Biaya Konsultasi ke Dokter Spesialis Anak di Berbagai Rumah Sakit

Berikut kami informasikan mengenai Biaya konsultasi ke Dokter Spesialis Anak, sebagai berikut:

Memiliki anak memang menjadi sebuah berkah yang tak terkira bagi para orang tua. Selain merawat dan membesarkannya dengan baik, ada suatu momen ketika orang tua akan panik saat buah hati mereka sedang sakit. Sebagian besar orang tua akan memutuskan untuk segera memeriksakan kondisi putra atau putri mereka ke dokter spesialis anak. Tarif konsultasi atau biaya berobat ke dokter anak bisa beragam, tergantung ke dokter mana Anda memeriksakan buah hati Anda.

Mengapa bukan ke dokter umum saja? Ternyata, meskipun sama-sama mengenyam pendidikan di bidang kedokteran, dokter umum dan dokter spesialis anak memiliki kualifikasi yang berbeda. Dokter anak merupakan seorang tenaga ahli yang memiliki ilmu lebih dalam di dunia kesehatan anak alias pediatri.

Untuk memilih dokter anak yang tepat bagi buah hati Anda pun tidak mudah. Pasalnya, sebagian anak kecil pasti akan takut saat dibawa ke dokter dan berhadapan dengan segala peralatan kedokteran. Oleh sebab itu, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membawa anak ke dokter, termasuk kualifikasi dokter yang bersangkutan dan kenyamanan anak.

Baca Juga:   Biaya Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Meskipun memiliki keluhan tertentu, rupanya Anda tidak harus selalu membawa anak untuk pergi ke dokter anak. Apabila buah hati Anda mengalami masalah tertentu yang berhubungan dengan sistem pencernaan, sakit demam, konstipasi, dehidrasi, flu dan batuk, hingga ruam, maka saat itulah Anda bisa memeriksakan mereka ke dokter anak.

Di Indonesia sendiri, dokter spesialis anak mematok tarif yang sangat beragam. Ada beberapa tempat yang tidak memungut biaya sama sekali, alias gratis jika Anda hanya sekadar berkonsultasi. Namun, ada juga beberapa rumah sakit atau klinik yang menarik biaya untuk setiap konsultasi. Sebagai contoh, di kawasan Jakarta misalnya, biaya konsultasi ke dokter anak berkisar mulai ratusan ribu rupiah. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran tarif konsultasi dokter spesialis anak di beberapa kota di Indonesia.

Kisaran Tarif Dokter Anak

Nama Dokter/Klinik/Rumah Sakit Tarif Konsultasi Mulai Dari
dr. Tiurma Lisapine Pangaribuan, Sp.A, M.Sc (RS Karang Tengah Medika Tangerang) Rp102.500
dr. Nina Natalia, Sp.A (Siloam Hospital Balikpapan) Rp145.000
dr. Natalia Kristianti Nugraheni, Sp.A Rp145.000
dr. Fith Dahlan, Sp.A Rp150.000
Dr. dr. Bob Wahyudin, Sp.A, IBCLC, CIMI (Siloam Hospital Makassar) Rp250.000
dr. Irene, M.Sc, Sp.A (Siloam Hospital Denpasar) Rp250.000
dr. Erick Fransisco.Kan, Sp.A (Siloam Hospitals Lippo Village) Rp250.000
dr. MM. Titin Nugraheni Sp.A Rp250.000
dr. Tony Chandra, Sp.A, M.Si. Biomed Rp250.000
dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, MARS (RSIA Citra Ananda Tangerang Selatan) Rp325.000
Prof. dr. Badriul Hegar Syarif, Sp.A(K), Ph,D (Rumah Sakit Premier Bintaro) Rp350.000
Prof. Dr, dr. Hardiono D Pusponegoro, Sp.A (K) Rp400.000
Baca Juga:   Biaya & Limit Transfer Maybank

Tarif konsultasi ke dokter anak tahun 2020 ini tak banyak berubah dari tahun 2019 lalu. Biaya untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak sangat bervariasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh di rumah sakit mana ia praktik. Bagi Anda yang berniat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, setidaknya Anda harus mempersiapkan biaya sekitar Rp150.000 hingga Rp450.000.

Semakin mahal biayanya, umumnya semakin baik pengalaman dan pendidikan seorang dokter spesialis anak. Namun, Anda dianjurkan untuk membawa dana lebih karena mungkin ada biaya tambahan lainnya yang dibutuhkan.

Selain menggunakan dana pribadi, layanan dokter spesialis anak, khususnya di klinik tumbuh kembang anak juga bisa menggunakan BPJS Kesehatan secara gratis. Pemerintah melalui BPJS Kesehatan rupanya menanggung biaya konsultasi dan berbagai tindakan khusus untuk anak-anak dengan gangguan tumbuh kembang. Namun, buah hati Anda perlu menjalani konsultasi atau perawatan di klinik yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan serta mengikuti berbagai prosedur yang ditetapkan supaya tidak dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga:   Biaya Hitung Darah Terbaru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 17 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja