Biaya Pemeriksaan MRI di Rumah Sakit

Di bawah ini Pusat Informasi Biaya menyampaikan tentang Biaya Pemeriksaan MRI di Rumah Sakit sebagai berikut:

Biaya Pemeriksaan MRI di Rumah Sakit


MRI kepanjangannya adalah Magnetic Resonance Imaging adalah suatu alat diagnostik canggih yang digunakan untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa operasi, penggunaan sinar X, atau bahan radioaktif.

Pemeriksaan MRI dapat menghasilkan gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu yang singkat dan tidak menimbulkan radiasi, sehingga relatif aman untuk ibu hamil, bayi, atau orang lanjut usia (lansia).

Dibandingkan x-ray atau CT scan, MRI lebih jelas dan sensitif untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh, seperti otak, sumsum tulang belakang, susunan saraf, otot, ligamen, tendon, tulang rawan, ruang sendiri seperti pada kasus cedera lutut atau cedera sendi bahu. Selain itu MRI juga berfungsi untuk evaluasi anatomi dan kelainan dalam rongga dada, payudara, organ-organ dalam perut, pembuluh darah, hingga jantung.

Pada prinsipnya prosedur tes MRI memang tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit, kerusakan jaringan, atau lain sebagainya. Akan tetapi, karena menggunakan medan magnet yang besar, maka ketika pemeriksaan berlangsung bisa berpotensi menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Oleh sebab itu, sebelum menjalani pemeriksaan MRI, biasanya dokter meminta pasien melepaskan benda-benda yang terbuat dari logam seperti aksesoris maupun benda-benda logam yang ditanam dalam tubuh (implan) seperti clip pasca aneurisma, pacemaker pada jantung, alat bantu dengar, gigi palsu, dan sebagainya agar tidak membahayakan diri mereka sendiri.

Sebelum menjalani prosedur MRI, biasanya Anda akan diminta untuk mengisi selembar kertas atau kuesioner yang menanyakan tentang riwayat kesehatan dan operasi yang pernah dijalani sebelum pemeriksaan MRI. Seperti halnya pemeriksaan CT scan, dalam beberapa kasus dokter juga perlu menyuntikkan cairan contrast (kontras) untuk memperjelas kelainan yang ada dalam tubuh. Jika menggunakan kontras, maka Anda harus puasa dan tidak mengkonsumsi makanan padat 4 jam sebelum MRI.

Sebagian besar rumah sakit saat ini menggunakan alat MRI Tesla 1.5 yang prosedur pemeriksaannya menghabiskan waktu antara 30-45 menit saja. Namun ada juga rumah sakit yang telah memakai MRI generasi terbaru yang lebih canggih, yakni MRI Tesla 3. MRI Tesla 3 diklaim dapat memberi diagnosis yang lebih efisien dan jelas dibanding pendahulunya.

Biaya untuk pemeriksaan MRI memang cukup mahal. Sebagai referensi, di RS Mayapada Hospital tahun lalu biaya MRI Whole Spine Non Contrast bisa mencapai Rp 4,7 jutaan, sedangkan untuk MRI Brain alias otak + MRV Non Contrast biayanya sekitar Rp 3,5 jutaan. Kemungkinan saat ini biayanya bisa lebih mahal dari itu. Namun ada juga beberapa rumah sakit yang hanya mengenakan biaya antara Rp 2-3 jutaan saja.

698 total views, 2 views today