa dapat menyebabkan goresan. Hal ini menurunkan kemampuan lensa. Preparat yang tertinggal di atas meja mikroskop merupakan pertanda jelas suatu kelalaian/kecerobohan.
  6. Sebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).
Baca Juga:   Biaya Pemindahan Tiang Listrik

Pada musim panas dengan kelembapan tinggi dan selama musim hujan pada iklim tropis, jamur dapat tumbuh di mikroskop terutama pada permukaan lensa, bagian berulir, dan lapisan cat badan mikroskop. Hal ini tentu dapat menyebabkan mikroskop akan cepat rusak.

Demikian kami sampaikan informasi Harga Mikroskop Olympus Semua Tipe, Semoga bermanfaat.

 135 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja