Info Upadte Kisaran Biaya Sedot WC Mampet

WC merupakan salah satu fasilitas penting yang harus tersedia di masing-masing rumah. Ini adalah perlengkapan rumah yang punya fungsi utama sebagai tempat pembuangan kotoran, baik urine maupun feses. Seiring waktu, WC ternyata juga bisa mampet akibat kotoran yang menumpuk. Nah, agar tidak mampet dan mengeluarkan bau menyengat, saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan sedot WC dengan biaya yang dapat dikatakan relatif terjangkau.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sanitasi lingkungan. Ini dapat dikatakan sebagai status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan pembuangan kotoran, penyediaan air bersih, dan sebagainya. Sanitasi lingkungan terutama ditujukan untuk memenuhi persyaratan lingkungan yang sehat dan aman, dengan upaya dasar mencakup sarana pembuangan kotoran manusia, sarana pembuangan sampah, saluran pembuangan air limbah, dan penyediaan air bersih.

Sarana pembuangan kotoran manusia atau yang biasa disebut WC (jamban) harus dimiliki oleh setiap keluarga, yang tentu saja harus terawat atau bersih dan sehat. Pasalnya, WC yang terawat dapat mencegah pencemaran lingkungan dari kotoran manusia dan sebagai tanda bahwa keluarga tersebut tidak buang air besar di sembarang tempat.

Sayangnya, seiring semakin meningkatnya jumlah penduduk, terutama di daerah perkotaan, kondisi lingkungan yang bersih memang sudah semakin jarang ditemui. Pasalnya, diakui atau tidak, hingga saat ini, masih banyak orang yang belum terlalu peduli dengan kebersihan lingkungannya, baik lingkungan di rumah pribadi maupun lingkungan di kampung atau perumahan.

Baca Juga:   Biaya dan Syarat Sertifikasi CPA di Indonesia

Sebenarnya, gaya hidup sehat berawal dari kebersihan rumah, yang salah satunya adalah pengelolaan limbah rumah tangga yang baik. Karena itu, tidak perlu menunggu WC mampet, ada baiknya Anda menyedot septic tank secara rutin. Menyedot WC merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih, nyaman, dan sehat. Ada banyak hal-hal buruk yang akan diperoleh jika Anda mengabaikan WC yang mampet atau penuh, seperti WC menjadi sulit disiram dan dibersihkan hingga air akan meluap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga WC tidak dapat digunakan.

Di samping itu, limbah rumah tangga, dalam hal ini kotoran manusia atau lumpur tinja, juga dapat menjadi sumber pencemar yang terdiri atas padatan terlarut di dalam air, yang sebagian besar mengandung material organik. Lumpur tinja juga mengandung berbagai macam mikroorganisme, seperti bakteri dan virus, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti kolera, diare, muntaber, penyakit kulit, dan sebagainya. Nah, untuk mencegah hal ini, salah satu caranya adalah rutin melakukan sedot WC.

Untuk menyedot WC, saat ini sudah banyak jasa penyedotan WC yang tersebar di masing-masing kota atau daerah. Biaya atau tarif jasa penyedotan WC sendiri sangat bervariasi, tergantung wilayah, kebijakan masing-masing jasa, serta kapasitas limbah pada truk penampungan. Umumnya, ada truk yang menampung limbah dengan kapasitas 2 meter kubik, 4 meter kubik, hingga 6 meter kubik.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Kelas Karyawan Online S1 Sistem Informasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

Biaya Sedot WC

Pada 2019 lalu, untuk wilayah Jakarta, Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta mematok sedot tinja per 5 meter kubik di angka sekitar Rp450 ribu. Namun, kalau memakai jasa swasta, tarif tergantung negosiasi, biasanya harga patokan berkisar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per meter kubik. Namun, ada juga penyedia jasa yang mematok harga hingga Rp300 ribu per satu mobil.

Kemudian, berdasarkan penelusuran penulisan lewat iklan di salah satu situs jual beli online, pada tahun 2020 kemarin, biaya jasa sedot WC di kawasan Jakarta, serta daerah lainnya seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang, dipatok di angka Rp350 ribuan. Namun, ada juga layanan yang menawarkan jasa sedot WC dengan biaya Rp400 ribuan hingga Rp600 ribuan.

Sementara itu, di daerah lainnya, di Malang misalnya, sebuah jasa sedot WC mematok tarif mulai Rp350 ribu sampai Rp850 ribuan untuk satu tangki, tergantung kondisi yang dikerjakan. Sementara, biaya sedot WC per kubik dipatok di kisaran harga Rp110 ribuan sampai dengan Rp400 ribuan, tergantung kondisi kotoran yang disedot.

Lalu, berapa biaya sedot WC pada tahun 2021? Salah satu penyedia jasa di kawasan Surabaya mematok tarif sedot WC sebesar Rp45 ribu per strip atau per m3, sedangkan biaya service saluran mampet atau buntu berkisar Rp100 ribu hingga Rp150 ribuan. Masih di kota yang sama, penyedia yang lain menawarkan jasa sedot WC sebesar Rp50 ribu per strip dan biaya perbaikan saluran mampet mulai Rp400 ribu hingga Rp650 ribuan.

Baca Juga:   Kisaran Biaya Service AC Terbaru (Bongkar, Pasang, Tambah Freon, dll)

Biaya Sedot WC

Area Biaya Sedot WC
Bandung Rp250.000 – Rp350.000 per 5 m3
Jakarta Rp300.000 – Rp500.000 per 5 m3
Malang Rp45.000 – Rp120.000 per m3
Semarang Rp150.000 – Rp300.000 per 5 m3
Sleman Rp250.000 – Rp350.000 per 5 m3
Surabaya Rp45.000 – Rp150.000 per m3

Biaya sedot WC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi penyedia jasa dan berbagai situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa tarif sedot WC tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga jasa sedot WC kemungkinan juga bisa berbeda di masing-masing lokasi.

 539 total views,  3 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja