Biaya Transfer via RTGS & LLG di BCA

Berikut kami informasikan mengenai biaya transfer via RTGS & LLG di BCA, sebagai berikut:

Pengertian & Manfaat Layanan RTGS

RTGS atau Real Time Gross Settlement merupakan jasa transfer uang valuta rupiah antar-bank, baik dalam satu kota maupun dalam kota yang berbeda, secara real time. Hasil transfer efektif dalam hitungan menit. Transfer RTGS ini dapat dilakukan di seluruh cabang bank, pengiriman hanya dalam bentuk rupiah, dan batas waktu transfer sesuai waktu yang ditentukan bank yang bersangkutan.

RTGS dapat digunakan baik oleh perorangan maupun badan usaha atau badan hukum. Layanan transfer ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya memudahkan nasabah dalam melakukan transfer bisnis sehingga kredibilitas nasabah dapat terjamin, dana yang ditransfer nasabah dalam hitungan menit dapat diterima di bank tujuan dengan aman dan mudah, serta tidak perlu membawa uang tunai untuk menyelesaikan urusan bisnis.

Pengertian & Manfaat Layanan LLG

Sementara, LLG atau Lalu Lintas Giro adalah layanan transfer dalam kota yaitu jasa pemindahan dana antar-bank dalam satu wilayah kliring lokal. Layanan ini memiliki karakteristik dana berasal dari pembayaran tunai atau pendebetan rekening, pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah, dan batas waktu transfer sesuai dengan jadwal kliring yang ditentukan bank.

Beberapa manfaat layanan transfer LLG di antaranya pemindahan dana dengan aman dan mudah, waktu pengiriman cepat, penerima lebih memercayai pembayaran dengan LLG, dan ketika transfer, dapat diikutsertakan berita singkat. Sama seperti RTGS, layanan transfer LLG juga diperuntukkan perseorangan maupun badan usaha atau badan hukum.

Baca Juga:   Biaya & Cara Transfer OVO ke BCA

Biaya RTGS dan LLG BCA

Transaksi Biaya (Rp)
Transaksi di Kantor Cabang
KU RTGS 35.000
KU LLG 5.000
KU untuk pembayaran kartu kredit bank lain 5.000
KU RTGS untuk non nasabah 35.000
KU LLG untuk non nasabah 5.000
KU per alamat 30.000
Transaksi KlikBCA Individu
Transfer dana ke bank lain (LLG) 5.000
Transaksi KlikBCA Bisnis
Transfer dana ke bank lain (LLG) 5.000
Transfer dana ke bank lain (RTGS) 25.000
Transfer auto-credit ke domestic bank lain melalui LLG 5.000
Transfer auto-credit ke domestic bank lain melalui RTGS 25.000
Transfer auto-transfer ke domestic bank lain melalui LLG 5.000
Transfer auto-transfer ke domestic bank lain melalui RTGS 25.000

Biaya transfer via LLG dan RTGS pada tahun 2020 ini dengan tahun 2018 lalu pada dasarnya masih relatif sama. Namun pihak BCA kini membedakan biaya layanan antara transaksi yang dilakukan di Kantor Cabang BCA dengan KlikBCA.

Limit Transaksi & Batasan Waktu LLG dan RTGS BCA

Di BCA sendiri, diberlakukan limit transaksi transfer ke rekening bank dalam negeri melalui LLG, yaitu ≤ (kurang dari atau sama dengan) Rp500 juta per transaksi. Nominal ini mengalami perubahan dibandingkan tahun 2018 lalu yang besarannya minimum Rp10.000 sampai Rp100.000.000 per transaksi. Selain itu, diberlakukan juga batasan waktu layanan melalui LLG, yaitu pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Sedangkan untuk RTGS besar nominalnya harus lebih dari Rp100 juta dengan jam transaksi antara pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Anda dapat melakukan transaksi ini melalui salah satu produk layanan BCA yaitu KlikBCA.

Baca Juga:   Referensi Biaya Les Privat

Apa Itu KlikBCA?

KlikBCA merupakan sebuah produk perbankan elektronik yang hadir untuk menawarkan kemudahan transaksi perbankan. Akses layanan perbankan dalam jangkauan satu klik saja melalui internet di komputer atau smartphone Anda.

Keunggulan KlikBCA

Keunggulan utama yang diklaim dari layanan KlikBCA antara lain aman, terlindungi dalam berbagai cara, dapat melakukan berbagai transaksi seperti di ATM, kepraktisan dalam bertransaksi, bisa dilakukan melalui smartphone.

Keuntungan menggunakan KlikBCA antara lain dapat menikmati kepraktisan dalam bertransaksi, karena Anda tidak perlu repot ke bank atau ATM (kecuali apabila ingin mengambil uang tunai). Anda bisa bertransaksi kapan saja selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan di mana saja.

Biaya RTGS memang sedikit lebih mahal daripada metode transfer lainnya. Hal ini dikarenakan transfer RTGS, dapat sampai ke rekening tujuan dalam waktu relatif singkat. Tetapi, ada beberapa kondisi di mana uang yang ditransfer mungkin tidak sampai ke rekening tujuan saat itu juga. Misalnya, ketika Anda melakukan transfer pada pukul 15.00 atau jam tutup bank. Maka, uang transfer RTGS akan sampai pada keesokan harinya.

Ada kondisi lain, seperti saat Anda transfer pada penghujung bulan seperti tanggal 30 atau 31. Maka, uang yang Anda kirim bisa sampai ke rekening tujuan selang 1 hari kerja. Hal ini dipengaruhi oleh tutup bank yang dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga:   Biaya Pengurusan Visa Schengen

Ketika Anda melakukan transaksi bisnis dengan nilai yang cukup besar, RTGS bisa menjadi pilihan. Misalnya, saat Anda diharuskan untuk melakukan transfer dengan nominal melebihi Rp100 juta, maka disarankan menggunakan RTGS. Dengan memakai jenis transaksi ini, Anda tidak perlu melakukan tarik tunai untuk transfer uang ke rekening lain (tujuan).

Sedangkan, untuk LLG, dianggap berguna bagi Anda yang melakukan transfer antar bank, baik dilakukan melalui mobile, internet banking serta teller bank. LLG sendiri merupakan suatu mekanisme dalam pembayaran yang mewajibkan sebuah bank untuk melakukan proses kliring terlebih dahulu. Atau lebih tepatnya, bank melakukan suatu tindakan pemeriksaan apakah saldo rekening Anda yang akan ditransfer benar-benar cukup atau tidak. Prosedur transfer LLG hingga dana sampai ke rekening penerima bisa memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2 hingga 3 hari kerja.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 21 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja