Biaya Kuliah Pascasarjana ITB Program S2 dan S3 Terbaru

Berikut kami informasikan mengenai Biaya kuliah Pascasarjana ITB, sebagai berikut:

Biaya Program Pascasarjana ITB 2020/2021

Fakultas/Sekolah Kelas BPP per Semester (Rp)
Fakultas/Sekolah Non SBM Strata Magister Indonesia Magister Farmasi Industri: 22.000.000Selain Magister Farmasi Industri: 13.500.000
Internasional 35.000.000
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Strata Magister Indonesia 13.500.000
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Strata Doktor Reguler 25.000.000
Non Reguler 41.000.000
Non SBM 15.000.000

*BPP = Biaya Penyelenggaraan Pendidikan per Semester

Jika dibandingkan dengan tahun ajaran 2019/2020 lalu, biaya kuliah pascasarjana ITB tahun 2020 ini mengalami perubahan. Misalnya untuk Magister Farmasi Industri yang sebelumnya Rp13,5 juta, kini naik jadi Rp22 juta. Namun untuk program selain Magister Farmasi Industri, biayanya tetap Rp13,5 juta.

Persyaratan Program Magister Sekolah Pascasarjana ITB

Untuk mendaftar di ITB, Anda perlu memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh kampus. Salah satu syarat utama bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa di ITB, calon mahasiswa Program Magister ITB merupakan lulusan Program Sarjana (S1). Selain itu, calon mahasiswa juga harus dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.

Untuk persyaratan khusus bagi pelamar yang menggunakan Ijazah/Sertifikat Setara Ijazah jenjang D4, calon mahasiswa yang bersangkutan diharuskan mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB. Pelamar Program Magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  • Memenuhi persyaratan nilai kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar yang diakui ITB, yaitu untuk TOEFL IBT (Internet Based Test) minimum sebesar 56/TOEFL CBT (Computer Based Test) minimum sebesar 151/TOEFL ITP minimum sebesar 475/IELTS minimum sebesar 5/ELPT ITB minimum sebesar 77.
  • Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp600.000. Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. Biaya ini masih sama seperti tahun 2019 lalu.
  • Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB sebesar Rp750.000, termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (psikotes), namun tidak termasuk biaya TPA BAPPENAS dan biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS.
Baca Juga:   Informasi Biaya Kuliah S2 Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka UHAMKA Jakarta Tahun 2020

Persyaratan Program Doktor Sekolah Pascasarjana ITB

  • Calon mahasiswa Program Magister ITB merupakan lulusan Program Magister (S2) dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.
  • Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB yaitu TOEFL IBT minimum sebesar 56/TOEFL CBT minimum sebesar 151/TOEFL ITP minimum sebesar 475/IELTS minimum sebesar 5/ELPT ITB minimum sebesar 77, atau memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
  • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, sebesar Rp600.000. Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS.
Baca Juga:   Biaya Kuliah Politeknik Geologi & Pertambangan “AGP”, Bandung

Prosedur Pendaftaran Program Magister & Doktor Sekolah Pascasarjana ITB

Untuk melaksanakan pelamaran, calon mahasiswa dipersilahkan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman usm.itb.ac.id/wp/?page_id=543, dengan mengunggah dokumen persyaratan, antara lain:

  • Ijazah Program Sarjana asli. Calon mahasiswa yang melamar menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru di ITB.
  • Transkrip Program Sarjana asli.
  • Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (Score Report) asli.
  • Sertifikat Nilai TPA/BAPPENAS asli.
  • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan).
  • Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang.
  • Proposal Usulan Penelitian (khusus Program Doktor).
  • Pernyataan tujuan (statement of purpose).
  • Bukti pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru ITB (Institut Teknologi Bandung)

ITB telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk perkuliahan Agustus 2020, yang dimulai sejak 13 April hingga Juni 2020. Calon mahasiswa yang belum melengkapi data dan/atau persyaratan dokumen hingga jadwal tersebut, tidak dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB di program studi tujuannya.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis (STEMBI) Bandung

Sangat penting bagi Anda yang ingin mendaftar di ITB memperhatikan syarat dan ketentuan pendaftaran. Selain itu, jika Anda sudah melakukan pendaftaran administrasi, pastikan Anda mencatat dan mengingat jadwal tes masuk. Untuk jadwal tes, masuk bisa langsung Anda ketahui dari website ITB. Jangan lupa juga untuk mencetak kartu peserta Anda sebelum melangsungkan ujian masuk ITB.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi:

Direktorat Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB

Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari No. 64, Bandung 40116
Telp/fax: 022-2530689, 022-2508519
Email: usmitb@pusat.itb.ac.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 144 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja