Harga Oli Shell Untuk Motor Matic

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Tentang Harga Oli Shell Untuk Motor Matic, sebagai berikut:

Pelumas, atau yang biasa disebut oli, adalah zat kimia berupa cairan yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gesekan. Pelumas ini merupakan salah satu bagian terpenting yang tidak terpisahkan dari suatu mesin atau kendaraan. Fungsi oli secara umum adalah untuk mencegah atau mengurangi keausan.

Fungsi Oli

  • Sebagai pelumas mesin (lubricating). Oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin motor menjadi halus atau memiliki sedikit hambatan. Di samping itu, oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar antar-komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin.
  • Sebagai pelindung mesin. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Nah, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat Anda melakukan pergantian oli mesin sepeda motor.
  • Sebagai pendingin mesin. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen sepeda motor agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (overheat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.
Baca Juga:   Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil

Berdasarkan bahan pembuatnya, oli mesin secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu oli mineral, oli semi-sintetis, dan oli sintetis. Oli mineral diklaim lebih tahan terhadap penguapan, tetapi memiliki kekentalan yang mudah berubah. Sementara itu, oli semi-sintetis lebih cocok digunakan untuk motor-motor keluaran terbaru, sedangkan oli full sintetis baik digunakan untuk motor high-performance, multi-silinder, memiliki kompresi tinggi, atau motor untuk keperluan balap.

Varian Oli Shell untuk Motor Matic

Di pasaran, sudah ada banyak perusahaan yang menyediakan oli untuk motor matic, salah satunya Shell. Oli khusus motor matic ini, seperti dilansir dari Kompas.com, pertama kali diperkenalkan ke pasaran Indonesia pada tahun 2016 lalu. Perusahaan mengatakan, rangkaian pelumas khusus motor matik ini didesain untuk melindungi mesin dari kerja berat, karena lalu lintas perkotaan yang padat.

Baca Juga:   Info Biaya Service Kompresor AC Mobil

Dilansir dari situs resminya, ada beberapa varian oli khusus motor matik yang telah dirilis Shell. Varian pertama adalah Shell Advance 4T AX7 Scooter, yang diklaim sebagai pelumas ideal untuk skuter 4-tak modern yang cenderung mengalami tekanan tinggi dalam pemakaian sehari-hari. Dirancang khusus untuk transmisi otomatis, pelumas ini diklaim meningkatkan kontrol melalui akselerasi yang mulus serta meredam suara dan getaran.

Varian lainnya adalah Shell Advance 4T AX5 Scooter 10W-30 yang dirilis Mei 2017. Produk ini diformulasikan dengan teknologi pembersihan aktif Shell yang dikatakan mampu mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan, selain mengurangi kebisingan dan getaran mesin serta memperpanjang masa pakai mesin kendaraan.

Baca Juga:   Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi & Bengkel Umum

Harga Oli Shell Matic

Varian Oli Shell Harga
Shell Advance AX5 Scooter 10W-30 0,8 L Rp40.000
Shell Advance 4T AX5 Scooter 20W-40 0,8 L Rp41.872
Shell Advance AX7 Scooter 10W-40 0,8 L Rp46.900
Shell Advance AX7 Scooter 10W-30 0,8 L Rp46.900
Shell Advance 4T AX7 Scooter 10W-40 0,8 L Rp52.500
Shell Advance Ultra 10W-40 1 L Rp109.999
Shell Advance Ultra Scooter 5W-40 1 L Rp116.915

Demikian kami sampaikan informasi Tentang Harga Oli Shell Untuk Motor Matic, semoga bermanfaat.

 151 total views,  4 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja