Biaya Terbaru Pernikahan, Mulai Penghulu Hingga Dokumentasi

Setiap orang menganggap pernikahan merupakan sebuah momen sakral yang hanya berlangsung sekali seumur hidup. Oleh sebab itu segala hal yang berkaitan dengan pernikahan pasti akan dipikirkan secara matang oleh tiap pasangan. Bagi para pasangan muda biasanya mengidamkan sebuah resepsi pernikahan berkesan yang akan mereka ingat seumur hidup.

Meski demikian, mengadakan pernikahan yang sesuai dengan impian ternyata tidak mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari kesiapan mental, kesehatan, hingga biaya. Beberapa pasangan memang masih ada yang sebagian besar biaya pernikahannya masih didukung oleh orang tua. Namun bagi Anda yang ingin lebih mandiri dan membiayai segala keperluan menikah dengan biaya sendiri, maka Anda bisa menyimak beberapa informasi lengkap seputar perencanaan pernikahan berikut ini.

Bridestory, website yang khusus membahas tentang persiapan pernikahan tahun 2017 meluncurkan 2017 Indonesia Wedding Trends Report yang merupakan survei dari sekitar 5.000 pasangan menikah dan akan segera menikah di Indonesia seputar kisaran biaya pernikahan yang dibutuhkan berdasarkan jumlah tamu yang diundang. Berikut ini perkiraan biaya menikah berdasar jumlah undangan dari survei Indonesia Wedding Trends Report yang diadakan Bridestory.

Biaya Menikah Berdasarkan Jumlah Undangan

Jumlah Tamu Undangan Kisaran Biaya Pernikahan
Kurang dari 50 orang Rp25 juta – Rp40 juta
50-100 orang Rp30 juta – Rp70 juta
101-300 orang Rp70 juta – Rp150 juta
301-500 orang Rp150 juta – Rp300 juta
501-1.000 orang Rp250 juta – Rp600 juta
Lebih dari 1.000 orang Di atas Rp600 juta

Keterangan:
Kisaran biaya tersebut sudah termasuk kebutuhan pokok seperti gedung, dekorasi, katering, make-up, fotografer, undangan, souvenir, dsb. Namun belum termasuk jasa foto prewedding luar negeri, jasa desainer, bulan madu, dan perhiasan.

Perlu diingat, biaya nikah mengalami kenaikan setidaknya 20% per tahun. Jika melihat perkembangan pada 2021 ini, biaya pernikahan dengan jumlah tamu undangan tersebut tentu mengalami perubahan. Namun, perubahan biaya pernikahan tergantung dari cara Anda mengatur budget sesuai kebutuhan. Agar lebih mengetahui perkiraan biaya pernikahan yang lebih detail, berikut ini kami rinci berbagai jenis pengeluaran dalam sebuah pesta pernikahan terbaru pada 2021.

Biaya Nikah di KUA

Sebelum berpikir jauh seputar pesta resepsi pernikahan hingga honeymoon, hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak menikah adalah pergi ke Kantor Urusan Agama alias KUA untuk mencatat pernikahan Anda secara sah. Pada dasarnya menikah di KUA tidak ditarik biaya alias gratis. Namun bila Anda meminta penghulu datang ke rumah, maka Anda akan dikenai biaya sekitar Rp600 ribuan. Biaya tersebut sampai 2021 terpantau tidak mengalami perubahan sejak 2019 dan 2020 lalu.

Selain membayar penghulu, calon mempelai wanita juga dikenai biaya tambahan Rp100.000 untuk pemeriksaan kesehatan. KUA juga biasanya akan meminta bibit pohon untuk dikumpulkan di KUA tempat domisili calon mempelai wanita. Untuk itu, Anda sebaiknya menyiapkan dana lebih agar tidak menemui kendala pada hari H.

Biaya Menikah di Tempat Ibadah

Tempat ibadah juga kerap digunakan sebagai lokasi pernikahan setiap pasangan. Jika Anda ingin melakukan akad nikah di masjid, Anda cukup menyiapkan dana untuk kas masjid saja. Besarnya berapa merupakan kebijakan masing-masing takmir masjid, atau sesuai kerelaan dan kemampuan Anda.

Berbeda jika Anda akan melakukan pemberkatan di gereja. Biaya yang dikeluarkan sebenarnya juga tergantung kerelaan dari mempelai, namun juga tergantung kebijakan masing-masing gereja. Ada yang bisa mencapai Rp7.000.000 jika memilih beragam venue atau bisa hanya membayar administrasi gereja, pendeta, sampai ke catatan sipil dengan total hanya Rp2.000.000 saja.

Biaya Sewa Gedung Pernikahan

Menikah di rumah mempelai wanita memang lebih hemat dan terkesan lebih privat. Namun sebagian pasangan yang ingin mengundang banyak tamu biasanya lebih memilih menggelar acara pernikahan di gedung. Sebelumnya pastikan untuk survei terlebih dahulu gedung pernikahan yang hendak Anda sewa agar bisa memperoleh fasilitas dan harga terbaik. Pastikan untuk menyesuaikan kapasitas gedung dengan jumlah tamu undangan Anda.

Sebagai contoh, biaya sewa gedung di Kota Yogyakarta pada 2020 ditaksir mulai Rp3 jutaan, tergantung daya tampungnya. Berbeda pada 2019 lalu, biaya gedung hanya dibanderol mulai Rp2 jutaan. Sementara itu, untuk gedung mewah atau jika Anda menyewa di hotel kisaran budget yang harus dikeluarkan dapat mencapai Rp20 juta sampai Rp30 juta. Biasanya menyewa gedung saat weekend (akhir pekan) akan dikenai rate lebih mahal dibandingkan menyewa saat hari kerja.

Biaya Katering Pernikahan

Meski sepele, jasa catering menjadi salah satu kebutuhan utama dalam sebuah pernikahan. Ini pula yang menyebabkan budget pernikahan seseorang terkadang bisa membengkak. Jika Anda ingin mengundang sekitar 1.000 tamu, maka Anda setidaknya perlu menyiapkan dana Rp30-35 jutaan untuk katering saja. Jika Anda menggelar akad nikah secara terpisah dengan mengundang sekitar 100 tamu, maka setidaknya Anda harus menyediakan budget sekitar Rp2,5 jutaan.

Biaya tersebut sampai 2021 terpantau stabil dibandingkan tahun 2019 dan 2020 lalu. Meski begitu, biaya katering dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan jasa katering yang Anda pilih. Biasanya beberapa jasa katering dapat menyesuaikan budget Anda dengan pilihan menu yang nanti disajikan. Semakin sederhana menu yang dipilih, tentu akan lebih murah biayanya.

Biaya Rias Pengantin

Dalam sebuah pernikahan, jangan melupakan aspek make-up alias rias pengantin. Jika Anda memiliki kenalan teman yang memang andal dalam merias, Anda bisa menggunakan jasanya. Sebab calon mempelai pria biasanya tak perlu dirias terlalu berlebihan selain bedak atau dirapikan rambutnya. Kemudian untuk baju pengantin, sebaiknya Anda menyewa saja. Pasalnya Anda tak mungkin mengenakan baju pengantin Anda untuk yang kedua kalinya.

Biasanya jasa sewa gaun pengantin sudah termasuk dengan rias pengantin berada pada kisaran Rp8 jutaan untuk sederhana. Jika ingin lebih glamour Anda dapat mengeluarkan biaya Rp15 juta lengkap dengan hand bouquet. Biaya tersebut tidak mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun 2019 dan 2020 lalu. Pastikan untuk menyesuaikan baju pengantin, riasan, dan dekorasi resepsi pernikahan Anda. Tetapi jika Anda berinisiatif untuk menjahit sendiri gaun pengantin Anda, biaya yang dapat ditekan sekitar Rp3 juta dari total keseluruhan.

Biaya Cetak Undangan & Souvenir Pernikahan

Undangan pernikahan saat ini bukan hanya dalam bentuk cetak saja. Anda bisa lebih menghemat biaya pernikahan dengan menyebarkan undangan dalam format digital lewat media sosial. Undangan dalam format cetak mungkin bisa Anda berikan untuk kerabat orang tua atau atasan Anda. Dengan menggunakan undangan digital, Anda setidaknya bisa menghemat biaya cetak undangan hingga separuhnya. Biaya cetak undangan pada 2021 berkisar antara Rp5 ribuan hingga Rp10 ribuan per lembar, tergantung desainnya.

Sedangkan untuk suvenir atau cenderamata, Anda lebih baik membelinya di toko-toko grosir. Pilihlah souvenir yang bermanfaat dibandingkan hanya sebuah pajangan. Ada berbagai jenis souvenir yang bisa Anda pilih, mulai dari aksesoris, peralatan makan, alat tulis, parfum, dan masih banyak lagi jenis souvenir lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan souvenir berupa tatakan gelas. Harga satuannya sendiri hanya sekitar Rp3 ribuan.

Biaya Fotografer Wedding

Pilihan Paket Dokumentasi Wedding Harga (Rp)
Paket Foto Wedding only Mulai 1.000.000 – 1.750.000
Paket Foto dan Video Shooting Mulai 2.350.000 – 3.850.000

Harga di atas sebagai referensi untuk biaya fotografer pernikahan pada 2021 yang bersumber dari salah satu jasa foto wedding Khayraphoto. Tahun ini rupanya paket dokumentasi pernikahan mengalami kenaikan, khususnya untuk dokumentasi foto dan video. Sebelumnya, paket foto dan video shooting dipatok mulai Rp2,1 juta sampai Rp2,6 juta, tetapi sekarang berkisar mulai Rp2,35 juta hingga Rp3,85 juta untuk dokumentasi yang bernuansa cinematic.

Para calon pengantin biasanya menyewa jasa fotografer untuk sesi foto prewedding sekaligus foto saat resepsi pernikahan. Pastikan Anda telah menemukan vendor fotografer terbaik yang sesuai dengan budget dan keinginan Anda bersama pasangan.

Umumnya, jasa fotografer lengkap untuk prawedding berkisar antara Rp3 jutaan hingga Rp9,9 jutaan per hari. Sebagian besar fotografer ada yang menawarkan paket-paket khusus yang bisa Anda sesuaikan dengan budget. Misalnya paket standar, exclusive, glamour basic, glamour pro, gold, dan paket wedding clip lainnya.

Untuk lebih hemat, Anda bisa memilih biaya pernikahan dalam bentuk paket all in one. Sehingga, pengantin dan keluarga hanya tinggal membayar sejumlah nominal, lalu seluruh keperluan pernikahan nantinya (rias, dekorasi, busana pengantin, katering, hiburan, hingga dokumentasi) akan diurus oleh Wedding Organizer (WO).

Salah satu pihak yang menyediakan paket pernikahan yaitu Nendia Primarasa. Pihak WO yang berlokasi di Jabodetabek itu membanderol biaya pernikahan mulai Rp130 juta untuk paket reguler dengan jumlah undangan sekitar 600 orang. Sementara, untuk paket premium dengan jumlah tamu mencapai 1000 orang, biayanya sekitar Rp650 juta. Tarif tersebut terpantau belum banyak mengalami perubahan pada 2021.

Di masa new normal ini, alokasi biaya pernikahan tampaknya mulai mengalami perubahan. Pasalnya, jumlah kapasitas gedung atau bahkan tempat ibadah saat menggelar acara pernikahan masih dibatasi. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan, termasuk biasanya keharusan untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu pada para pengunjung yang akan memasuki venue pernikahan.

Loading


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja