Biaya Pondasi Rumah 2 Lantai

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Pondasi Rumah 2 Lantai, sebagai berikut:

Rumah 2 lantai adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki keluarga besar. Ada banyak manfaat yang akan bisa didapatkan, mulai dari ruangan yang lebih banyak hingga views yang lebih baik. Namun, sama halnya dengan rumah satu lantai atau bangunan lainya, pondasi adalah bagian yang benar-benar penting Anda perhatikan. Karena bagian inilah yang akan bisa menopang beban yang dihasilkan oleh bangunan rumah.

Membangun rumah 2 lantai akan bisa menciptakan space outdoor yang lebih besar. Anda akan menggunakan lebih sedikit ruang untuk rumah, sehingga ada lebih banyak di halaman rumah yang bisa diubah menjadi berbagai macam hal. Anda bisa membuat taman, kolam renang, atau berbagai ide lainnya.

Baca Juga:   Biaya Jasa Desain Rumah

Ruang privasi juga sesuatu yang bisa Anda dapatkan. Kamar tidur di lantai atas bisa lebih pribadi, terutama jika Anda membangun di lingkungan yang cukup ramai. Jika Anda memiliki anak, maka fitur kamar tidur di lantai dua ini akan sangat terasa kegunaan ketikan mereka tumbuh menjadi remaja.

Bangunan yang memiliki 2 lantai ini tentu akan meneruskan beban yang lumayan besar dan terkonsentrasi ke bawah tanah. Pondasi yang bagus akan sangat membantu. Satu hal yang harus dipahami, kondisi tanah akan bisa memengaruhi jenis pondasi mana yang akan digunakan.

Gunakan pondasi cakar ayam jika kondisi tanah sudah cukup kuat dan keras. Apabila kondisi tanah lembek, labil, dan berada di lahan miring, maka akan dibutuhkan konsultasi lebih mendalam bersama ahli struktur untuk menentukan jenis pondasi yang tepat.

Baca Juga:   Biaya Bangun Rumah Type 21

Menggunakan Pondasi Cakar Ayam

Cakar ayam menjadi jenis yang paling ideal dalam membangun rumah bertingkat. Alasannya karena pondasi ini bisa dibangun di semua jenis tanah, bahkan yang kurang kuat sekalipun. Tak heran, jika pondasi ini menjadi idaman bagi pemilik rumah yang ada di perkotaan. Bangunan yang menggunakan pondasi cakar ayam juga bisa terlihat lebih kokoh karena “cakar”ini akan mencengkeram tanah yang dalam. Apalagi jika dilengkapi dengan beton maka pondasi ini semakin kuat berdiri dan membentuk rumah yang kokoh yang tidak mudah bergeser.

Jika lantai dua pada rumah hanya digunakan untuk kamar tidur, ruang baca atau sejenisnya, maka besi kolom berukuran 60 cm x 60 cm dengan ketebalan 20 cm dirasa sudah mencukupi. Lain halnya jika Anda berniat membangun ruangan untuk beban yang lebih berat, maka akan dibutuhkan material yang berbeda.

Baca Juga:   Biaya Pembuatan dan Perawatan Kolam Renang

Kedalaman pondasi yang ditancapkan ke dalam tanah pun bervariasi, yaitu antara 1,5 meter hingga 2 meter. Untuk membangun pondasi cakar ayam, Anda bisa menggunakan besi berdiameter 10 mm dengan jarak 20 cm antar besinya. Harga total untuk satu tiang 60 x 60 dengan besi 10 berdasarkan pasar adalah Rp153.000. Sedangkan itu, untuk satu tiang 60 x 60 dengan besi 12 akan membutuhkan biaya Rp177.000.

Demikian kami sampaikan informasi Biaya Pondasi Rumah 2 Lantai, semoga bermanfaat.

 129 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja