Biaya Kuliah UKT Universitas Negeri Jakarta UNJ Tahun 2020-2021

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Biaya Kuliah UKT Universitas Negeri Jakarta UNJ Tahun 2020-2021 sebagai berikut:

Sistem pendidikan yang sedang berjalan hingga sekarang ini pada level SMA/SMK/MA atau sekolah kejuruan lainnya terbilang masih relatif umum. Jikapun sudah ada penjurusan tentu belum sampai pada level siap kerja dari sisi keterampilan dan pengetahuan. Untuk dapat mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah ini tentu saja kamu harus melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi yakni kuliah.

Sebentar lagi pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) akan segera diumumkan, selagi menunggu pengumuman kelulusan diumumkan para siswa SMA/SMK/MA sedang sibuk mencari dan memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Banyak siswa yang berlomba-lomba untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Padahal untuk bisa mengenyam pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kamu harus melalui beberapa seleksi. Umumnya hingga saat ini ada tiga seleksi yang bisa kamu pilih dan kamu tempuh untuk dapat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sudah diumumkan hasilnya beberapa waktu lalu, kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, serta melalui jalur Seleksi Mandiri, atau seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN. Namun, sayangnya tidak semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka jalur Seleksi Mandiri ini.

Hingga sekarang ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang sedang mendominasi dan menjadi pilihan utama para siswa SMA sederajat yang hendak melanjutkan pendidikannya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, banyak yang beranggapan bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) banyak diminati karena popularitas dan prestige. Yah, banyak beranggapan jika Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya untuk mereka yang cerdas.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB) Jakarta Tahun 2019/2020

Sehingga, persaingan masuk ke sederetan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangatlah ketat. Selain itu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga terkenal mempunyai akses informasi beasiswa yang lebih mudah.

Bagi kamu yang berada di Ibukota Jakarta dan berkeinginan untuk a pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berlokasi tepat di Jakarta, mungkin UNJ atau Universitas Negeri Jakarta merupakan pilihan yang tepat. Memang hanya Universitas Negeri Jakarta, satu-satunya universitas keguruan negeri yang berada di Jakarta, tepatnya di Rawamangun, Jakarta Timur.

Meskipun pamor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) belum setara dengan Universitas Indonesia atau Institut Teknologi Bandung, namun kualitas pengajaran di Universitas Negeri Jakarta ini boleh diadu. Memiliki slogan “Building Future Leaders”, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendapatkan akreditasi “A” oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan Surat Keputusan 763/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015 yang berlaku hingga 10 Juli 2020.

Fakultas di UNJ

Perlu diketahui bahwa UNJ atau Universitas Negeri Jakarta ini pertama kali beroperasi pada tahun 1964 silam, dengan nama awal Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta sebagai upaya pemerintah untuk mencetak tenaga kependidikan yang berkualitas. Hingga sekarang ini Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan 7 fakultas dan juga Program Pascasarjana.

Ketujuh fakultas yang berada di Universitas Negeri Jakarta ini antara lain ada

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan,
  2. Fakultas Bahasa dan Seni,
  3. Fakultas Matematika dan IPA,
  4. Fakultas Ilmu Sosial,
  5. Fakultas Teknik,
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan
  7. Fakultas Ekonomi.

Sementara, Program Pascasarjana yang diselenggarakan meliputi Magister (S2) dan juga Doktor (S3).

Pendaftaran UNJ – Penerimaan Mahasiswa UNJ

Penerimaan mahasiswa baru di UNJ atau  Universitas Negeri Jakarta dibedakan menjadi penerimaan mahasiswa baru reguler, penerimahan mahasiswa pindahan, serta mahasiswa UNJ putus studi. Untuk penerimaan mahasiswa baru reguler dibuka untuk jenjang Diploma (DIII)Sarjana (S1), serta program Pascasarjana (S2 dan S3) dan dibuka melalui jalur nasional serta jalur mandiri (Penmaba UNJ).

Baca Juga:   Pendaftaran Di Universitas Terbuka UT 2017

Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru non-reguler terdiri dari jenjang Diploma (DIII) dan Sarjana (S1) pada program studi tertentu melalui jalur mandiri (Penmaba UNJ). Perlu diketahui bahwa jalur nasional yang dibuka yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di jenjang Sarjana (S1).

Nantinya jika kamu sudah dinyatakan lulus dalam salah satu jalur seleksi Universitas Negeri Jakarta, maka kamu pun diwajibkan untuk melakukan pendaftaran ulang. Jika kamu tidak melakukan pendaftaran ulang, maka kamu secara tidak langsung akan dinyatakan gugur.

Biaya Kuliah UNJ

Ketika melakukan pendaftaran ulang, kamu pun diwajibkan untuk mengisi data-data. Salah satu data yang harus kamu isi adalah jumlah penghasilan orang tua, diharapkan kamu bisa mengisi data yang satu ini dengan tepat dan jujur karena ini akan berkaitan dengan penentuan biaya kuliah UNJ yang harus kamu bayar.

Biaya kuliah UNJ – Universitas Negeri Jakarta menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sejak tahun 2013 lalu. Ini berarti besaran Biaya kuliah UNJ UKT yang harus dibayar oleh setiap calon mahasiswa akan berdasarkan pada tingkat kemampuan penghasilan dari calon mahasiswa terkait bukan dilihat berdasarkan jalur masuk Universitas Negeri Jakarta.

Jika penghasilan orang tua kamu tergolong cukup besar, maka nantinya Biaya kuliah UNJ UKT yang harus kamu bayarkan pun nominalnya cukup besar pula. Dan sebaliknya, jika penghasilan orang tua kamu tergolong rendah maka besaran Biaya kuliah UNJ UKT yang kamu bayarkan nantinya juga cukup kecil pula.

Pembayaran Biaya kuliah UNJ UKT ini akan dilakukan satu kali setiap awal semester hingga kamu selesai kuliah dengan nominal Biaya kuliah UNJ UKT yang sama. Contohnya, jika di awal semester 1 kamu membayar Biaya kuliah UNJ UKT sebesar Rp 3.000.000, maka di semester berikutnya Biaya kuliah UNJ UKT yang kamu harus bayarkan juga sebesar Rp 3.000.000. Apabila nantinya kamu merasa bahwa nominal Biaya kuliah UNJ UKT yang harus kamu bayar terlalu besar, maka kamu pun bisa mengajukan penurunan Biaya kuliah UNJ UKT dengan mengikuti sejumlah prosedur yang telah dibuat oleh UNJ atau Universitas Negeri Jakarta.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta – SPP & BPP 2017-2018

Untuk informasi lebih jelasnya lagi mengenai Biaya kuliah UNJ UKT, kamu bisa menanyakan langsung di bagian administrasi keuangan UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Jika kamu mendapatkan Bidikmisi, maka Biaya kuliah UNJ UKT kamu akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah sehingga kamu pun bisa kuliah secara gratis. Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya dari program Bidikmisi tersebut.

Perlu diketahui bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Negeri Jakarta dibagi menjadi 8 kelompok.

  1. Untuk kelompok Biaya kuliah UNJ UKT paling rendah ada di kelompok I dengan nominal Rp 500.000,
  2. Sedangkan untuk kelompok Biaya kuliah UNJ UKT tertinggi ada di kelompok VIII dengan nominal Rp  6.200.000-Rp 10.300.000.

Berikut Mamikos berikan informasi lebih rinci lagi mengenai biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Negeri Jakarta tahun ajaran 2020/2021 melalui tabel dibawah ini.

 

 44 total views,  1 views today


Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja