Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Bersama Ini Kami Sampaikan Informasi Tentang Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, sebagai berikut:

Bicara tentang laptop dan windows 10, tentunya kedua hal ini sudah bukan lagi sesuatu yang asing untuk sebagian orang. Karena memang, latpop sendiri menjadi salah satu gadget yang banyak digunakan untuk menunjang pekerjaan.

Banyak dari mereka yang menggunakan laptop untuk mengerjakan beragam hal, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, tugas pekerjaan, laporan, atau bahkan untuk sekedar hiburan seperti menonton youtube, dan mengakses internet.

Hal ini sendiri erat kaitannya dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah serba modern. Di mana kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari internet, dari beragam perangkat, salah satunya ialah laptop.

Bayangkan, jika dahulu kita harus mengerjakan laporan secara tertulis menggunakan kertas, pulpen ataupun pensil, saat ini kita bisa dengan mudah membuat laporan tersebut dengan aplikasi microsoft office yang bisa kita akses melalui windows.

Selain itu, ada banyak hal dan juga ragam cara yang bisa kita bagikan melalui internet. Salah satunya adalah video tutorial. Sebagaimana kita tau, saat ini ada banyak orang orang yang memiliki laptop dan mulai bekerja secara freelance atau mencari uang melalui youtube.

Mereka biasa membuat video tutorial mengenai suatu aplikasi atau program, atau bahkan menjadikan laptop mereka sarana untuk bermain game, yang kemudian video nya bisa di record dan di unggah ke youtube.

Hal ini sangat menguntungkan untuk para masyarakat yang hidup di zaman serba digital seperti saat ini. Maka dari itu, tak heran jika sekarang kita akan lebih sering melihat orang orang bekerja dengan menggunakan laptop baik di kafe, atau bahkan di area outdoor lainnya.

Baca Juga:   Harga Lisensi Windows 10 (Home, Pro, Education)

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Padahal, cara merekam layar laptop windows 10 sendiri bisa dilakukan dengan beragam cara mudah atau bahkan dengan menggunakan ragam aplikasi yang memang di khususkan untuk melakukan perekaman layar pada laptop.

Seperti yang akan kita bagikan berikut ini, kita akan mengulas sedikit tentang cara merekam layar pada laptop khususnya Windows 10 yang bisa jadi referensi untuk kamu yang mengalami kesulitan dalam hal ini, apa saja cara-caranya?

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 dengan OBS Studio

Cara pertama yang paling mudah untuk merekam layar laptop windows 10 adalah dengan menggunakan OBS Studio. Aplikasi ini merupakan salah satu perekam layar terbaik yang banyak digunakan paengguna laptop ataupun youtuber untuk merekam layar laptop mereka.

  1. Kamu bisa mendownload aplikasi OBS Studio melalui link https://obsproject.com/download dan memilih versi sesuai dengan OS kalian
  2. Setelah itu, tunggu sampai proses downloadnya selesai dan langsung saja install apliksainya
  3. Setelah terinstall, kamu bisa langsung membuka aplikasi OBS Studio tadi, dan melakukan setting atau pengaturan pada fitur perekaman layar
  4. Untuk melakukan pengaturan, kamu bisa mengubah format codec yang digunakan menjadi h264 dengan format rekaman berupa .mp4, .mkv, ataupun .avi
  5. Sesuaikan saja dengan format video yang menurutmu kompetibel dengan laptop kalian
  6. Dan jika sudah selesai, kamu bisa langsung klik pada start recording untuk memulai proses perekaman layar.

Kalau kamu bingung soal penggunaan dari OBS Studio ini, kamu bisa mencari tutorial lengkapnya melalui laman youtube, atau bahkan blog yang membahas tentang tutorial OBS lainnya.

Baca Juga:   Harga Terbaru Adobe Premier Pro Original

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 dengan Bandicam

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Bandicam yang memang hampir mirip dengan OBS Studio. Hanya saja, untuk Bandicam sendiri tidak memiliki fitur untuk melakukan live streaming. Namun, dengan menggunakan Bandicam ini, para pengguna bisa merekam layar laptop mereka, tanpa kendala. Caranya

  1. Download terlebih dahulu aplikasi bandicam melalui situs resminya di https://bandicam.com
  2. Setelah itu kamu bisa menginstall aplikasi Bandicamnya seperti biasa hingga selesai
  3. Setelah selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi Bandicam yang sudah di install tadi
  4. Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal melakukan pengaturan pada format video yang nantinya bisa kamu gunakan setelah proses perekaman layar selesai dilakukan
  5. Dan untuk merekamnya, kamu bisa mengklik pada icon merah bulat.

Penting untuk di catat, walaupun aplikasi bandicam ini bisa kamu gunakan di laptop, kamu harus terlebih dahulu melakukan pembelian untuk menghilangkan watermark ketika merekam layar. Atau, kamu bisa mencari versi full versionnya di google.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 dengan Camtasia

Kemudian untuk aplikasi yang ketiga adalah kamu bisa menggunakan Camtasia. Berbeda dengan OBS dan Bandicam, Camtasia ini jauh lebih kompleks karena memang aplikasi ini bisa membantu kamu untuk melakukan perekaman layar sekaligus editing di aplikasinya.

  1. Silakan download aplikasi camtasia dari Google yang bisa kamu dapatkan secara gratis
  2. Setelah itu kamu bisa menginstallnya seperti biasa
  3. Setelah proses installasi selesai, kamu akan menemukan icon camtasia di bagian destkop laptop kalian
  4. Lalu, klik pada tombol record screen untuk memulai proses perekaman layar
  5. Dan setelah selesai, secara otomatis hasil rekamanmu tadi akan muncul di tampilan video editing dari camtasia
Baca Juga:   Update Harga Tinta Printer Canon PIXMA iP2770 (Hitam dan Warna)

Apabila kamu ingin merekam layar menggunakan Camtasia, pastikan kamu memiliki laptop dengan minimal RAM sekitar 2 GB atau 4 GB. Karena memang aplikasi ini cukup berat jika di jalankan pada laptop yang memiliki RAM kurang dari 4 GB. Walaupun demikian, untuk sekedar merekam layar aplikasi ini masih bisa di andalkan kok.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 dengan ShareX

Dan aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar di laptop windows 10 adalah dengan menggunakan ShareX. Buat yang belum tau, aplikasi ShareX ini merupakan aplikasi open source dan gratis yang mana memang menjadi pilihan untuk para pengguna yang ingin merekam ataupun melakukan screenshoot pada laptop yang digunakan. Namun, selain itu para pengguna juga bisa kok merekam layar menggunakan ShareX. Caranya

  1. Silakan download aplikasi ShareX melalui situs https://getsharex.com/downloads/
  2. Setelah itu kamu bisa menginstall aplikasi ShareX nya seperti biasa hingga selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi ShareX
  4. Dan untuk melakukan perekaman layar menggunakan ShareX, kamu bisa menggunakan shortcut berupa CTRL+SHIFT+PrintScreen untuk memulai perekaman layar.

Demikian kami sampaikan informasi Tentang Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, semoga bermanfaat.

 38 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja