Cara Merawat dan Biaya Service Interior Mobil

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Cara Merawat dan Biaya Service Interior Mobil, sebagai berikut:

Cara Merawat Interior Mobil

Berikut adalah cara membersihkan interior mobil dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan service interior mobil.

1. Bersihkan Dashboard

Dashboard adalah bagian di paling depan dari kabin mobil yang akan langsung terlihat oleh penumpang. Pertama menaiki mobil, pasti kita akan langsung melihat dashboardnya. Jadi, apabila dashboard mobil kamu kotor, pasti akan langsung terlihat.

Untuk membuat dashboard terlihat bersih, kamu bisa menggunakan kemoceng atau kuas kecil untuk menghilangkan debu-debu di bagian sudutnya sekaligus lubang AC yang ada di sekitarnya.

Kemudian kamu bisa menggunakan cairan pembersih dashboard atau air hangat untuk menggosok permukaan dashboard. Gunakan lap microfiber, jika ada kamu bisa gunakan lap microfiber yang khusus untuk interior mobil.

Kemudian, kamu bisa mengoleskan cairan anti UV atau cairan biopolish leather care agar terlihat mengkilap dan dashboard tidak kering saat terpapar sinar matahari.

2. Gunakan Karpet

Karpet dalam interior mobil berfungsi untuk melapisi mobil kamu. Dengan begitu kotoran seperti air, pasir, maupun sisa-sisa makanan tidak langsung jatuh dan mengotori mobil. Jadi, kamu tidak perlu langsung ke tempat cuci mobil untuk membersihkan lantai mobil, bisa dilepas saja karpetnya kemudian dibersihkan.

Cara membersihkan karpet mobil cukup mudah. Kamu cukup mencucinya dengan sabun lalu disikat dan keringkan. Untuk membersihkan bagian lantai mobil, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran dan debu.

Baca Juga:   Harga Mitsubishi Canter 125 HD Baru & Bekas Per 26 April 2021

Tips memilih karpet mobil di antaranya, gunakan karpet mobil dengan bahan karet antislip. Karpet mobil anti slip ini mudah dibersihkan dan bisa digunakan untuk semua jenis mobil. Karpet juga berfungsi agar tidak licin saat kamu sedang mengemudi.

Satu set karpet mobil terdiri dari dua buah karpet bagian depan serta dua karpet untuk kursi penumpang bagian tengah.

Karpet mobil juga bisa membuat mobil kamu semakin stylish, lho!

3. Sediakan Pengharum Mobil

Bau tidak sedap seperti bau sisa makanan yang terjatuh dan bau rokok pasti membuat penumpang mobil menjadi tidak nyaman selama di perjalanan. Maka dari itu, gunakan pengharum mobil.

Pilihlah pengharum mobil yang sesuai dengan selera kamu. Tetapi, jangan gunakan pengharum mobil yang berbau tajam. Hal itu bisa menyebabkan penumpang mobil kamu pusing karena mencium aroma yang terlalu kuat.

Produk parfum mobil memiliki klaim, berapa lama satu produk bisa bertahan. Sebaiknya pilihlah parfum mobil yang memiliki masa pakai yang lama, biasanya sekitar 60 hari atau dua bulan.

Selain pengharum mobil, untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam mobil, kamu bisa menggunakan penjernih udara. Kamu bisa mencari deodorizing filter dan plasma ionizer untuk menetralisasi partikel debu kecil, virus, dan bakteri di mobil.

Baca Juga:   Biaya dan Syarat Pendaftaran Jaminan Fidusia

4. Bersihkan Jok

Jok mobil adalah salah satu area paling luas pada interior mobil. Kebersihan jok mobil sangat penting karena bersentuhan langsung dengan tubuh penumpang.

Jika kamu ingin membuat jok mobil selalu terlihat baru, kamu bisa menggunakan seat cover agar mudah dilepas dan dicuci. Akan tetapi, sebenarnya mudah kok membersihkan jok mobil. Kamu bisa menggunakan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai, hingga penghisap debu atau vacuum cleaner.

5. Bersihkan Plafon

Area langit-langit atau plafon mobil memang jarang diperhatikan. Tetapi, justru sebenarnya bagian langit-langit ini banyak menyimpan debu.

Kamu bisa menggosok plafon mobil menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun cuci khusus. Jangan terlalu basah agar langit-langit mobil tidak menjadi lembap dan malah bikin bau tidak sedap. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kering untuk menyerap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.

Biaya Service Interior Mobil

Terkadang, ada bagian interior mobil yang rusak atau terlalu usang sehingga perlu dilakukan penggantian. Jasa service interior mobil berbeda-beda tergantung komponen yang diperbaiki.

Biaya pemasangan plafon model gantung di SUV dikenakan biaya Rp 900 ribu sedang MPV Rp 1,3 juta. Untuk pemasangan plafon model tempel di SUV Rp 1,5 juta dan di MPV Rp 2 juta.

Kain pelapis door trim juga menjadi salah satu yang menjadi perhatian. Lapis kulit material door trim seluruh panel menggunakan kulit sintetis, biasanya dikenakan sekitar Rp400 ribu, sementara kulit asli sekitar Rp900-1 jutaan.

Baca Juga:   Biaya Jasa Cuci Mobil

Material kulit juga biasa dipakai untuk melapisi dashboard. Pelapisan seluruh dashboard dengan menggunakan kulit asli dapat memakan biaya sekitar Rp 4 juta. Begitu juga dengan bagian setir. Bila setir juga ingin dilapisi dengan bahan kulit, biayanya Rp 600 ribu dan ada tambahan Rp100 ribu untuk model perforated.

Yang terakhir, penggantian kulit jok dengan kulit asli. Biayanya bisa mencapai Rp10 jutaan untuk dua baris tempat duduk. Sedangkan untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp13 jutaan. Kulit ini adalah kulit asli impor.

Kelebihan bahan impor adalah warnanya yang menyerupai bahan pelapis asli. Selain itu, kelenturan dan elastisitas lebih baik daripada bahan kulit kebanyakan. Sebagai alternatif, tersedia pilihan kulit sintetis lokal yang biasanya dibanderol lebih murah, yaitu kisaran Rp5-7 jutaan.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Cara Merawat dan Biaya Service Interior Mobil, semoga bermanfaat.

 468 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja