Harga Minyak Cengkeh (Cengkih) di Pasaran Terbaru

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Harga Minyak Cengkeh (Cengkih) di Pasaran Terbaru, sebagai berikut:

Minyak cengkeh, atau cengkih, telah dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Ditawarkan dengan harga mulai belasan ribu rupiah untuk kemasan 30 ml, minyak cengkeh ini diyakini mampu membantu mengobati sakit gigi, mencegah peradangan, mengatasi mual dan muntah, meningkatkan sistem pencernaan, hingga menjaga kecantikan rambut.

Minyak ini sendiri merupakan minyak atsiri yang dihasilkan dari proses penyulingan bagian tanaman cengkeh, terutama daun dan bunga cengkeh. Seluruh bagian tanaman cengkeh memang mengandung minyak, namun bagian bunga memiliki kandungan minyak yang paling tinggi. Karena daun dan ranting cengkeh juga menghasilkan minyak, keduanya pun menjadi penghasilan sampingan bagi petani cengkeh yang memanen bunga cengkeh untuk industri rokok.

Minyak cengkeh dikatakan mengandung eugenol sebanyak 78 persen hingga 98 persen. Zat tersebut dihasilkan dari kelenjar minyak yang terdapat pada permukaan tubuh bunga cengkeh. Secara umum, daun dan ranting cengkeh mengandung eugenol dengan konsentrasi lebih banyak dibandingkan bunga cengkeh. Pada minyak yang dihasilkan dari daun cengkeh, terdapat 82 persen sampai 88 persen eugenol, sedangkan eugenol minyak cengkeh yang berasal dari bagian ranting mencapai 90 persen sampai 95 persen.

Baca Juga:   Harga Stik Keju per Kilo Terbaru

Menurut situs The Secret Yumiverse, minyak cengkeh mampu meredakan sakit gigi. Caranya adalah cukup mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas atau cotton bud ke area gigi yang terinfeksi. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat membantu mengatasi bau mulut, dengan cara berkumur menggunakan air yang telah diberi beberapa tetes minyak cengkeh.

Masih menurut sumber yang sama, untuk masalah kulit, selain masalah jerawat, minyak ini juga mampu mengatasi penyakit kulit seperti kulit kering dan stretch mark. Caranya, cukup tambahkan beberapa tetes minyak cengkeh pada lotion atau pelembap yang Anda gunakan sehari-hari. Pastikan Anda menggunakan minyak pendamping, seperti minyak kelapa atau minyak almond, karena saat mengoleskan minyak cengkeh ke kulit, maka sensasi terbakar atau iritasi bisa terjadi.

Baca Juga:   Harga Boncabe Level 2, 3, 10, 15 di Pasaran Per 28 April 2021

Nah, untuk perawatan rambut, minyak cengkeh dapat menjadi kondisioner alami yang bisa membuat rambut kering berubah menjadi lembap dan lebih hitam berkilau. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, dengan cara mengoleskan minyak cengkeh secara merata ke kulit kepala sambil dipijat secara perlahan selama sekitar 15 menit.

Harga Minyak Cengkeh

Merek Minyak Cengkeh Harga
PJ Walikukun 30 ml Rp19.000
Al-Ghuroba 25 ml Rp25.000
Cap Gajah 50 ml Rp31.581
Happy Green Clove Leaf Essential Oil 10 ml Rp32.000
Darjeeling Clove Bud Essential Oil 30 ml Rp48.000
Cap Merpati 100 ml Rp85.000

Harga minyak cengkeh di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.Jika dibandingkan dengan tahun 2019, harga minyak cengkeh tahun 2020 mengalami kenaikan. Misalnya, minyak cengkeh merk PJ Walikukun 30 ml yang sebelumnya dijual dengan harga Rp20 ribu, naik menjadi Rp22 ribuan. Sementara itu, harga minyak cengkeh tahun 2021 ada yang turun dan ada yang naik. Sebagai contoh, minyak cengkeh PJ Walikukun 30 ml yang semula dibanderol Rp22 ribuan, turun menjadi Rp19 ribu. Sementara, minyak cengkeh merk Al-Ghuroba 25 ml yang semula dilepas dengan harga Rp23 ribu, naik menjadi Rp25 ribu.

 18 total views,  1 views today