Biaya Service Pompa Air dan Rekomendasi Merek Terbaiknya

Mendapatkan suplai air bersih untuk beraktivitas sehari-hari tidak akan sulit jika menggunakan pompa air yang memadai. Tak heran jika Anda perlu memilih mesin pompa air berkualitas. Jika alat ini rusak, maka harus segera mencari jasa service pompa air.

Masyarakat Indonesia masih sangat bergantung dengan mesin pompa air untuk menyuplai air bersih. Tak heran jika setiap rumah tangga membutuhkan pompa air yang sesuai dengan kedalaman sumur. Dengan demikian, segala kebutuhan terhadap air bersih akan terpenuhi tanpa bergantung pada air PAM.

Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik

Memilih mesin pompa air tidak bisa sembarangan. Anda harus mengukur kedalaman permukaan air terlebih dahulu untk menentukan jenis pompa yang tepat. Perhatikan pula voltase pompa yang digunakan, pastikan sudah sesuai dengan daya listrik yang ada di rumah. Hal ini bertujuan tidak lain agar pompa air bisa awet dan Anda pun akan jarang melakukan service pompa air.

Lalu, apa saja mesin pompa air terbaik yang bisa dipilih? Beberapa rekomendasi berikut ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. SANYO Pompa Sumur Dangkal PWH236

Mesin pompa air yang satu ini sudah banyak diandalkan untuk kebutuhan air bersih rumah tangga. Jenis pompa ini khusus untuk sumur dangkal dengan kedalaman maksimal 9 meter. Daya listrik pompa ini juga termasuk hemat, 125 watt.

Sedangkan performa mendorong airnya bisa mencapai 30 meter. Debit air yang dihasilkan pompa Sanyo ini sebesar 50 liter per menit.

Kisaran Harga: Rp625.000-Rp772.500

2. SANYO Pompa Sumur Dangkal PH 236 AC

Masih rekomendasi pompa air dari Sanyo, kali ini dari tipe PH 236 AC. Pompa air ini dikenal memiliki daya sedot yang kuat. Kapasitas listrik yang harus disiapkan adalah sebesar 200 Watt. Pompa air ini memiliki daya dorong maksimal 30 meter dengan daya sedot sampai 9 meter.

Baca Juga:   Info Terkini Biaya Laundry 5aSec

Kisaran Harga: Rp799.000-Rp927.500

3. SANYO Pompa Sumur Dangkal PH137AC

Rekomendasi produk pompa air berikutnya adalah Sanyo PH137AC. Pompa air ini dikenal tidak memakan banyak daya listri, yaitu 125 Watt saja. Pompa ini memiliki performa hisap sedalam 9 meter dan daya dorong 18 meter. Sedangkan debit air yang dihasilkan adalah 25 liter per menit.

Kisaran Harga: Rp450.000-Rp630.000

4. Shimizu Pompa Sumur Dangkal PS 135 E

Produk pompa air ini merupakan tipe otomatis sehingga dapat mendeteksi kondisi tangki. Apabila tangki tidak berisi air, maka pompa akan menyala secara otomati. Sedangkan jika tangki sudah penuh, pompa air akan mati dengan sendirinya.

Pompa air ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin ribet bolak-balik menyalakan pompa. Pompa Shimizu ini memiliki daya dorong 33 meter dengan daya hisapnya 9 meter. Selain itu, kapasitas listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar, yaitu 125 Watt.

Pompa ini dikenal memiliki ketahanan yang cukup bagus,  bahkan sanggup menyala sampai 24 jam nonstop. Salah satu cara agar bisa menjaga pompa ini tetap awet adalah dengan menempatkannya di lokasi yang tepat.

Misalnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak kena hujan. Jika sembarangan menempatkan pompa air, hal ini bisa berpotensi terjadinya korslet.

Kisaran Harga: Rp470.000-Rp510.000

5. Shimizu Pompa Sumur Dalam PC 268 BIT

Baca Juga:   Info Terbaru Biaya Kursus Johnny Andrean Training School

Produk ini merupakan salah satu tipe pompa manual yang banyak digunakan masyarakat. Sesuai dengan namanya, pompa ini khusus untuk sumur dalam. Pompa air ini memiliki kemampuan jet pump yang mumpuni dengan daya hisap sedalam 30 meter.

Tidak hanya daya hisapnya yang kencang, namun daya dorongnya juga maksimal. Untuk daya listrik yang dibutuhkan pompa sumur dalam ini adalah sebesari 250 Watt.

Kisaran Harga: Rp1.750.000-Rp1.384.400

6. WASSER Pompa Sumur Dangkal PW 131 E

Pompa air merk Wasser mungkin tidak sepopuler Shimizu atau Sanyo. Namun, kualitas produknya tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu pompa air Wasser yang dikenal berkualitas dan terjangkau adalah tipe PW 131 E.

Pompa air berdaya 125 Watt ini memiliki performa daya hisap 9 meter. Sedangkan daya dorong maksimalnya adalah sebesari 26 meter.

Kisaran Harga: Rp400.000-Rp490.000

7. WASSER Pompa Semi Jetpump PW 251 EA

Produk pompa air yang satu ini diperuntukkan untuk jenis sumur dangkal di rumah Anda. Debit air yang dihasilkan mencapai 40 liter per menit dengan daya hisap 11 meter.

Penggunaan pompa ini sangat direkomendasikan tidak hanya untuk rumah tangga, namun juga lokasi proyek bangunan. Untuk konsumsi daya listriknya, pompa jenis jet pump ini membutuhkan daya 250 Watt.

Kisaran Harga: Rp1.400.000-Rp1.550.000

Biaya Service Pompa Air

Sebagai salah satu sumber daya yang paling krusial di rumah, Anda harus terus memastikan ketersediaan air. Mengingat air tidak hanya digunakan untuk aktivitas mencuci, namun juga memasak dan lain-lain.

Jika terdapat kendala atau kerusakan pada pompa air, tentunya kebutuhan jasa service tidak dapat ditunda. Pada dasarnya, harga yang dipatok untuk service pompa air bergantung pada hal-hal di bawah ini:

  • Jenis kerusakan pompa: Misalnya karet pompa air kendor, sambung pipa, ganti kapasitor, setting radar, dan lainnya. Semakin parah tingkat kerusakan, tentunya akan membuat biaya semakin bertambah. Terlebih jika terdapat bagian yang perlu diganti dengan yang baru.
  • Jenis pompa air: Biaya service pompa air juga tergantung jenis pompa yang digunakan. Biasanya pompa kecil untuk skala rumahan biayanya lebih terjangkau. Namun jika jenis pompa adalah pompa industri, harganya bisa bertambah. Terlebih jika lokasi pompa air sulit dijangkau.
  • Kebutuhan sparepart: Jasa service mesin pompa air belum termasuk jika ada sparepart yang harus diganti.
Baca Juga:   Biaya Pendaftaran & Kursus di Kumon Indonesia Terbaru

Sebagai referensi, berikut tabel kisaran harga service pompa air.

Jasa yang Ditawarkan Biaya
Kunjungan dan pengecekan (tanpa service) Rp75.000
Jasa service ringan Rp150.000
Jasa service besar (angkat pipa dari sumur) Rp400.000
Jasa pemasangan pompa Rp150.000 – Rp300.000
Jasa bongkar pasang Rp200.000 – Rp350.000

Dengan mengetahui kisaran biaya service pompa air, Anda bisa berjaga-jaga jika suatu saat mesin pompa mengalami kerusakan. Mengingat keberadaan sumber air memang sangat penting bagi rumah tangga maupun industri.

 416 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja