Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Gigi palsu dibedakan menjadi dua golongan, yakni permanen dan lepasan. Tujuan pemasangan atau menggunakan gigi palsu adalah untuk memperbaiki penampilan serta fungsi pencernaan, terutama bagian mulut. Tarif pasang gigi palsu permanen dan lepasan sendiri bervariasi, tergantung jenisnya.

Sebelumnya, gigi palsu adalah gigi tiruan, yaitu prostesis yang bisa dilepas yang bisa menggantikan satu atau lebih gigi yang telah hilang, mengembalikan senyum Anda dan kemampuan Anda untuk makan makanan tertentu. Selain membuat makan lebih mudah, gigi palsu membantu Anda berbicara dengan jelas dan beberapa gigi yang hilang menyediakan dukungan yang berharga untuk otot-otot dan struktur wajah Anda.

Untuk pemasangan, gigi palsu akan ditaruh di tempat lokasi gigi telah hilang, misalnya dengan perekat gigi dan bisa dengan mudah dikeluarkan dari mulut untuk dibersihkan. Selain itu, kita bisa keluarkan di malam hari sebelum tidur untuk memberikan kesempatan kepada gusi dan jaringan untuk pulih.

Umumnya, gigi tiruan terbuat dari plastik hardwearing, tetapi bisa juga dibuat dari keramik berkualitas tinggi. Gigi yang didukung oleh bahan dasar karet berwarna akrilik. Gigi tiruan modern juga bisa dibuat menyerupai gigi alami dan tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna. Gigi palsu akrilik juga memiliki sejumlah warna berbeda untuk membuat penampilan yang lebih alami.

Dibedakan dari golongannya, gigi palsu permanen adalah gigi yang dipasang secara permanen dan tidak dapat dilepas pasang oleh penggunanya. Sementara itu, gigi palsu lepasan berarti gigi palsu yang tentunya dapat dilepas pasang oleh penggunanya. Bagaimana detail dan berapa tarif pasang gigi palsu tersebut?

Gigi Palsu Permanen Implan Gigi

Implan gigi (gigi tanam) adalah sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi berfungsi untuk menggantikan bagian akar gigi. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau bawah, memungkinkan tersambungnya gigi pengganti dengan tulang. Gigi tanam dapat dipergunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang lepas. Gigi yang akan ditanam memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan gigi asli. Mereka mempertahankan bentuk muka dan mengurangi ketidaknyamanan karena gigi yang lepas.

Baca Juga:   Biaya Sterilisasi Pada Wanita

Tanam gigi tidak rentan terhadap pengeroposan tetapi hal ini bisa menyebabkan masalah gusi apabila tidak dirawat dengan baik. Seperti halnya gigi asli, gigi yg ditanam perlu dibersihkan dan dicekkan kepada dokter gigi secara rutin. Apabila gigi dijaga dengan benar, kebanyakan bagian sekrup titanium akan bertahan seumur hidup, walaupun sarung atau alat-alat yang diperlukan untuk gigi tanam perlu diganti apabila sudah lama.

Gigi Palsu Permanen Crown (Mahkota)

Dental crown merupakan sarung yang berbentuk gigi yang disarungkan ke gigi untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi. Gigi tiruan mahkota dapat mempertahankan fungsi gigi yang rusak. Perawatan ini dibutuhkan apabila gigi Anda telah berlubang dan struktur gigi tidak cukup untuk ditambal. Bagian gigi anda retak atau pecah dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik composite bonding. Atau Anda memiliki kebiasaan menggertakkan gigi dan memiliki pola diet yang buruk, erosi asam bisa memperkecil gigi di mana solusi perawatan yang memungkinkan hanyalah menyarung gigi tersebut.

Gigi tiruan jembatan menghubungkan gigi dengan gigi tetangga untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang telah lepas. Gigi tiruan ini disebut pontic dan digabungkan dengan 2 mahkota gigi tetangga.

Tarif Pasang Gigi Palsu Permanen

Nama Klinik Jenis Gigi Palsu Permanen Tarif 
Klinik Gigi Dewi, Kramat Jati Crown Metal Porcelain Rp1.700.000 per gigi
Audy Dental Crown Metal Porcelain Rp2.500.000 per gigi
Crown All Porcelain Rp3.500.000 per gigi
Crown Zirconia Rp4.500.000 per gigi
Bridge (3 Crown Metal Porcelain) Rp7.500.000 per gigi
Bridge (3 Crown All Porcelain/Zirconia) Rp10.500.000 per gigi
PT Senyum Digital Indonesia (Dokter Gigi Kita), Tangerang Crown Metal Porcelain Rp2.000.000 per gigi
Crown All Porcelain Rp3.500.000 per gigi
Crown Zirconia Rp4.500.000 per gigi
Rejuvie Dental Clinic Kuta, Bali Dental Bridge (minimum 3) Emax Rp5.000.000 per gigi
Dental Bridge (minimum 3) Zirconia Rp5.500.000 per gigi
Baca Juga:   Rincian Biaya Nikah 20 Juta

Biaya pasang gigi palsu permanen di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Perlu diingat, tarif pasang gigi palsu permanen tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu tarif pasang gigi palsu model crown (mahkota) Rp775.000-Rp3.925.000 per gigi dan gigi palsu model bridge (jembatan)l Rp9.000.000-Rp18.000.000 per gigi.

Gigi Palsu Lepasan Porselen Akrilik

Merupakan gigi palsu yang paling banyak beredar di masyarakat karena harganya yang terjangkau. Plat gigi yang digunakan relatif tebal dan memiliki cengkeram kawat untuk mengaitkan ke gigi lain yang masih tinggal. Jenis gigi palsu ini memiliki plat yang lebih tipis, lebih lentur, dan tidak menggunakan kawat pencengkeram. Hal ini membuat penggunanya lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan bahan akrilik.

Gigi Palsu Lepasan Frame

Gigi palsu model ini memiliki plat logam sehingga dibuat setipis mungkin apabila dibandingkan dengan gigi lepasan lainnya. Gigi palsu ini juga memiliki kawat yang mencengkeram gigi asli yang masih tinggal untuk membuat gigi palsu lepasan menjadi lebih stabil dan tidak mudah goyah.

Umumnya, pada masa awal menggunakan gigi palsu lepasan frame, rasanya sangat aneh dan meskipun pengguna akan terbiasa dengan gigi palsunya, secara keseluruhan kenyamanan dan dari alat ini bisa menjadi masalah. Masalah ketidaknyamanan ini bisa saja tidak menghilang, terutama karena gusi dan tulang rahang berubah bentuk dari waktu ke waktu, meningkatkan kemungkinan gigi palsu menjadi tidak pas.

Tarif Pasang Gigi Palsu Lepasan

Jenis Gigi Palsu Lepasan Kisaran Tarif Pasang
Porselen Akrilik Rp1.282.500 – Rp1.350.000 per gigi
Fleksi Denture/Valplast Rp2.375.000 – Rp2.500.000 per plat
Kerangka logam Rp2.260.000 – Rp2.800.000 per rahang

Biaya pasang gigi palsu permanen di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Perlu diingat, tarif pasang gigi palsu permanen tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga pasang gigi palsu lepasan saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, tarif pasang gigi palsu model fleksi denture/valplast yang awalnya mulai Rp1,45 juta per plat, naik menjadi Rp2.375.000-Rp2.500.000 per plat. Sementara itu, pasang gigi palsu model kerangka logam yang awalnya dibanderol mulai Rp5,725 juta per rahang, turun menjadi Rp2.260.000-Rp2.800.000 per rahang.

Baca Juga:   Biaya Rontgen (CT Scan) Kepala

Tips Merawat Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan harus rajin dibersihkan untuk menjaga kesehatan gusi dan jika rusak harus diperbaiki oleh profesional. Gigi palsu cukup rapuh dan akan pecah jika jatuh, jadi cobalah untuk menangani mereka secara hati-hati. Gunakan baskom berisi air di bawahnya selama membersihkan dan gunakan handuk bersih.

Sangat penting untuk melepas gigi tiruan Anda untuk dibersihkan setiap hari. Gunakan sikat gigi khusus gigi tiruan karena sikat ini lebih lembut daripada sikat gigi biasa yang terlalu keras dan cenderung merusak gigi tiruan Anda. Bersihkan gigi tiruan Anda dengan sabun atau pembersih khusus yang dirancang untuk gigi palsu. Pasta gigi biasa jauh terlalu keras dan bisa menggores permukaan gigi tiruan Anda.

Jangan mencoba mensterilkan gigi tiruan Anda dengan air mendidih karena suhu panas bisa mendistorsinya. Setelah bersih dan sementara itu tidak sedang dipakai, rendam gigi palsu dalam larutan pembersih proprietary atau air biasa untuk membantu gigi tetap segar dan mempertahankan bentuknya.

 526 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja