Menghitung Biaya Pengelesan

Berikut kami informasikan mengenai Biaya Pengelesan, sebagai berikut:

Biaya pengelasan menjadi salah satu hal penting yang poerlu diperhitungkan bagi perusahaan baik perusahaan bidang Steel Construction, Steel equipment manufacturer, oil dan gas, pemtambanga, bengkel, perbaikan mesin. Biaya pengelasan menjadi salah satu item yang sangat diperhatikan disamping harga dari materialnya. Untuk menghitung biaya pengelasan per kg logam las (weld metal), beberapa data yang perlu kita ketahui adalah :

  1. Operating Factor ( % ). Yang dimaksud dengan “Operating Factor” adalah persentasi dari jumlah jam kerja seorang welder untuk pekerjaan las. Maksudnya, jika total jam kerja seorang welder 8 jam perhari, dan welder tersebut bekerja menyalakan api las selama 2 jam, maka Operating Factor dari welder tersebut adalah 2/8 x 100% = 25%. Dari hasil pengalaman, biasanya nilai operating factor untuk SMAW = 30%, GMAW dan FCAW (manual) = 45% dan untuk GMAW dan FCAW (automatic) = 75%.
  2. Biaya Pegawai dan Overhead per jam . Biasanya klien tidak mempunyai data ini yang akurat dan detail, namun biasanya mereka mempunyai data dengan nilai “kira-kira”. Untuk sementara data “kira-kira” bisa digunakan untuk menghitung.
  3. Deposition Rate ( Kg/Jam ). Yang dimaksud dengan “Deposition Rate” adalah berat logam las yang dapat dihasilkan dalam satuan waktu ( Jam ). Biasanya masing-masing manufacturer mempunyai data Deposition Rate produknya untuk setiap type.
  4. Harga Kawat Las Per Kg
  5. Deposition Efficiency ( % )
  6. Gas Flow Rate ( Ltr/min ). Untuk GMAW ( Solid Wire ) dan FCAW diameter = 16 Ltr/Min.
  7. Harga Gas per liternya
Baca Juga:   Biaya Kuliah di STIE UniSadhuguna Business School

Rumus Menghitung Biaya Pengelasan Per Kg Logam Las

Cara Menghitung Biaya Pengelasan 2

Contoh kasus sebagai berikut ini :

Pekerjaan pengelasan menggunakan proses SMAW  dengan kawat las dengan harga Rp. 200.000,- per Kg. Jika diketahui, Biaya pegawai dan overhead perusahaan per jamnya Rp. 60.000,- => Berapa biaya pengelasan per kg logam lasnya ?.

Perhitungan 

Jika digunakan ampere sebesar 120 Amps, maka nilai Deposition ratenya adalah 1,2. Kg/jam dengan Deposition Efficiency : 62% dan Operating factor = 30%. Dengan menggunakan Rumus diatas, maka didapat :

60.000

Biaya Pegawai dan Overhead = —————————— = Rp. 166.666

1,2    x    0,3

200.000

Biaya Kawat Las                        =     ————————–  = Rp. 645.161

0.62

Total Biaya Pengelasan per kg logam las = Rp. 322.580

Baca Juga:   Biaya Pembuatan Website Sendiri dengan Menggunakan Jasa Terbaru

Rumus perhitungan diatas bisa juga anda aplikasikan jika pengelasan dilakukan dengan GMAW, FCAW ataupun SAW.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 14 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja