Kisaran Biaya Hidup di Malang

Berikut kami informasikan mengenai biaya hidup di Malang, sebagai berikut:

Malang merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan utama para pelajar yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pasalnya, di kota beriklim sejuk tersebut, ada banyak perguruan tinggi unggulan yang layak untuk dijadikan tempat untuk menuntut ilmu. Namun, sebelum mulai ‘mengembara’ ke Kota Malang, ada baiknya Anda mengetahui kisaran biaya hidup yang dibutuhkan selama tinggal di kota tersebut.

Biaya Hidup di Malang

Menurut salah satu mahasiswa asal Cilegon yang pernah kuliah di Malang, rata-rata biaya hidup di Malang adalah sekitar Rp1 jutaan per bulan. Meski demikian, kurang dari Rp1 juta per bulan mungkin bisa kalau Anda bisa mengelola keuangan. Karena dulu, pada sekitar tahun 2014-an, ada seorang mahasiswa yang mengaku hanya menghabiskan biaya Rp750 ribuan untuk sebulan.

Baca Juga:   Sistem Biaya Bagi Hasil Go-Food & Cara Daftarnya

Dengan uang Rp1 jutaan, memang mahasiswa harus bisa menerapkan gaya hidup berhemat. Dengan berhemat, Anda bisa membeli lalapan ayam dengan harga Rp9 ribu sampai Rp10 ribuan untuk sekali makan, dan tempe atau tahu dengan harga Rp6 ribuan. Jika ingin lebih berhemat, bisa memasak nasi sendiri dengan membeli beras per bulan dan hanya membeli lauk untuk makan.

Sementara itu, Nino Paulus Sitepu, mahasiswa berumur 22 tahun asal Pematangsiantar, Sumatera Utara, menuturkan bahwa ketika di Malang pada tahun 2017, ia masih bisa makan nasi telur plus sayur dengan harga sekitar Rp5 ribu, atau Rp8 ribuan jika lauk naik sedikit menggunakan sepotong ayam. Sementara, pengeluaran bulanan yang dibutuhkan sebesar Rp1 jutaan, dengan uang saku kiriman orang tua yang sebesar Rp1,5 jutaan.

Baca Juga:   Biaya Mitra Paytren Dan Caranya

Untuk tempat tinggal di Kota Malang, pengalaman Vina Anggraini, mahasiswi Universitas Brawijaya, bisa dijadikan rujukan. Ia lebih memilih menyewa atau mengontrak rumah bersama teman-temannya yang berlokasi di dekat kampus. Untuk menyewa rumah pada tahun 2017 lalu, dirinya mengaku mesti membayar tarif Rp3,4 juta per tahun, dari total tarif Rp24 juta setahun yang dibagi bersama teman-temannya, selain menanggung biaya listrik, air, dan internet yang masing-masing orang juga mesti patungan Rp50 ribuan per bulan.

“Sebelum menyewa rumah, saya sudah gonta-ganti kamar kost. Awalnya, saya menempati kamar kost dengan biaya Rp650 ribu per bulan, kemudian pindah ke rumah kontrakan dengan tarif Rp20 jutaan per tahun,” kata Vina. “Setelah itu, kembali lagi menyewa kamar kost dengan biaya sewa Rp650 ribu dan Rp700 ribu per bulan.”

Baca Juga:   Biaya Isi Freon AC Mobil

Kisaran Biaya Hidup di Kota Malang

Komponen Biaya Besaran Biaya
Biaya Makan Rp15.000 – Rp25.000 sekali makan
Biaya Tempat Tinggal Rp700.000 – Rp1,5 jutaan per bulan (kamar kost)
Rp3 jutaan – Rp6 jutaan per bulan (apartemen)
Rp17 jutaan – Rp50 jutaan per tahun (kontrak rumah)
Transportasi Rp4.000 sekali jalan (angkutan umum)
Biaya Listrik, Air, Internet Rp200.000 per bulan
Biaya Hiburan Rp250.000 per bulan (tergantung gaya hidup)

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 30 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja