Biaya Service Laptop

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Biaya Service Laptop, sebagai berikut:

Saat ini sudah banyak service center yang melayani perbaikan laptop, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Daftar biaya service laptop juga beragam, tergantung kerusakan yang dialami, parah atau tidak.

Terlebih lagi bahwa harga service laptop rata-rata hampir sama ditempat manapun sesuai dengan tingkat kerusakan itu sendiri. Apakah itu ada pada hardware seperti mainboard, RAM, harddisk, monitor, keyboard, touchpad dan sebagainya. Atau perbaikan pada software seperti install ulang sistem operasi dan flash BIOS. Yang jelas setiap kerusakan akan dipatok ongkos perbaikan yang berbeda.

Umumnya perbaikan software akan lebih murah dibandingkan perbaikan pada hardware. Apalagi jika ada yang perlu diganti.

Nah, bagi Anda yang saat ini laptop kesayangannya mengalami kerusakan atau bermasalah, tetapi tidak tahu berapa biaya perbaikan laptop, berikut daftar biaya service laptop berbagai merk.

Biaya Service Mainboard

Mainboard adalah hardware terpenting pada laptop yang berfungsi sebagai tempat terintegrasinya berbagai hardware lain seperti harddisk, RAM, keyboard dan sebagainya. Tanda-tanda jika mainboard rusak adalah, laptop akan benar-benar mati total.

Biaya service mainboard adalah yang paling mahal di antara hardware lain. Namun perlu dicek dulu, jika masih bisa diperbaiki maka ongkosnya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Apabila harus ganti, maka harganya sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1.700.000.

Baca Juga:   Biaya Kirim Sepeda Motor Lewat Herona Express

Biaya Service Install Ulang

Install ulang termasuk kategori perbaikan pada software, yakni sistem operasi. Dalam hal ini umumnya sistem operasi yang digunakan adalah Windows dengan berbagai versi.

Biaya service laptop pada kategori ini cukup rendah karena tidak ada hardware yang perlu diperbaiki atau diganti. Biasanya, install diperlukan ketika terkena virus atau sistem operasi tidak bekerja normal. Untuk install ulang akan dikenakan biaya jasa sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu.

Biaya Service Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting pada laptop sebagai sumber daya. Biasanya, baterai rusak ditandai dengan laptop yang suka mati sendiri atau tidak mau hidup bila tidak dicharge. Jika sudah begini, maka harus ganti.

Biaya service baterai laptop tergantung pada orisinalitas baterai. Untuk baterai KW harganya berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu. Sedangkan untuk baterai original berkisar antara Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu.

Biaya Service DVD

Kerusakan pada DVD laptop biasanya ditandai dengan tidak terbacanya disk drive saat dimasukkan. Hal ini bisa disebabkan oleh optik yang sudah lemah, sehingga tidak mampu membaca dengan baik.]

Baca Juga:   Biaya Kursus Mengemudi Mobil Plus SIM A

Apabila masalahnya ada pada optik, maka DVD harus diganti dengan yang baru. Sedangkan biaya service DVD laptop ini berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Umumnya, biaya ini sudah termasuk ongkos pasang.

Biaya Service Speaker

Kerusakan pada speaker laptop umumnya ditandai dengan bunyi kresek-kresek atau bahkan tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Biasanya laptop memiliki jumlah speaker dua buah. Sedangkan penyebab kerusakannya ada pada loudspeaker yang sudah tua atau kabel putus.

Untuk biaya service pada speaker laptop ini berkisar Rp 50 ribu untuk ganti kabel dan Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu untuk ganti loudspeaker.

Biaya Service LCD/ Layar

Kerusakan pada LCD atau layar laptop bisa berupa blank, muncul garis, sebagian tidak muncul gambar, atau sering hidup mati. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yakni kabel fleksibel rusak atau monitor memang sudah waktunya untuk diganti.

Untuk biaya service kabel fleksibel layar sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu. Namun, biaya untuk penggantian LCD berkisar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung ukurannya.

Biaya Service Hard Disk

Biasanya, hard disk yang bermasalah tidak bisa diperbaiki lagi. Jadi jika sudah rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Untuk biaya service pada bagian hard disk ini sekitar Rp 350 ribu hingga Rp 700 ribu, tergantung pada kapasitas yang Anda inginkan dan juga tipe yang Anda kehendaki.

Baca Juga:   Biaya Terbaru Tambah Daya Listrik 1300 Watt ke 2200 secara Online

Biaya Service Ganti RAM

Untuk biaya service pada bagian RAM ini sangat beragam, tergantung dari kapasitas, tipe DDR, kecepatan, dan juga merk yang digunakan. Namun umumnya, harga service sekaligus jasa pasang RAM yang rusak berkisar Rp 350 ribu hingga Rp 450 ribu untuk kapasitas 4 Giga bytes dengan tipe DDR3.

Sedangkan untuk kapasitas 4 Giga bytes dengan tipe DDR4, harganya berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 450 ribu. Namun jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar lagi, misalnya 8 Giga bytes, maka harganya juga akan semakin mahal.

Biaya Service Keyboard

Salah satu hardware yang sering rusak pada laptop adalah keyboard. Biasanya, kerusakan tersebut meliputi tombol tidak berfungsi, tombol terlepas, keyboard terkunci, kabel rusak, dan lain sebagainya.

Untuk biaya service pada keyboard ini berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu. Harga service ini sudah termasuk ongkos jasa pasang. Namun bisa lebih mahal bila komponen yang rusak harganya juga lebih mahal.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Biaya Service Laptop, semoga bermanfaat.

 910 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja