Biaya Membuat Kolam Renang Minimalis? Berikut Rinciannya.

Berikut kami informasikan mengenai Total Biaya Membuat Kolam Renang Minimalis?, sebagai berikut:

Biaya membuat kolam renang minimalis ( Update 2020 )

Biaya Membuat Galian Kolam renang

Tahap awal dalam membuat kolam renang adalah pembuatan galian, galian kolam renang di sesuaikan dengan ukuran desain kolam renang yang kita buat. Sebagai contoh ukuran kolam renang yang kita buat adalah 3m x 7m dengan kedalaman 1,4m, maka galian kolam renang adalah 3,6m x 7,6m dengan kedalaman 1,65m. Jika galian kolam renang anda lebih besar dari  3 x 7 sebaiknya menggunakan Excavator.

Harga galian kolam renang cukup bervariasi sesuai dengan daerah lokasi tempat kolam rennag yang anda buat, factor lain yang berpengaruh adalah jenis tanah yang hendak di gali. Kadang beberapa tempat, lokasi kadang berkapur, sehingga untuk galian yg berkapur digunakan alat berat. Biaya galian kolam renang yang dengan tanah Limestone atau kapur harga galian bisa mencapai Rp 400.000 – Rp 500.000/M3, untuk tanah yang biasa bisa mencapai Rp 100.000 – Rp 130.000/m3. jadi kita asumsikan Biaya membuat Galian Kolam Renang adalah Rp 5.000.00

Biaya bikin Bekisting Kolam Renang

Tahap Selanjutnya adalah Biaya membuat bekisting kolam renang. Apa itu bekesting kolam renang?. Bekesting kolam renang adalah adalah konstruksi pendukung  yang bersifat sementara yang  merupakan cetakan untuk menentukan bentuk dari konstruksi beton kolam renang pada saat beton kolam renang masih segar.

Baca Juga:   Biaya Cetak Foto Dalam Berbagai Ukuran Terkini

Untuk pembuatan kolam renang menggunakan 2 jenis bekesting yaitu bekisting dengan menggunakan pasangan Batako / Bata dan bekisting dengan menggunakan Triplex. Harga Batako berkisar Rp 2000/bh – Rp 3500/bh sedangkan harga Triplex Berkisar Rp 80.000 – Rp 100.000. Selain Triplex Kita juga membutuhkan kayu kaso, balok, dan bambu sebagai penunjang.

Sehingga Bekisting akan kokoh. Biaya membuat bekisting Kolam renang bisa mencapai Rp 10.000.000. Biaya Pembesian dan Pengecoran Konstruksi Kolam Renang

Biaya Pembesian dan Pengecoran Konstruksi Kolam Renang

Konstruksi dan Pengecoran kolam renang memerlukan biaya yang cukup besar di antara biaya yang di butuhkan dalam membuat kolam renang. Misalnya Pembuatan kolam renang dengna  ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m, saya asumsikan menggunakan Besi 8 dengan 2 lapis.

Tapi jangan lupa Kita juga harus memikirkan Sloof dan kolom kolam renang. Sloof dan kolom kolam renang di sesuaikan dengan beban air dan beban beton kolam renang yang kan kita buat. Kita Asumsikan Biaya membuat pembesian kolam renang dengan ukuran ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m adalah Rp 10.000.000.

Tahap Selanjutnya kita itung Biaya Pengecoran kolam renang. Biaya membuat Konstruksi beton  Kolam renang bisa di hitung sesuai jumlah beton yang akan kita buat. Dengan ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m jumlah beton yang kita perlukan adalah 7,5 m3. Jika harga pasaran beton di tambah ongkos tukang bisa mencapai Rp 1.300.000 – Rp 1.500.000. jadi biaya pengecoran kolam renang kurang lebih Rp 11.000.000.

Baca Juga:   Menghitung Biaya Marginal

Biaya Finishing Kolam renang

Tahap Selanjutnya dalam proses membuat kolam renang adalah proses pemasangan finishing lantai kolam renang, pemasangan finishing dinding kolam renang, dan pemasangan border kolam renang.

Finishing kolam renang sangat ditentukan dengan material finishing kolam renang yang akan kita gunakan. Untuk menggunakan material Mozaic bisa mencapai harga Rp 450.000/m2, Material finishing batu alam mencapai Rp 120.000/m2, sedangkan keramik mencapai harga Rp 100.000 – Rp 180.000 / m2. Harga tersebut belum termasuk material bantu serta ongkos tenaga atau upah.

Sebelum Pemasangan Finishing kolam renang, kita harus melakukan Waterprofing kolam renang. Tujuannya adalah menjaga konstruksi kolam renang tidak bocor.

Mari kita hitung biaya membuat finishing kolam renang. Dengan ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m volume yang di butuhkan sekitar 50 m2, kalo kita asumsikan dengan menggunakan keramik, Biaya finishing kolam renang mencapai Rp 12.000.000.

Biaya bikin Pemipaan, asesoris kolam renang, Pompa & sand filter  kolam renang

Untuk menjalankan kolam renang, tentunya anda harus memasang alat alat kolam renang lainnya. Yang paling utama pemasangan pipa kolam renang, pemasangan asesoris kolam renang, pemasangan pompa dan sand filter kolam renang. Biaya Pemipaan, asesoris kolam renang, Pompa & sand filter  kolam renang, besarnya biaya tergantuk dari merk yang kita gunakan. Sebagai contoh kita menggunakan pompa ¾ Hp merk hayward, sand filter merk hayward. Kita asumsikan biaya mencapai Rp 25.000.000.

Baca Juga:   Biaya Bangun Rumah Minimalis

Yukkk, kita simpulkan berapa total biaya membuat kolam renang dengan ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m dengan volume air 30 kubik.

  • Biaya bikin Galian kolam renang Rp 5 juta
  • Biaya membuat bekesting kolam renang Rp 10 juta
  • Biaya Pembesian dan Pengecoran Konstruksi Kolam Renang Rp 25 Juta
  • Biaya Finishing kolam renang Rp 10 Juta
  • Biaya Pemipaan, asesoris kolam renang, Pompa & sand filter  kolam renang Rp 25 Juta
  • Upah tukang membuat kolam renang seluruhnya Rp 25 Juta
  • Jika menggunakan kontraktor tentu akan ada tambahan jasa kontraktor

Total Biaya yang di perlukan mencapai Rp 100 Juta

Itulah Biaya bikin kolam renang minimalis dengan asumsi ukuran 3m x 7m dan kedalaman 1,4m!

 

Sekarang sudah tau kan total nya berapa…;)

Semoga bermanfaat 🙂

 56 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja