Biaya Modal Usaha Elektronik

Berikut kami informasikan mengenai Biaya modal usaha eletronik, sebagai berikut:

Keuntungan Toko Elektronik
Salah satu hal yang harus terdapat dalam sebuah usaha adalah “Ambak” atau apa manfaat bagiku. Sebuah usaha pastinya harus memberikan keuntungan bagi pengusaha itu sendiri. Untuk itu, berikut ini kelebihan dan keuntungan membuka usaha toko elektronik yang belum banyak diketahui orang, antara lain:

▪ Omset Besar
Ada banyak variasi usaha yang tercipta dari bisnis toko elektronik. Seperti usaha berjualan barang-barang elektronik, usaha jualan komponen elektronik, usaha kredit barang elektronik, usaha jual beli barang elektronik yang bekas dan baru, dan usaha jasa service alat alat elektronik. Ke semua jenis usaha elektronik tersebut bisa digabungkan dalam satu gerai usaha. Sehingga keuntungan bukan didapat dari satu sumber melainkan banyak sumber. Inilah yang membuat usaha elektronik sangat menjanjikan omset besar.

▪ Persaingan Lemah
Persaingan usaha elektronik di kota sangat ketat. Namun persaingan usaha elektronik di desa sangat lemah. Hal ini disaksikan langsung oleh penulis. Di daerah penulis ada salah satu gerai toko elektronik minimalis yang menjual alat-alat elektronik dan perlengkapannya secara lengkap. Usaha toko elektronik tersebut laris manis yang mencakup jasa service elektronik. Dikarenakan persaingan yang sangat lemah dan harga yang lebih murah dari pesaing. Nah, bila Anda sedang mencari usaha yang menguntungkan di desa, menjual alat-alat elektronik sangat menjanjikan.

Baca Juga:   Harga Mesin Belah Kayu Gelondongan (Baru, Second, Rakitan) Terbaru

▪ Resiko Kecil
Selain itu yang menjadi kelebihan dari jualan produk elektronik adalah barang yang dijual tidak pernah basi, kadaluarsa atau expired. Barang elektronik awet selamanya dan termasuk barang yang jangka panjang dan bisa dijual sampai kapanpun hingga terjual. Tidak usah takut barang  tidak terjual karena tidak akan penah basi.

▪ Pasar Luas
Usaha elektronik termasuk jenis usaha yang populer sesuai dengan perkembangan jaman terkini. Dimana setiap orang dan rumah tangga tidak bisa lepas dari barang-barang elektronik yang menggunakan listrik. Seperti magic jar, mesin cuci, magic com, handphone, laptop, komputer, smartphone, televisi, perabotan rumahtangga, perabotan dapur dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwasanya hampir setiap hari aktifitas manusia bergantung sekali pada peralatan elektronik. Hal inilah yang membuat manusia membutuhkan barang-barang elektronik setiap hari. Usaha elektronik menjadi bisnis yang sangat menggiurkan omset besar dengan pangsa pasar yang sangat luas.

Berdasarkan pengamatan penulis di gerai usaha elektronik di desa, banyak sekali para pembeli barang elektronik di sebuah gerai usaha elektronik. Sehingga mereka harus mengantri. Mereka membeli handphone, lampu senter, lampu rumah, kulkas, televisi, parabola dan lain sebagainya. Jadi anda jangan ragu lagi untuk membuka usaha elektronik baik di perkotaan maupun di pedesaan terpencil.

Kekurangan Usaha Toko Elektronik
Dalam sebuah usaha bukan hanya terdapat keuntungan dan kelebihan. Tapi ada juga kekurangannya. Begitupula dalam usaha elektronik ada kelebihan seperti di atas dan ada juga kelemahannya. Salah satu yang menjadi kekurangan dari usaha elektronik adalah omset yang didapatkan bersifat bulanan atau bukan harian.

Baca Juga:   Biaya Tes Kesuburan Pria

Orang yang membeli barang elektronik hanya sekali saja. Karena barang elektronik sangat awet hingga berbulan atau bertahun lamanya. Hal ini membuat usaha elektronik berjalan tak stabil. Kadang  suatu hari ramai pembeli dan kadang sepi pembeli. Usaha elektronik sangat berbeda dengan bisnis kuliner yang setiap hari selalu terjadi penjualan dan laku keras.

Rincian Biaya Modal Usaha Elektronik dan Keuntungannya

Sekarang yang menjadi bahan pertanyaan adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko elektronik? Berdasarkan penuturan para pengusaha toko elektronik yang sukses untuk buka usaha elektronik memerlukan modal uang yang sangat besar. Untuk pembelian barang-barang elektronik sebagai modal awal. Hal ini dikarenakan harga barang elektronik tidak murah. Seperti laptop, televisi, kulkas, kipas angin, magic jar, penanak nasi, radio, smartphone, parabola, dll.

Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini rincian biaya modal usaha elektronik dan keuntungannya yang perlu sobat ketahui, antara lain:

1. Belanja barang elektronik mencakup televisi, radio, kulkas, blender, kipas angin, magic com, parabola dll. Biaya yang diperlukan untuk membeli semua barang elektronik di atas sekitar Rp 100 juta

Baca Juga:   Info Terkini Biaya Laundry 5aSec

2. Etalase Rp 1 juta

3. Gaji karyawan Rp 1 juta. Untuk tahap awal, anda bisa bekerja sebagai karyawan usaha elektronik untuk memangkas biaya gaji karyawan.

4. Sewa lokasi usaha sebesar Rp 10 juta pertahun. Untuk lokasi usaha pastikan berada di tempat strategis dan aman. Biaya sewa lokasi usaha bisa nol jika anda membuka usaha elektronik di halaman rumah anda sendiri yang cukup strategis.

5. Biaya promosi usaha elektronik yang mencakup pembuatan banner, spanduk, brosur dll sebesar Rp 2 juta

6. Biaya transportasi dan biaya tak terduga Rp 1 juta

Jadi estimasi total biaya modal usaha elektronik sebesar Rp 115 juta. Sobat bisa balik modal dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha toko elektronik sebesar 20 persen dari omset. Keuntungan usaha semakin bertambah dengan membuka usaha service barang elektronik dan jual komponen serta mengadakan kursus reparasi barang elektronik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 2,326 total views,  3 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja