Biaya Operasi Kista di Indonesia 2020

Kista sendiri termasuk kategori tumor jinak yang dibungkus oleh selaput semacam jaringan. Kumpulan dari sel-sel tumor ini terpisah dari jaringan normal di sekitarnya dan tak akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Karena itu, tumor jinak masih relatif mudah untuk diangkat lewat teknik pembedahan dan tak terlalu berbahaya bagi kesehatan sang penderita.

Penyakit kista ada beragam jenisnya. Jika diklasifikasikan berdasar tingkat keganasannya, kista bisa terbagi dua, yakni non-neoplastik dan neoplastik. Kista jenis non-neoplastik bersifat jinak dan umumnya akan kempis dengan sendirinya dalam jangka waktu 2 atau 3 bulan. Sementara, kista neoplastik cenderung lebih ganas dan harus dioperasi untuk menghilangkannya. Namun, tindakan operasi kista neoplastik sangat bergantung dari ukuran dan sifat kista tersebut.

Baca Juga:   Biaya Vaksin Herpes Zoster Terbaru

Penyakit kista bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja faktor genetik alias keturunan, kemudian siklus haid yang tidak teratur, terjadinya menstruasi pada usia dini (11 tahun atau lebih muda), penderita hipotiroid, kanker payudara, dan sebagainya. Gejala yang ditimbulkan oleh adanya kista pun bisa bermacam-macam, ada yang mengalami menstruasi tidak teratur, sering buang air kecil, ukuran payudara menyusut, kegemukan, hingga sulit memiliki keturunan.

Biaya Operasi Kista

Biaya operasi kista di Indonesia tergolong mahal. Namun, jika Anda termasuk pasien BPJS, Anda bisa memperoleh layanan operasi kista secara gratis tanpa mengeluarkan biaya apa pun jika tindakan operasi tersebut merupakan anjuran dari dokter. Menurut beberapa pasien BPJS, pelayanan yang diberikan oleh dokter terhadap pasien BPJS pun tidak dibeda-bedakan dan perawatannya juga dilakukan secara cermat.

Baca Juga:   Biaya Fisioterapi

Sementara, apabila kebetulan Anda belum terdaftar sebagai anggota dari BPJS, maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk operasi kista cukup besar. Di Rumah Sakit Mitra Keluarga misalnya, biaya operasi kista bisa berkisar Rp24,5 jutaan, belum termasuk biaya kunjungan dokter selama rawat inap dan perawatan setelah rawat inap. Sementara, apabila Anda melakukan operasi kista menggunakan teknik laparoskopi, biayanya berkisar Rp24 juta hingga Rp40 jutaan, bahkan ada yang hingga Rp60 jutaan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, biaya operasi tersebut untuk tahun 2020 ini masih belum banyak berubah.

Agar Anda memperoleh gambaran lebih jelas, berikut ini kisaran biaya operasi kista ovarium di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia.

Nama Rumah Sakit Biaya Mulai Dari (Rp)
RS Permata Bekasi 3.234.000
RS Harapan Mulia Bekasi 3.780.000
RSKIA Sadewa Yogyakarta 5.256.000
RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar 5.300.000
RSU Karisma Subang 7.190.000
RS Citra Medika Depok 9.250.000
RS Sitti Khadijah III Makassar 12.000.000
RS Premier Surabaya 50.000.000
Baca Juga:   Biaya Tambal Gigi Geraham Terbaru

Informasi biaya operasi kista di atas dirangkum dari Alodokter dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 47 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja