Biaya Operasi Patah Tulang 2020

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya operasi patah tulang, sebagai berikut:

Operasi patah tulang atau bedah ortopedi adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah atau penyakit yang terjadi pada sistem gerak tubuh atau tulang.

Biaya operasi patah tulang sekitar Rp1 juta sampai Rp 25 jutaan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya tindakan, obat, rawat inap, dan konsultasinya.

Mengingat harganya yang lumayan, pasien disarankan mempersiapkan biaya lebih sekitar 20 – 30 persen sebagai tambahan manakala dibutuhkan.

Bedah patah tulang

Bedah patah tulang berguna menyembuhkan penyakit atau cedera yang terjadi di tulang, sendi, ligamen, dan tendon.

Kapan seseorang harus menjalani operasi patah tulang

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang menjalani operasi patah tulang yaitu:

  • Radang atau infeksi sendi
  • Luka pada sendi
  • Kerusakan ligamen atau tendon
  • Skoliosis
  • Patah tulang

Umumnya operasi ini dilakukan setelah pengobatan non-bedah tidak mampu mengobati penyakit yang seseorang derita

Kondisi yang perlu diwaspadai sebelum menjalani operasi patah tulang

Setiap prosedur pada operasi patah tulang punya peringatan tersendiri. Pasien diminta berhenti minum obat pengencer darah agar terhindar komplikasi kehilangan darah selama operasi berlangsung.

Jika pasien sedang hamil dan punya rencana untuk hamil, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum dioperasi. Pasien juga diminta memberi tau dokter jika punya alergi terhadap obat atau bahan tertentu.

Baca Juga:   Biaya Spotify Premium Kartu Indosat Ooredoo Terbaru

Terkait persiapan, hal ini sangat tergantung dari jenis tindakan yang akan dilakukan. Biasanya pasien diminta berpuasa sebelum tindakan dan ditemani keluarga saat proses berlangsung, terutama untuk antar jemput pra dan pascaoperasi.

Teknik dan prosedur operasi patah tulang

Masalah yang diderita pasien menentukan jenis tindakan apa yang akan dilakukan. Biasanya, operasi patah tulang merupakan tindakan invasif yang perlu irisan kulit di bagian tulang atau sendi yang akan dioperasi. Setelah itu, irisan kulit tersebut ditutup kembali.

Pada saat operasi patah tulang berlangsung, pasien ditempatkan di atas meja operasi. Posisinya disesuaikan dengan bagian tulang yang akan dioperasi. Tenang saja, selama operasi, pasien akan disuntikan obat bius lokal, setengah badan atau total sesuai keperluan.

Selanjutnya, dokter akan membuat irisan kulit atau insisi di bagian lokasi tulang yang cedera. Insisi ini dilakukan sesuai dengan jenis operasinya.

Setelah insisi, dokter akan melakukan operasi sesuai prosedur. Lama operasi patah tulang tergantung dari kesulitan teknik yang digunakan dan tingkat keparahan masalah yang diderita. Jika tindakan selesai, maka dokter akan menutup insisi dengan jahitan dan perban steril agar steril.

Baca Juga:   Harga Kursi Roda Traveling dalam Berbagai Merek Terbaru

Sebagai tahap pemulihan, pasien akan dibawa ke ruang perawatan sebagai bentuk pemulihan pasca tindakan. Pemasangan gips memungkinkan untuk dilakukan agar tulang tidak bergerak apalagi setelah pemasangan pen.

Yang harus dilakukan setelah operasi patah tulang

Setelah menjalani perawatan, pasien diperbolehkan pulang. Selama waktu tersebut, pasien diminta beristirahat dan menjaga tulang yang sudah dioperasi untuk tidak meminimalisir gerak.

Di bagian yang dioperasi, akan timbul rasa nyeri dan bengkak. Tenang aja, ada obat pereda nyeri dan antibiotik yang akan diberikan dokter agar tidak infeksi.

Lagi-lagi, waktu pemulihan sangat tergantung jenis tindakan yang dilakukan. Selama waktu pemulihan, pasien akan menjalani check-up. Jika merasakan gejala infeksi seperti demam tinggi atau bengkak dan kemerahan di lokasi operasi, pasien diminta untuk segera menghubungi dokter.

Risiko operasi patah tulang

Sejumlah risiko komplikasi akan dirasakan pasien di lokasi operasi seperti infeksi, jaringan yang rusak dan darah menggumpal. Selain itu, alergi obat bius dan pendarahan dan rusaknya pembuluh darah.

Biaya operasi patah tulang tahun 2020

Sejumlah rumah sakit mematok harga yang bervariasi tergantung dari jenis tindakan dan peralatan yang digunakan. Lifepal punya rekomendasi daftar estimasi biaya operasi patah tulang terbaru di sejumlah rumah sakit, nih.

Baca Juga:   Biaya Pembuatan Waterpark 2020
Rumah Sakit Estimasi Biaya
Rumah Sakit Sumber Waras Rp8,8 juta
RS EMC Sentul Bogor Rp3 juta
RSU Pekerja Cilincing Jakarta Rp3,2 juta
RS Cikarang Medika Rp2,6 juta
RS Karanggede Sisma Medika Boyolali Rp4,9 juta
RS Bhakti Husada Cikarang Rp2,9 juta
RS Atma Jaya Rp975 ribu
RS Tiara Bekasi Rp2,5 juta
Rumah Sakit Umum Melania Bogor Rp4,9 juta
Rumah Sakit Patria IKKT Jakarta Barat Rp2,1 juta
RS Islam Aminah Sidoarjo Rp3,2 juta
RSU Bunda BMC Padang Rp1,5 juta
RSU Bunda Jakarta Rp20 juta
Rumah Sakit Balimed Negara, Jembrana, Bali Rp4.7 juta
Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Rp4,5 juta
Rumah Sakit Umum Amira Purwakarta Rp4,3 juta

Biaya di atas kisaran yang harus dipersiapkan. Selain itu, untuk mendapatkan keringanan biaya, asuransi bisa juga digunakan. Apalagi, kalau kamu punya BPJS.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 9,202 total views,  3 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja