Biaya Derek Towing Mobil (Gendong dan Hidrolik)

Berikut kami informasikan mengenai biaya derek towing mobil, sebagai berikut:

Fungsi dan Jenis Mobil Derek

Setidaknya, ada dua jenis derek yang sering dioperasikan, yakni derek tarik dan derek gendong. Derek tarik adalah jenis yang digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi. Derek model ini lebih sering digunakan untuk situasi darurat, misalnya seperti mobil yang mogok atau kecelakaan lalu lintas sehingga mobil tidak bisa berjalan. Derek jenis ini juga kerap digunakan oleh lembaga penegak hukum untuk penertiban, misalkan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir mobil liar.

Sementara, derek gendong, biasa juga disebut dengan derek towing, seperti namanya, adalah jenis derek yang mengangkut sebuah kendaraan ke atas mobil derek (biasanya truk panjang), sehingga seperti menggendong mobil. Selain untuk kondisi darurat, derek jenis ini juga untuk menjaga keamanan saat pemindahan mobil dari suatu tempat. Misalnya, workshop detailing mengirim mobil garapan menggunakan towing untuk mencegah mobil kotor jika dikemudikan sendiri. Produsen mobil kelas menengah ke atas juga umumnya menggunakan model gendong ini untuk mengirim produk mereka keĀ konsumenĀ untuk menjaga kondisi mobil yang masih baru.

Baca Juga:   Biaya Tes HIV di Puskesmas & Rumah Sakit

Biaya Derek Towing Mobil

Lalu, berapa biaya yang diperlukan jika ingin menggunakan jasa derek towing? Biaya bervariasi, tergantung kondisi kendaraan dan jarak tempuh. Untuk pengiriman di area DKI Jakarta misalnya, biaya berkisar Rp200 ribu sampai Rp500 ribuan per perjalanan. Sementara, untuk pengiriman ke kota tetangga, seperti Bekasi atau Tangerang, biayanya berkisar Rp500 ribu hingga Rp800 ribuan.

Biaya tersebut untuk mobil jenis MPV, sedan, dan jip kecil, dengan kondisi mobil mogok saja, dalam arti bukan rusak berat seperti kecelakaan fatal atau mobil bekas terbakar. Sebaliknya, untuk mobil bekas kecelakaan fatal atau terbakar, biasanya ada tambahan biaya sekitar Rp250 ribu, sedangkan jika transmisi atau elektrik brake terkunci, tambahan biaya bisa mencapai Rp550 ribu.

Baca Juga:   Biaya Balik Nama Sepeda Motor Dan Cara Pengurusannya Secara Lengkap

Selain untuk satu wilayah, ada sejumlah bengkel yang bersedia melakukan pengiriman mobil menggunakan derek towing ke area lain. Derek Auto di Jakarta misalnya, mematok tarif kirim sekitar Rp3,5 jutaan ke kawasan Jawa Tengah dan Rp5 jutaan ke Surabaya menggunakan derek towing. Sementara, ongkos kirim ke wilayah Sumatera sekitar Rp4,5 juta hingga maksimal Rp20 jutaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 25 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja