Harga Terbaru Cabe Carolina Reaper di Pasaran

Berikut ini biaya.info menyampaikan Harga Terbaru Cabe Carolina Reaper di Pasaran, Sebagai berikut:

Bagi Anda pencinta makanan pedas, pastinya hambar rasanya jika makan tanpa cabe. Saat ini, sudah ada banyak varietas cabe yang dikembangkan oleh petani demi memenuhi keinginan konsumen ini. Nah, salah satu jenis cabe yang menjadi primadona para pencinta pedas adalah cabe carolina reaper, meski harganya tergolong tidak murah.

Carolina reaper adalah jenis cabe hibrida dari Amerika Serikat yang kini tengah naik daun. Popularitas cabe ini meningkat setelah dinobatkan sebagai cabe terpedas di dunia. Penemunya, Ed Currie, menghasilkan Carolina Reaper dengan mengawinkan 9 jenis cabe dari Asia dan 1 cabe dari Karibia.

Cabe carolina reaper selain dikenal memiliki rasa lebih pedas dibanding cabai jenis lainnya, juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C cabe carolina tidak mudah hilang, meskipun cabe diolah menjadi cabe bubuk atau dimasak menggunakan api yang panas. Karena keistimewaannya tersebut, banyak orang yang akhirnya tertarik mencicipi pedasnya cabe carolina reaper.

Untuk mendapatkan cabe carolina reaper, Anda sebenarnya tidak harus membelinya di supermarket. Bagi Anda yang ingin hemat sekaligus mendapatkan untung, Anda bisa menanamnya sendiri di rumah. Cara menanam cabe carolina reaper juga tidak sulit dan cukup sederhana. Berikut cara budidaya cabai carolina yang dapat diaplikasikan di rumah.

CARA MENANAM CABE CAROLINA REAPER

Langkah pertama menanam cabe carolina reaper, yaitu dengan menyiapkan benih cabe. Anda bisa mendapatkan benih cabe dengan membelinya di toko benih atau koperasi tanam. Jika Anda kesulitan membeli benih di toko, Anda bisa mendapatkannya dengan lebih praktis, yakni membeli buah cabe carolina reaper di pasar.

Baca Juga:   Harga Mesin Digital Printing A3 Plus

Pilihlah buah cabe yang sudah tua dan berwarna merah. Potong bagian tengah buah cabe secara perlahan agar tidak banyak biji yang teriris. Keluarkan biji cabe menggunakan tangan atau pisau secara perlahan. Setelah itu, sortir biji cabe yang berkualitas dengan memilih biji yang tidak terpotong. Biji cabe harus diletakkan di kertas yang bersih dan ditata rapi agar biji tidak saling menempel. Biarkan biji berada di kertas selama 2 hari hingga 3 hari, hingga biji mengering.

Setelah kering, lakukan uji kelayakan tanam dengan merendam biji cabe ke dalam air. Buanglah biji cabe yang mengapung dan semai biji cabai yang tenggelam. Untuk menyemai biji cabe carolina reaper, tidaklah sulit. Anda hanya perlu menaburkannya di atas media semai. Media semai bisa dibuat dari polybag atau tray semai. Isi media semai dengan sekam bakar, pupuk, dan tanah dengan perbandingan 1:1:2.

Setelah Anda menyemai biji cabe carolina reaper, rawatlah biji hingga menjadi bibit. Benih cabe biasanya akan menjadi bibit 14 hari setelah masa semai, atau Anda bisa memperhatikan jumlah daun yang tumbuh. Bibit yang siap dipindahkan adalah bibit yang memiliki daun tumbuh sebanyak 3 helai hingga 5 helai.

Baca Juga:   Biaya Pembuatan Taman Minimalis Per Meter Terbaru

Siapkan media tanam, Anda bisa menggunakan polybag atau pot. Sebelumnya, isi media tanam dengan campuran tanah, kompos, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1. Setiap pot berukuran sedang bisa ditanami 1 hingga 2 bibit cabe. Buatlah lubang tanam dengan jarak 7 cm dan kedalaman 3 cm. Tanamlah bibit dengan meletakkannya dalam posisi seperti huruf “L”. Tutup lubang tanam dan padatkan sedikit tanah di sekitarnya agar bibit dapat tumbuh dengan kokoh. Agar bibit tidak mudah roboh atau tumbuh bengkok, letakkan tiang pancang yang terbuat dari bambu atau kayu di pinggir bibit. Tiang pancang bisa ditancapkan saat Anda menanam bibit atau pada saat bibit berusia 14 hari.

Setelah Anda menanam cabe carolina reaper, Anda juga harus melakukan perawatan hingga panen. Perawatan tanaman cabe meliputi pembersihan gulma pada media tanam setiap minggu, penyiraman tanaman ketika tanah mulai mengering, pemupukan lanjutan setiap minggu, dan pemberantasan hama dan penyakit menggunakan pestisida organik atau obat tanaman.

Cabe carolina reaper umumnya bisa dipanen dalam waktu 2 bulan hingga 3 bulan setelah masa semai. Anda bisa memilih cabe carolina reaper yang berwarna hijau atau merah. Cabe carolina reaper hijau memang sudah pedas, tetapi rasanya masih tidak sepedas dan sepanas cabe carolina reaper merah.

Sortir hasil panen Anda yang akan dikonsumsi dan dijual di pasaran. Namun, sebelum menjual cabe, tentunya Anda juga perlu mengetahui harga cabe carolina reaper di pasaran. Sebagai informasi terbaru, berikut kami sajikan daftar harga cabe carolina reaper di pasaran Indonesia untuk saat ini.

Baca Juga:   Cara Budidaya dan Harga Aglonema Red Sumatra Per 28 April 2021

HARGA CABE CAROLINA REAPER

Kemasan Cabe Carolina Harga
Benih cabe carolina kuning isi 10 biji Rp5.000
Benih cabe carolina reaper isi 10 biji Rp15.000
Cabe carolina reaper yellow (kuning) per buah Rp18.000
Cabe carolina reaper segar per buah Rp25.000
Bibit cabe carolina reaper dewasa Rp40.000
Cabe carolina reaper purple per buah Rp75.000
Cabe carolina reaper kering 25 gram Rp100.000
Cabe carolina reaper segar 1 kg Rp750.000

Harga cabe carolina reaper di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa online shop. Perlu Anda catat bahwa harga cabe ini dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, jika dibandingkan penawaran tahun sebelumnya, harganya relatif stabil. Benih cabe carolina reaper isi 10 biji misalnya, masih dijual Rp15 ribuan, sedangkan harga cabe carolina reaper segar sedikit naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribuan per buah.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Harga Terbaru Cabe Carolina Reaper di Pasaran, semoga bermanfaat.

 276 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja