Perkiraan Biaya Pasang AC Mobil

Berikut ini biaya.info menyampaikan informasi tentang Perkiraan Biaya Pasang AC Mobil sebagai berikut:

Secara umum, AC pada kendaraan roda empat bisa dibagi menjadi dua jenis atau tipe. Model pertama adalah AC single blower, yang seperti namanya, hanya memiliki satu blower yang biasanya diletakkan di depan. Sementara, jenis kedua adalah AC double blower, yang selain memiliki blower di kabin depan, juga punya blower lain yang berada di kabin belakang.

Khusus untuk AC mobil jenis double blower, banyak konsumen yang mengeluhkan ‘kenapa kabin depan lebih dingin dibandingkan kabin belakang’. Ini salah satunya dikarenakan blower yang digunakan perangkat tersebut berbeda. Blower pada bagian depan adalah blower primer, sedangkan blower di bagian belakang hanya tambahan. Jadi, sangat wajar jika kabin depan terasa lebih dingin jika dibandingkan kabin sebelah belakang.

Baca Juga:   Biaya Perpanjangan STNK Tahunan dan 5 Tahunan

Komponen AC Mobil

  • AC mobil secara umum memiliki lima komponen dasar yang harus ada. Kelima komponen dasar yang terdapat di dalam AC mobil adalah sebagai berikut.
  • Kompresor, ini adalah komponen utama AC yang berfungsi untuk melakukan sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon.
  • Kondensor, ini adalah bagian yang berguna menyerap panas pada freon yang telah menerima kompresi, selain bertugas mengubah freon dalam bentuk gas menjadi cair.
  • Filter dryer, sesuai namanya, komponen ini berguna untuk melakukan filter atau menyaring uap air di dalam sistem AC mobil.
  • Ekspansi valve, bagian ini berfungsi mengubah freon dari bentuk cair menjadi uap, yang bertujuan membuat cairan tekanan tinggi untuk disemprotkan ke evaporator.
  • Evaporator, berguna sebagai penampung dingin dari freon yang sudah berubah wujud menjadi uap.
Baca Juga:   Biaya Service ECU mobil di Bengkel

Biaya Pasang AC Mobil

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang komponen AC pada mobil? Biaya pemasangan AC bervariasi, tergantung jenis dan merk AC yang ingin digunakan. Pada tahun 2019 lalu, salah satu bengkel AC di kawasan Jakarta mematok biaya pemasangan sebesar Rp2 jutaan dengan garansi selama satu tahun. Sementara, pemasangan AC double blower dengan produk Thailand dipatok Rp2,5 juta sampai Rp3 jutaan.

Nah, apabila Anda kebetulan memiliki anggaran yang cukup besar dan menginginkan kualitas jempolan, Anda bisa menggunakan AC double blower merk ND yang sekarang dilepas dengan harga berkisar Rp4,5 juta hingga Rp5 jutaan. Merk ini sebenarnya memiliki kualitas yang mirip dengan brand asal Thailand, tetapi berbeda penggunaan material.

Sementara, untuk tahun 2020, jika ingin memasang sistem double power pada Toyota Calya, bisa memakai double blower Denso milik Suzuki Ertiga dan menyiapkan bujet Rp3 jutaan. Sementara, apabila berencana memasang AC untuk mobil pick up, biayanya berkisar Rp4,5 jutaan, kemudian harga untuk mobil hardtop mulai Rp5,5 jutaan, dan biaya untuk pemasangan AC di truk mulai Rp6 jutaan.

Baca Juga:   Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Lalu, untuk tahun 2021 ini, biaya pasang AC mobil secara umum belum jauh berbeda. Biaya pasang AC untuk mobil Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia ditaksir sebesar Rp5 jutaan. Sementara, tarif pasang AC untuk mobil hardtop juga masih berkisar Rp5,5 jutaan. Namun, untuk pemasangan AC double blower, harganya mulai Rp8 juta hingga Rp9 jutaan untuk mobil jenis MPV, sudah termasuk ongkos jasa pasang.

 

 591 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja