Biaya Transplantasi Ginjal

Bersama ini kami sampaikan informasi Biaya Transplantasi Ginjal , sebagai berikut:

Transplantasi ginjal merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan untuk menangani gagal ginjal. Prosedur ini dapat mengobati penyakit ginjal kronis atau penyakit ginjal stadium akhir. Ginjal merupakan dua organ yang berbentuk seperti kacang yang terletak di setiap sisi tulang belakang tepat di bawah tulang rusuk. Besarnya seperti ukuran kepalan tangan. Fungsi utama dari ginjal adalah menyaring dan membuang limbah, mineral, serta cairan dari darah dengan memproduksi urine.

Apa itu transplantasi ginjal?

Transplantasi ginjal adalah pembedahan ginjal yang sehat dari satu orang ke tubuh orang lain yang ginjalnya berfungsi sedikit atau tidak sama sekali.

Ginjal tak hanya memiliki fungsi menyaring limbah dari darah dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urine saja, tetapi ginjal juga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh.

Ketika ginjal kehilangan kemampuan penyaringan, tingkat cairan dan limbah yang berbahaya dapat menumpuk di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat mengakibatkan gagal ginjal (penyakit ginjal stadium akhir).

Orang dengan penyakit ginjal stadium akhir perlu untuk membuang limbah dari aliran darah mereka melalui mesin (dialisis) atau melakukan transplantasi ginjal bila memungkinkan.

Baca Juga:   Biaya dan Limit Transfer Bank Jatim

Jenis-jenis transplantasi ginjal

Terdapat tiga jenis transplantasi ginjal yang dapat dilakukan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Deceased-donor kidney transplant

Transplantasi ginjal dari donor yang sudah meninggal adalah ketika ginjal dari seseorang yang baru saja meninggal dikeluarkan atas persetujuan keluarga dan diberikan kepada penerima yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik yang mana membutuhkan transplantasi ginjal.

Living-donor kidney transplant

Transplantasi ginjal dari pendonor yang masih hidup adalah ketika ginjal dari donor hidup diangkat dan ditempatkan ke penerima yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik.

Preemptive kidney transplant

Transplantasi ginjal preemptive adalah ketika seseorang menerima transplantasi ginjal sebelum fungsi ginjal semakin memburuk hingga memerlukan dialisis untuk menggantikan fungsi penyaringan ginjal yang normal.

Faktor risiko

Transplantasi ginjal merupakan operasi yang besar, maka dari itu penting bagi kamu yang akan menjalani operasi ini untuk mengetahui terlebih dulu risikonya.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah risiko dari transplantasi ginjal.

  • Reaksi alergi terhadap anestesi umum
  • Pendarahan
  • Pembekuan darah
  • Infeksi
  • Penolakan ginjal yang disumbangkan
  • Kegagalan ginjal yang disumbangkan
  • Serangan jantung
  • Stroke
Baca Juga:   Biaya Pembuatan Kolam Ikan dari Beton

Tak hanya itu saja, obat immunosuppressant yang harus dikonsumsi setelah melakukan prosedur ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti:

  • Penambahan berat badan
  • Penipisan tulang
  • Peningkatkan pertumbuhan rambut
  • Jerawat
  • Risiko lebih tinggi terkena kanker kulit tertentu dan limfoma non-Hodgkin

Persyaratan transplantasi ginjal

Untuk menjadi pendonor, seseorang setidaknya harus berusia minimal 18 tahun. Kandidat terbaik tidak memiliki penyakit yang berbahaya, tidak kelebihan berat badan, serta tidak merokok.

Kebanyakan orang yang membutuhkan transplantasi ginjal dapat melakukannya, selama:

  • Cukup sehat untuk menahan efek operasi
  • Transplantasi ginjal memiliki peluang sukses yang relatif baik
  • Penderita bersedia untuk mematuhi perawatan yang disarankan dan diperlukan setelah transplantasi, seperti meminum obat penekan kekebalan tubuh dan menghadiri perjanjian tindak lanjut secara teratur

Adapun alasan tidak amannya atau tidak efektifnya melakukan transplantasi ginjal yaitu, mengalami infeksi yang sedang berlangsung (ini perlu ditangani terlebih dahulu), penyakit jantung yang parah, kanker yang telah menyebar pada beberapa bagian tubuh, atau AIDS.

Berapa biaya transplantasi ginjal?

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja transplantasi ginjal, hal lain yang perlu kmau ketahui dan kamu pertimbangkan adalah biaya.

Baca Juga:   Biaya Sertifikasi ISO 9001 & Manfaatnya

Biaya transplantasi ginjal sendiri sebenarnya sangat bergantung dari rumah sakit. Masing-masing rumah sakit mematok biaya yang berbeda untuk melakukan prosedur ini. Namun, biasanya operasi transplantasi ginjal memerlukan biaya sebesar ratusan juta rupiah.

Dilansir dari Liputan6.com, pada tahun 2019, BPJS Kesehatan menjamin biaya transplantasi ginjal bagi peserta BPJS sebesar Rp390 juta untuk rumah sakit kelas A tipe 1, sekitar Rp340 juta untuk kelas 2, dan Rp283 juta untuk kelas 3.

Bagi peserta non-BPJS, angka tersebut dapat menjadi acuan untuk menyiapkan dana untuk prosedur transplantasi ginjal. Akan lebih baik jika peserta menyiapkan dana lebih untuk mengantisipasi adanya biaya tambahan. Ada beberapa rumah sakit yang mematok biaya yang lebih tinggi dari angka tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

 20 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja