Biaya Tabungan Emas BSI (Bank Syariah Indonesia) Ex BRI Syariah

Selain bank konvensional, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga memiliki ‘model’ syariah. Sama seperti model umum, BRI Syariah (kini berganti nama menjadi BSI) pun menyediakan beragam produk tabungan untuk masyarakat di Tanah Air. Nah, salah satu produk tabungan yang ditawarkan bank ini adalah Tabungan Emas, atau lebih tepatnya Pembiayaan Kepemilikan Emas.

Sudah menjadi rahasia umum jika emas merupakan salah satu barang yang sering digunakan masyarakat sebagai instrumen investasi jangka panjang. Emas sebagai logam mulia memiliki keuntungan tersendiri untuk investasi dibandingkan instrumen lainnya. Salah satu keuntungan logam ini adalah memiliki harga yang relatif stabil, bahkan cenderung meningkat. Kalaupun harganya turun, biasanya tidak terlalu tajam.

Harganya yang stabil dan cenderung meningkat ini memang membuat emas kurang bisa diikuti oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Namun, mereka yang punya anggaran pas-pasan tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memilih produk tabungan emas di lembaga keuangan. Nah, salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang telah menyediakan layanan ini adalah BRI Syariah atau yang kini telah bergabung dalam BSI (Bank Syariah Indonesia).

Pergantian BRI Syariah Menjadi BSI

Meski baru dikenal publik dalam beberapa tahun terakhir, BRI Syariah ternyata sudah berdiri lumayan lama. Awalnya, bank ini bernama Bank Jasa Arta yang resmi beroperasi pada tahun 1969 silam. Kemudian, BRI mengambil alih kepemilikan bank tersebut pada tahun 2007 dan mengubahnya menjadi Bank Umum Syariah pada tahun 2008.

Aktivitas BRI Syariah semakin kokoh setelah tanggal 19 Desember 2008 ditandatangani akta pemisahan Unit Usaha Syariah PT Bank Rakyat Indonesia untuk melebur ke dalam PT Bank BRI Syariah (proses spin off) yang berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2009. Saat ini, BRI Syariah diklaim menjadi bank syariah terbesar ketiga berdasarkan aset. Bank ini tumbuh dengan pesat, baik dari sisi aset, jumlah pembiayaan, dan perolehan dana dari pihak ketiga.

Baca Juga:   Biaya dan Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri

Namun, sejak tahun 2021, Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah telah merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Mulai Agustus 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk telah melakukan proses auto-migrasi terhadap lebih dari 1 juta rekening nasabah ex BRI Syariah. Dalam skema ini nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BSI untuk melakukan proses migrasi rekening karena kartu ATM ex-BNIS dan ex-BRIS masih bisa digunakan. Terkait mobile banking, nasabah ex-BNIS dan ex-BRIS diharuskan memindahkan mobile banking ke BSI Mobile untuk dapat bertransaksi melalui mobile banking, karena mobile banking yang sebelumnya sudah tidak dapat digunakan.

Selama proses auto-migrasi tersebut nasabah BRI Syariah tetap dapat melakukan transaksi perbankan di ATM Bank Syariah Indonesia terdekat di seluruh Indonesia seperti biasa. Sementara itu untuk kemudahan transaksi, nasabah ex BRI Syariah dapat segera mengaktifkan layanan digital BSI Mobile dengan cara mendownload via Google Play Store atau App Store.

Dengan adanya merger ketiga bank syariah tersebut, maka produk tabungan yang ditawarkan oleh BRI Syariah sebelumnya kini telah digantikan oleh produk tabungan baru, termasuk Tabungan Emas. Per tahun 2021, tabungan emas BRI Syariah berganti nama menjadi BSI Solusi Emas, yang melayani tabungan e-mas dan gadai emas. Berikut ulasan lengkapnya

Solusi Emas BSI

Dalam Solusi Emas BSI ini meliputi beberapa produk layanan, yakni Tabungan E-Mas, BSI Cicil Emas, dan BSI Gadai Emas. BSI menawarkan layanan kepemilikan emas melalui BSI Mobile dengan pembelian emas mulai dari Rp50.000. Dengan Tabungan E-Mas, Anda bisa beli, jual, transfer, serta tarik fisik emas dan gadai emas online dengan mudah dan aman tanpa perlu datang ke kantor cabang BSI.

Baca Juga:   Jenis-Jenis dan Biaya Imunisasi Anak di Bidan

Adapun BSI Cicil Emas merupakan produk BSI yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan emas sekarang juga (emas lantakan/batangan dengan minimal jumlah gram adalah 10 gram), namun dengan angsuran tetap dan ringan tanpa perlu merisaukan harga emas kemudian. Sedangkan BSI Gadai Emas adalah produk pembiayaan BSI (untuk perorangan) atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat.

Tabungan E-Mas BSI

Keunggulan BSI Tabungan E-Mas

  • Investasi emas yang terjangkau. Nasabah bisa menabung dalam bentuk emas mulai dari Rp50.000.
  • Nasabah dapat memiliki rekening tempat menyimpan emas yang dapat di top-up, ditarik, dan ditransfer cukup dari BSI Mobile.
  • Solusi untuk melindungi nilai tabungan nasabah.
  • Nasabah yang telah mempunyai emas di rekening e-mas tersebut dapat memberikan emasnya kepada orang lain dengan cara transfer antar rekening e-mas secara real time.
  • Nasabah tanpa repot ke gerai/toko emas, cukup melalui BSI Mobile, tanpa biaya transfer dan virtual account
  • Nasabah tidak repot menyimpan emasnya sendiri, dititipkan di lembaga yang terpercaya dan sesuai syariah.

Tarif & Biaya Tabungan E-Mas BSI

Komponen Biaya Tabungan E-Mas BSI Biaya
Biaya admin rekening emas Rp24.000 per tahun (dibayarkan di awal)
Biaya tarik fisik emas Sesuai dengan pecahan dan keping yang dipilih nasabah
Biaya penutupan rekening Rp20.000

Keterangan:

  • PPH Pasal 22 untuk setiap transaksi beli emas sebesar 0,45% bagi Nasabah dengan NPWP yang telah terverifikasi dan 0,9% bagi Nasabah dengan NPWP yang belum terverifikasi.
  • PPH Pasal 22 untuk transaksi jual emas dengan hasil penjualan >Rp10 juta sebesar 1,5% untuk Nasabah dengan NPWP telah terverifikasi dan 3% untuk Nasabah dengan NPWP belum terverifikasi.
Baca Juga:   Biaya Jasa Penerjemah Tersumpah

Syarat Pengajuan BSI Cicil Emas

  • WNI dan cakap hukum
  • KTP dan NPWP (khusus pembiayaan di atas Rp50 juta)
  • Jangka waktu 1-5 tahun
  • Menyediakan Uang Muka (DP) 20% dari pembelian emas
  • Pembukaan rekening melalui T24 di cabang

Keunggulan BSI Cicil Emas

  • Aman: Emas Anda diasuransikan.
  • Menguntungkan: Tarif yang murah.
  • Layanan Profesional: Perusahaan terpercaya dengan kualitas layanan terbaik
  • Mudah: Pembelian emas dengan cara dicicil.
  • Likuid: Dapat diuangkan dengan cara digadaikan untuk kebutuhan mendesak.
  • Angsuran tetap dan ringan (kenaikan harga tidak mempengaruhi cicilan).
  • Pembiayaan sampai dengan Rp150 juta.

Tarif & Biaya BSI Gadai Emas

Komponen Biaya BSI Cicil Emas Biaya
Biaya Adminitrasi 0 – 1%
Margin 11% – 14% eff (disesuaikan dengan target segmen)
Uang muka/self financing Minimal 20% dari harga perolehan emas
Plafond pembiayaan Maksimum 80% dari harga perolehan untuk emas jenis lantakan (batangan).

Syarat Pengajuan BSI Gadai Emas

  • Membawa fisik emas
  • KTP
  • NPWP untuk pembiayaan di atas Rp50 juta
  • Mengisi formulir permohonan Gadai Emas

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk memiliki salah satu produk solusi emas dari BSI? Nah, apabila Anda membutuhkan info lebih lengkap seputar produk dan layanan BSI, silakan mendatangi kantor cabang BSI terdekat atau menghubungi call center BSI di nomor 14040.

 1,308 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja