Biaya Kuret di Rumah Sakit Setelah Keguguran

Berikut kami informasikan mengenai biaya kuret di Rumah Sakit setelah keguguran, sebagai berikut:

Keguguran, mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Keguguran adalah keluarnya embrio secara spontan dari dalam kandungan sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Keguguran ini merupakan salah satu masalah yang paling ditakuti oleh ibu-ibu hamil karena memutuskan harapan untuk memiliki anak.

Risiko terjadinya keguguran ternyata lebih tinggi dari perkiraan banyak orang. Tercatat bahwa 15 sampai 20 persen perempuan hamil mengalami keguguran. Angka pastinya tidak diketahui karena keguguran juga bisa terjadi pada perempuan yang tidak menyadari kehamilannya. Karena itu, mengetahui gejala-gejala keguguran sangatlah penting bagi ibu hamil beserta pasangannya.

Gejala utama yang sebaiknya diwaspadai adalah munculnya perdarahan atau bercak darah yang biasanya disertai keram pada perut bagian bawah. Di samping perdarahan dan kram, gejala keguguran lainnya meliputi keluarnya cairan atau jaringan (gumpalan darah) dari vagina, serta hilangnya tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara yang sensitif.

Baca Juga:   Biaya Persalinan di Bidan

Perdarahan ringan cukup umum terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan (trimester pertama). Tidak semua perdarahan ringan saat hamil berarti mengalami keguguran. Tetapi, tidak ada salahnya untuk waspada dan segera menghubungi dokter apabila Anda mengalaminya. Namun, jika malang sudah tidak dapat ditolak, maka keguguran bisa saja terjadi pada perempuan hamil.

Ketika melakukan kuret, dokter akan memasukkan alat berbentuk seperti sendok ke dalam vagina. Dokter kemudian membersihkan dinding uterus dari sisa-sisa janin menggunakan alat ini. Caranya adalah dengan mengerok dinding rahim secara melingkar searah jarum jam dengan tujuan agar tidak ada jaringan mati yang tertinggal, karena jika tertinggal, berpotensi menimbulkan infeksi. Prosedur kuret ini memang terdengar mengerikan dan menyakitkan. Karena itu, pasien akan menerima anestesi lokal atau total sebelum tindakan kuret dilakukan.

Baca Juga:   Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan

Tindakan kuret ini bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik-klinik kehamilan. Sementara, untuk biayanya, bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing klinik kesehatan. Berikut kisaran biaya kuret di sejumlah rumah sakit.

Biaya Kuret

Nama Rumah Sakit Biaya Mulai Dari
RS Yadika Pondok Bambu Rp925.575
RS Permata Bekasi Rp1.300.000
RS Immanuel Bandung Rp1.888.000
RS Dinda Tangerang Rp2.059.375
RSU Firdaus Jakarta Rp2.102.500
RS Mulya Tangerang Rp2.273.000
RS Al Islam Bandung Rp2.460.150
RSIA Kirana Sidoarjo Rp3.100.000
RS FMC Bogor Rp3.119.500
RSIA Paramount Makassar Rp6.250.000
RSIA YPK Mandiri Menteng Rp6.600.000
RS Premier Bintaro Rp7.000.000
Primaya Evasari Hospital Jakarta Rp7.000.000
RS Awal Bros Batam Rp7.000.000
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp8.000.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Rp8.620.000
Baca Juga:   Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling)

Siloam Hospitals Lippo Cikarang juga menyediakan prosedur kuret yang dipatok dengan biaya mulai Rp161 ribu hingga Rp482 ribuan. Harga kuret tersebut dibedakan berdasarkan kelas dan tindakan. Belum termasuk biaya rawat inap, konsultasi dokter, dan obat-obatan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, biaya kuret di beberapa rumah sakit tak banyak mengalami perubahan. Kecuali di RS Al Islam Bandung yang sebelumnya Rp2 juta kini agak naik jadi Rp2,4 jutaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya kuret di Rumah Sakit setelah keguguran , semoga bermanfaat.

 41 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja