Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Tentang Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil, sebagai berikut:

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil Mempunyai mobil memang sejatinya bukan hanya untuk digunakan sehari-hari saja. Namun dibutuhkan adanya perawatan layaknya anak sendiri. Tujuannya yaitu supaya di kemudian hari mobil tetap sehat dan tidak memakan biaya perbaikan terlalu besar.

Merawat mobil bukan berarti hanya melakukan service saja, melainkan membutuhkan pemakaian yang apik dan tidak sembarangan supaya komponen mobil tetap terawat. Perawatan yang mungkin paling umum untuk dilakukan yaitu seperti oli, aku, AC, ban, steering serta kanvas rem.

Ternyata terdapat satu komponen yang tidak boleh luput dari pengawasan kalian karena fungsinya tidak kalah vital bagi kesehatan mobil, yakni ring piston atau ring seher. Apabila komponen atau sparepart tersebut mengalami permasalahan cukup serius, maka segeralah perbaiki di bengkel spesialis.

Fungsi Ring Piston Pada Mobil

Ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving.

Membuat ring piston tidak banyak diketahui padahal perannya sangat penting. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa fungsi ring piston mobil.

Baca Juga:   Biaya Balik Nama (BBN) Mobil Bekas
  • Menjaga kompresi mesin.
  • Mencegah kebocoran kompresi.
  • Menghalangi oli masuk ke ruang bakar.
  • Mengurangi gesekan dinding silinder.
  • Mengirim panas dengan tepat.

Indikasi Ring Piston Mobil Bermasalah

Apabila waktunya tiba, maka ring piston mobil akan mengalami aus sehingga diameter ring akan mengecil.

Sejumlah indikasi atau gejala ring piston mobil bermasalah.

  • Oli mesin mobil cepat habis.
  • Keluar asap putih dari knalpot mobil.
  • Suara mesin mobil menjadi lebih kasar.

Penyebab Ring Piston Mobil Rusak

Keausan ring piston mobil ini akan membuat diameter ring akan semakin mengecil sehingga bisa menyebabkan kebocoran kompresi. Bahkan ketika ring piston mobil kotor atau tergores, maka hal ini bisa saja menyebabkan beberapa kerusakan, salah satunya yaitu membuat campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang oli sehingga merusak kualitas oli.

Baca Juga:   Harga Polygon Xtrada 4.0 (Baru dan Bekas) Terbaru

Apabila terdapat kerusakan pada ring seher atau ring piston, maka performa mesin mobil menjadi kurang baik. Dimana permasalahan ini biasanya ditandai dengan tarikan mesin mobil terasa lebih berat atau respons mobil mulai melambat.

Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil

Indikasi hingga penyebab kerusakan pada ring piston mobil, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya perbaikannya. Sebenarnya besaran ongkos jasa perbaikan ring piston mobil bisa saja berbeda di beberapa bengkel, entah itu bengkel resmi ataupun umum.

Bengkel Resmi

Perbaikan ring piston mobil di bengkel resmi, maka biasanya proses pengerjaannya harus melalui overhaul atau turun mesin secara keseluruhan. Sebagai contoh perbaikan ring piston mobil Avanza tahun 2012, biasanya kalian akan menghabiskan biaya sekitar Rp 8.375.000.

Dimana di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup beberapa hal seperti biaya ganti ring piston mobil, biaya jasa mekanik hingga penggantian gasket mesin. Selain itu, besaran biaya perbaikan ring piston mobil juga biasanya sudah termasuk biaya pengecekan mesin secara keseluruhan dan pastinya menggunakan komponen original.

Baca Juga:   Mau ganti plat nomor kendaraan? Berikut Biaya yang harus dikeluarkan

Bengkel Umum

Perbaikan ring piston mobil di bengkel umum juga akan melalui proses overhaul atau turun mesin secara keseluruhan. Namun, seperti halnya biaya perbaikan oli mesin mobil rembes di bengkel umum, besaran biaya perbaikan ring piston akan sedikit lebih murah ketimbang bengkel resmi.

Contoh mobil Nissan Livina 1.500 cc tahun 2012 akan membutuhkan anggaran biaya sebesar Rp 5.300.000 untuk memperbaiki ring piston. Adapun di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup pembelian ring piston untuk keempat silinder sebesar Rp 600.000, jasa mekanik untuk overhaul dan penggantian ring piston Rp 3.000.000 serta penggantian 1 set gasket original Rp 1.700.000.

Demikian kami sampaikan informasi Tentang Biaya Perbaikan Ring Piston Mobil, semoga bermanfaat.

 91 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja