Rincian Biaya Mendirikan Usaha Fried Chicken

Berikut kami informasikan mengenai Biaya mendirikan usaha fried chicken, sebagai berikut:

Ini dia salah satu jenis usaha yang paling banyak konsumen dan penggemarnya. Ya, usaha jualan ayam goreng atau fried chicken. Biasa juga disebut juga ayam goreng berbalut tepung. Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha fried chicken konsep kaki lima maupun restoran di kota maupun pedesaan terpencil. Bahkan jarak antara satu gerai berdekatan dengan gerai lain. Dan tetap laris manis. Hal ini membuktikan bahwa fried chicken memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dan hampir setiap orang dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan lanjut usia menyukai kuliner ini sebagai menu pendamping nasi.

Prospek Usaha Fried Chicken
Prospek usaha ayam goreng fried chicken terbilang sangat menjanjikan. Karena setiap orang hampir menyukai daging ayam yang mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bisnis ayam goreng fried chicken termasuk usaha kuliner yang selalu dibutuhkan setiap orang selama hidup di muka bumi. Kelebihan lainnya, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap makanan bergizi membuat usaha fried chicken laku keras.

Anda tidak salah untuk memilih membuka usaha ayam goreng fried chicken yang menjanjikan keuntungan sangat besar perhari. Karena untuk pangsa pasar dan konsumen usaha fried chicken cukup luas. Kalangan anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak dan kakek nenek menyukai ayam goreng berbalut tepung ini. Penulis tidak pernah mendapatkan gerai  usaha fried chicken sepi konsumen. Usaha berjualan fried chicken tidak mengenal istilah sepi pembeli. Selalu laris manis.

Kekurangan Usaha Ayam Goreng Fried Chicken

Namun yang menjadi kekurangan usaha ayam goreng fried chicken adalah tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sobat bisa menjumpai berbagai gerai jualan fried chicken di pinggir jalan dengan jarak yang tak terlalu jauh. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dari mulai Rp 5000 hingga Rp 20 ribu. Hal ini kadang membuat persaingan usaha tidak sehat. Dimana kadang terjadi saling perang harga yang membuat keuntungan usaha fried chicken tak terlalu besar perhari.

Baca Juga:   Biaya Sertifikasi ISO 9001 & Manfaatnya

Bagi anda pemula yang tertarik untuk terjun membuka usaha fried chicken tentu bertanya-tanya mengenai perhitungan modal usaha fried chicken. Tenang saja untuk memulai usaha fried chicken bisa dengan modal kecil. Berikut ini rincian biaya modal usaha fried chicken dari awal hingga buka bagi pemula, antara lain:

▪ Modal Investasi
1. Gerobak atau booth sebagai tempat display harga Rp 4 juta
2. Wadah, baskom, wajan, kursi, meja, gas elpiji 3 kg, kompor dll Rp 2 juta

Total  biaya investasi Rp 6 juta.

▪ Modal Operasional
1. Belanja ayam 5 kilogram @ Rp 30 ribu = Rp 150 ribu x 1 bulan = Rp 4,5 juta perbulan
2. Telur ayam Rp 200 ribu
3. Minyak goreng Rp 500 ribu
4. Tepung terigu Rp 200 ribu
5. Kantong keresek, bungkus kertas dan sambal Rp 200 ribu
6. Sewa lokasi usaha Rp 400 ribu

Total biaya operasional usaha fried chicken perbulan untuk pembelian bahan baku dan sewa tempat sekitar Rp 6 juta.

Keuntungan Usaha Fried Chicken
Apabila dalam satu ekor ayam atau 1 kilogram daging ayam dapat menghasilkan sepuluh potong daging ayam fried chicken dengan harga jual Rp 5000 perbuah maka omset harian yang didapatkan sekitar Rp 250 ribu ( perhitungan dari 50 x Rp 5000). Dikalikan satu bulan atau 30 hari maka omset kotor per bulan sebesar Rp 7,5 juta. Dipotong biaya operasional usaha sebesar Rp 6 juta maka keuntungan bersih usaha fried chicken secara mandiri sebesar Rp 1, 5 juta perbulan. Lumayan bukan?

Baca Juga:   Rincian Biaya Modal Usaha Air Minum Isi Ulang Galon Terbaru

Kiat Sukses Bisnis Fried Chicken
Untuk membuka usaha fried chicken yang langsung sukses dan laris manis tidaklah mudah. Diperlukan berbagai upaya dan strategi jitu. Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini kiat sukses bisnis ayam goreng fried chicken, antara lain:

1. Menerapkan analisa SWOT. Singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat. Dengan cara melihat pesaing, ancaman, peluang, dan kekuatan.

2. Promosi massif. Untuk promosi usaha fried chicken bisa dilakukan dengan berbagai bentuk seperti pembagian brosur, pasang pamflet, promosi dari mulut ke mulut, pasang iklan di koran dan media cetak lain serta radio, toko online dan lain sebagainya.

3. Sistem waralaba
Untuk memperbesar pangsa pasar dan mengembangkan usaha fried chicken maka anda bisa menawarkan paket kemitraan usaha kepada publik untuk membuka bisnis fried chicken dengan brand milik anda. Sediakan berbagai paket usaha fried chicken yang menarik dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat luas.

4. Pelayanan ramah dan bersahabat. Dengan pelayanan yang ramah, murah senyum dan bersahabat akan membuat konsumen senang dan akan kembali lagi jika hendak membeli ayam berbalut tepung ini.

5. Harga lebih murah dari pesaing. Pada awal mula usaha fried chicken, untuk membuat  bisnis anda langsung laris manis maka anda bisa menjual satu buah fried chicken dengan harga lebih murah dari kompetitor. Misalkan Rp 5000 perbuah.

6. Rasa ayam goreng fried chicken sangat gurih dan enak dengan kualitas baik. Namanya bisnis kuliner maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah rasa. Oleh karenanya, pastikan rasa fried chicken yang sobat jual lebih enak dan lebih lezat dari para pesaing di sekitar.

Baca Juga:   Biaya Modal Usaha Elektronik

7. Gerobak yang indah dan menarik. Anda bisa membeli gerobak fried chicken baru maupun yang bekas. Harga gerobak fried chicken baru sekitar Rp 5 juta. Sedangkan harga gerobak fried chicken bekas sekitar Rp 3 juta. Namun jika anda ingin menghemat pengeluaran maka anda bisa membuat gerobak sendiri. Cara membuat gerobak fried chicken cukup mudah dengan bahan baku kayu, kaca etalase dan roda yang harus dipersiapkan.

8. Lokasi usaha yang strategis. Tempat usaha fried chicken sangat menentukan keberhasilan bisnis ini. Oleh sebab itu, pastikan anda membuka usaha fried chicken di tempat yang sangat strategis. Seperti di pusat keramaian, dekat pasar tradisional dan pasar modern, dekat minimarket, berada di pertigaan jalan raya yang ramai dan lain-lain. Jika anda tak mempunyai tempat strategis seperti itu maka anda bisa menyewa lokasi usaha tersebut. Namun jika anda mempunyai rumah yang berada di pinggir jalan yang padat penduduk maka tak ada salahnya untuk membuka usaha fried chicken di depan rumah memanfaatkan teras atau pekarangan rumah.

9. Mencari tenaga penjual
Untuk mendongkrak penghasilan dari jualan fried chicken maka anda bisa merekrut tenaga sales fried chicken secara mobile atau keliling. Tugas anda hanya menyediakan fried chicken siap jual beserta gerobak keliling.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

 18 total views,  2 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja