Harga Perkutut Songgo Ratu

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Tentang Harga Perkutut Songgo Ratu, sebagai berikut:

Burung adalah salah satu hewan yang paling populer untuk dipelihara. Burung digemari banyak orang lantaran punya bulu dengan warna yang indah dan serta suara kicauan yang merdu. Mendengar kicauan burung ketika jenuh dengan aktivitas sehari-hari diklaim dapat membantu mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi tenang.

Banyak jenis burung yang dapat dipelihara di rumah, dan salah satu mungkin yang paling populer adalah burung perkutut. Seperti disinggung di atas, perkutut adalah spesies burung yang masih berada dalam keluarga Columbidae dari genus Geopelia. Punya nama latin Geopelia striata, perkutut secara umum memiliki tubuh berukuran kecil, sekitar 22 cm, dengan bodi yang ramping dan ekor yang panjang.

Perkutut termasuk burung yang jinak sehingga manusia bisa mendekatinya dengan mudah. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu hewan peliharaan. Meski demikian, jika perkutut merasa terancam, ia akan langsung terbang ke pohon yang tidak jauh dari tempat asalnya.

Baca Juga:   Biaya Sewa Drone (Jam, Harian, Mingguan) Terbaru

Bagi masyarakat yang mendalami budaya Jawa, perkutut merupakan salah satu hewan dengan kasta tertinggi. Orang Jawa zaman dahulu percaya apabila seseorang tidak bisa dikatakan sebagai pria sejati jika belum memiliki burung perkutut. Ini berhubungan dengan kelengkapan prinsip seorang pria Jawa sejati yang disebut “limo wasto”, yakni wisma (rumah), garwa (istri), curigo (keris atau senjata andalan), turonggo (kuda), dan serat (burung) yang diwakili oleh perkutut.

Tidak cuma itu, burung perkutut juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Jenis yang membawa tuah adalah yang membuat sang tuan tenang dan senang. Orang Jawa percaya bahwa perkutut jenis songgo ratu, lurah, perkutut hitam, perkutut putih, dan daringan adalah yang bisa membuat beruntung, entah itu dalam hal kesehatan, kekayaan, bahkan menjadi penangkal listrik.

Baca Juga:   Jenis dan Harga Trenggiling Terbaru

Ciri Perkutut Songgo Ratu

Nah, dari sekian banyak jenis perkutut yang ada, mungkin songgo ratu adalah jenis yang paling terkenal. Perkutut songgo ratu diyakini sebagian orang sebagai titisan seorang putra raja Bali di zaman Kerajaan Majapahit yang dikejar-kejar musuhnya dan melarikan diri ke Desa Tutul di Banyuwangi. Ia mati terbunuh dan lantas berubah menjadi perkutut dan diberi nama perkutut songgo ratu, dengan ciri khas jambul berwarna putih di kepala yang menyerupai mahkota.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, secara umum, ciri perkutut songgo ratu, seperti disinggung di atas, punya jambul berwarna putih berjumlah satu helai atau lebih di atas kepalanya yang sekilas mirip mahkota. Perkutut songgo ratu juga memiliki ukuran tubuh yang lebih ramping dan kecil dibandingkan varian lainnya, paruh dan kaki berwarna kehitaman, warna bulu putih kehitaman, dan suara yang tidak begitu nyaring.

Baca Juga:   Harga Meja Billiard Murrey Superior 7 Feet Baru

Dengan segala mitos yang menyertainya, burung perkutut songgo ratu memang sering dicari. Karena itu, tidak heran jika kemudian harga unggas ini bisa sangat mahal. Bahkan, ada sejumlah pedagang atau pemilik yang menjual perkutut songgo ratu dengan harga mencapai angka puluhan juta rupiah. Sebagai referensi, berikut kisaran harga perkutut songgo ratu di pasaran dalam negeri.

Harga Perkutut Songgo Ratu

Usia Perkutut Songgo Ratu Harga
Perkutut Songgo Ratu Anakan Rp700.000 – Rp850.000 per ekor
Perkutut Songgo Ratu 1 Tahun Rp3.750.000 per ekor
Perkutut Songgo Ratu Silver Rp5.000.000 – Rp10.000.000 per ekor
Perkutut Songgo Ratu Rawatan Rp28.150.000 per ekor

Demikian kami sampaikan informasi Harga Perkutut Songgo Ratu, semoga bermanfaat.

 413 total views,  8 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja